NASA Menemukan 2 Planet yang Bertabrakan, Ini Faktanya

in ,
Planet yang bertabrakan by teknodaim
Foto Ilustrasi | Suara.com

NASA mengungkap temuan adanya kehancuran planet, akibat adanya planet yang bertabrakan. Hal tersebut mereka katakan sebagai kejadian yang terjadi di luar Tata Surya kita, dimana ada 2 exoplanet yang sudah bertabrakan di tahun 2010.

NASA tidak mengatakan apa penyebab pastinya, namun temuan tersebut berdasarkan adanya level debu yang tinggi di planet BD +20 307 yang letaknya sekitar 300 tahun cahaya dari Bumi, di konstelasi Aries pada sistem mereka.

Telah Terjadi Tabrakan Planet?

Berdasarkan data dan riset, diduga kedua planet yang dimaksud sudah bertabrakan sehingga teridentifikasi tidak stabil. Mengenai tabrakan tersebut, sebenarnya sudah ada spekulasi sejak 10 tahun lalu dari para ilmuwan.

Setelah misi SOFIA NASA menemukan lebih banyak debu hangat saat ini, dugaan itu jadi semakin kuat. NASA menyebut kalau kejadian tabrakan yang jika benar terjadi itu mirip dengan peristiwa terciptanya Bulan kita di ruang angkasa sana.

Planet yang bertabrakan by teknodaim
Foto Ilustrasi | Giant Impact

NASA mengatakan kalau planet yang bertabrakan juga memberi kita gambaran mengenai sejarah Tata Surya, dimana Satelit Bumi sekarang diduga tercipta akibat tubrukan antar planet. Bulan sendiri terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun silam.

Kalau menurutmu gimana, khususnya buat kamu anak Sains dan suka ngepoin apapun tentang Tata Surya dan Ruang Angkasa. Coba dong kasih tau tanggapan kamu di kolom komentar, dan terakhir! Subscribe Teknodaim di Youtube ya.


Sumber: Detik Inet

Jangan lewatkan •
Satelit Pencari Planet Milik NASA Hilang di Angkasa, Dicuri Alien?