Mengenal Arti IP Address yang Sebenarnya

in ,
Apa itu ip address dan cara cek ip address by teknodaim

Mungkin kamu pernah mendengar istilah alamat IP atau IP Address. Apa itu IP Address serta fungsinya pada perangkat elektronik? Kita akan bahas bareng dengan Teknodaim di artikel ini. Arti dan penggunaan IP Address yang sebenarnya.

Kaitan Alamat IP dan Perangkat Elektronik

Secara sederhana, IP Address atau Internet Protocol Address adalah nomor identitas yang bisa disimpulkan sebagai titik koordinat. Setiap tempat memiliki titik koordinat masing-masing, begitu juga dengan setiap perangkat elektronik.

Bedanya, titik koordinat pada perangkat seperti komputer dan smartphone dapat diotak-atik bahkan diganti dan dibuat menjadi IP private. Namun IP Address sendiri diperlukan agar komputer dapat terhubung antar satu dengan yang lain.

Apa itu ip address dan cara cek ip address by teknodaim
Gambar: Geosurf

Berdasarkan lansiran dari Wikipedia, alamat IP atau IP Address adalah deretan angka biner antara 32 hingga 128 bit. Angka tersebut digunakan agar sebuah komputer dapat diidentifikasi ke jaringan internet, angka 32 untuk IPv4 atau IP versi 4.

Sedangkan 128 bit untuk untuk IPv6 atau IP versi 6 yang yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP. IP Address sendiri terdiri dari 4 blok angka desimal yang tidak boleh lebih dari nilai angka 255.


Kelas IP Address

Ketahuilah bahwa IP Address punya 2 jenis yang masing-masing adalah IPv4 dan IPv6. IPv6 hadir untuk menjadi alternatif penopang ketika pengguna IPv4 sudah terlalu dapat, karena penggunanya yang bisa mencapai angka 4 Miliar pengguna.


Cara Cek IP Address

Untuk mengetahui informasi tentang alamat IP yang ada pada komputer, silahkan buka Start dan ketik CMD (Windows 10). Atau pada Windows versi lainnya, buka Run dan ketik CMD lalu pada CMD ketik perintah Ipconfig atau Ipconfig/all dan tekan Enter.

Apa itu ip address dan cara cek ip address by teknodaim

Lantas apa sih fungsi dari IP Address? Seperti yang sudah kita bahas tadi. Nomor identitas ini berfungsi sebagai tanda atau identitas sebuah perangkat agar dapat terkoneksi dengan jaringan internet. Jadi apa sekarang paham apa itu IP Address?

Itulah tadi sedikit pembahasan singkat tentang alamat IP. Jika ada yang ingin disampaikan ke Teknodaim, boleh kasih tau kita di kolom komentar. Oh iya! Dengan adanya IP Address, maka pemerintah atau polisi internet bisa menangkap penjahat.

What do you think?