Telkom University Rilis Alat Pendeteksi Alkohol, Cocok Buat Siapa Nih?

in , , ,
Alat pendeteksi alkohol by teknodaim
Foto | Ayobandung.com

Seperti yang kita tahu, Alkohol tidak jarang disalahgunakan oleh orang-orang dan juga pemuda-pemuda untuk mendapatkan sensasi yang menurut mereka enak. Salah satu solusi untuk menanggulangi hal itu, kini ada alat pendeteksi alkohol.

Universitas Telkom University ternyata sudah berhasil mengembangkan alat tersebut dan bahkan sudah meluncurkannya. Dengan alat tersebut, penggunanya bisa mengetahui apakah sebuah minuman mengandung zat alkohol atau tidak.

Alat Deteksi Alkohol

Alat ciptaan Tim Peneliti Telkom University itu bernama Alcoloid, singkatan dari Alcohol Identification Device. Alkohol sendiri adalah zat berbahaya yang bisa merusak sistem tubuh ketika dikonsumsi apalagi secara brutal di oplos-oplosan.

Bahkan ada catatan yang menunjukan ada sekitar 3 Juta orang yang meninggal dunia akibat mengkonsumsi alkohol di tahun 2016, berdasarkan data dari WHO atau World Health Organization. Kamu tidak mau mengalami begituan bukan?

Alat pendeteksi alkohol by teknodaim
Foto Alcoloid | Redaksi Detik.com

Ramadhan Nugraha selaku salah satu dari Tim Peneliti Telkom University mengatakan kalau di Indonesia ini sering terjadi kecelakaan lalu lintas akibat Human Error akibat ada dibawah pengaruh alkohol, biasa disebut dengan mabuk.

Alat pendeteksi alkohol yang mereka ciptakan bisa membantu mengurangi dan mencegah hal-hal seperti itu, termasuk mencegah kejadian kriminalitas dimana pelakunya tidak terkontrol akibat pengaruh alkohol. Zat itu buruk bagi tubuh.


Mengenai Alcoloid

Alat ciptaan yang mereka namai Alcoloid itu bisa mendeteksi jumlah alkohol yang sudah dikonsumsi oleh seseorang, apakah orang tersebut termasuk kategori sadar, setengah sadar ataupun sudah masuk pada pengaruh alkohol yang sangat berat.

Alat yang dimaksud juga terintegrasi dengan system IoT (Internet of Think), sehingga dapat bekerja secara offline ataupun online. Alcoloid sedang menunggu proses SNI, supaya bisa masuk ke Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT).


Sumber: Detik Inet

Jangan lewatkan •
IndiHome Rilis Paket Baru 1 Gbps Sebulan, Berapa Harganya?