Mengenal PHP, Bahasa Pemrograman Cukup Rumit yang Efektif

in ,
Mengenal apa itu php dan fungsi php by teknodaim

Coding adalah salah satu hal yang bisa jadi sangat rumit, kompleks serta bagian yang tak dapat dipisahkan dengan teknologi atau juga sebuah sistem operasi. Selain HTML, ada PHP sebagai salah satu yang terbaik. Apa itu PHP dan apa fungsi PHP?

Mengenal Bahasa Pemrograman PHP

Hypertext Preprocessor atau PHP adalah bahasa pemrograman yang digunakan pada sistem atau web dinamis. Script PHP akan bekerja dengan di proses oleh Web Server terlebih dahulu sebelum berfungsi menampilkan tampilan website sebagai tugasnya.

Script PHP juga sering dipadukan atau disisipkan dengan HTML, yang dimulai dengan <?php dan di akhiri dengan ?>. PHP dapat ditemukan pada database seperti MySQL atau Oracle dan Microsoft Acces. Itulah sedikit pengertian apa itu PHP.


Sejarah Singkat PHP

PHP disebut juga dengan bahasa Script Server Side karena prosesnya yang melewati komputer Server terlebih dahulu. PHP dikembangkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995 silam, yang sekarang sudah dikelola oleh The PHP Group.


Fungsi PHP

Mengenal apa itu php dan fungsi php by teknodaim 1

Kemudian ke fungsi, bahasa pemrograman berbasis PHP dapat difungsikan untuk membuat konfigurasi jadi semakin mudah. Serta memudahkan kang Coding untuk menyusun struktur yang kompleks. Serta mudah dikombinasikan dengan HTML.

PHP sendiri juga merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bersifat Open Source atau kompitabel serta gratis untuk berbagai sistem operasi. Sayangnya, Encoding dari kode PHP terbilang relatif mahal dan membutuhkan Tools tertentu.


Jenis-Jenis PHP

Bahasa pemrograman PHP yang sudah banyak digunakan oleh berbagai website di era sekarang ini juga dibagi dalam beberapa jenis tipe data seperti berikut ini:

  • Integer: Yaitu tipe data PHP berupa bilangan bulat yang sering dipakai pada pemrograman PHP berkaitan dengan bilangan bulat.
  • Float: Yaitu tipe data berbentuk bilangan ber koma (,) tetapi dalam pemrograman nya tidak memakai koma melainkan titik (.).
  • String: Yaitu tipe data yang berupa karakter, atau bisa berupa teks atau pun kata.
  • Boolean: Yaitu tipe data yang bisa bernilai True atau False dimana biasanya dipakai untuk logika, misalnya pada kondisi if atau looping (pengulangan).
  • Array: Yaitu kumpulan tipe data yang didalamnya punya banyak nilai. Sehingga bisa dikatakan Array adalah tipe data yang terdiri dari kumpulan tipe data pula.
  • Objek: Yaitu tipe data yang bisa berupa bilangan, fungsi, atau variabel yang dipakai agar programmer terbiasa dengan Objek Oriented Programing (OOP). Dengan ini, data yang di input atau dimasukkan pada srcript program bisa diringkas.


PHP tentunya bisa digunakan untuk mengatur Algoritma pada rancangan situs atau website yang kita Build. PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang sangat diandalkan saat ini. Sekian tentang bahasa Coding PHP, semoga bermanfaat.


Referensi: Mas Tekno

Jangan lewatkan •
5 Hal yang Bisa Dilakukan Agar Menjadi Seorang Ahli Komputer