Mengenal Benchmark, dan Apa Maksud dari Scorenya

in , , , ,
Apa itu benchmark dan bagaimana cara cek score benchmark by teknodaim

Buat yang sering nonton video Review Hardware atau komponen seperti Prosesor, Chipset, dan komponen komputer lain sebagainya, pasti pernah dengar istilah Benchmark. Apa itu Benchmark dan gimana cara cek Score Benchmark? Yuk bahas.

Apa itu Score Benchmark?

Sesuatu yang sering berkaitan dengan Benchmark, pastinya adalah komponen penting seperti pada laptop atau Hardware buat Build alias rakit sebuah PC baru.

Benchmark adalah teknologi khusus yang digunakan untuk mengetahui tingkat performa, kemampuan suatu perangkat seperti smartphone, laptop dan komputer. Jadi Benchmark sebenarnya adalah proses menguji kemampuan perangkat tertentu.

Apa itu benchmark dan bagaimana cara cek score benchmark by teknodaim
Gambar: Hexa Tekno

Pengujian tersebut akan dilakukan menggunakan program yang dirancang khusus. Dengan program tersebut, maka komputer atau perangkat lain akan melalui serangkaian tes untuk melihat hasil kinerjanya secara keseluruhan.


Seberapa Penting?

Tentu ini sangat-sangat penting, apalagi ketika kamu membeli sebuah komponen atau Hardware dari produsen yang masih meragukan. Jadi kamu bisa tau apakah yang ditawarkan sesuai dengan yang ada pada produknya langsung. Itulah Benchmark.

Jika kamu sudah paham mengenai Benchmark, maka wajib kamu terapkan agar tahu apakah harga sebuah produk Hardware sepadan dengan kemampuannya. Proses Benchmark sederhana saja, hanya dengan menjalankan program khusus.


Cara Cek Score Benchmark

Apa itu benchmark dan bagaimana cara cek score benchmark by teknodaim

Hasil dari tes Benchmark berupa angka, maka kamu sebagai calon pengguna bisa membandingkannya dengan hasil Benchmark perangkat serupa atau dibandingkan dengan perangkat lain buat menjawab ekspetasi alasi harapanmu.

Benchmark sering digunakan untuk menetapkan peringkat dari komponen komputer secara keseluruhan, misalnya VGA Card dan Prosesor.

Buat kamu yang pengen coba cek Benchmark, bisa melakukannya dengan menggunakan program PCMark dan 3DMark buat melihat kemampuan komputer dalam menjalankan program 3D, misalnya Video Game. Kamu bisa paham langsung.

Program Benchmark yang ada saat ini sudah canggih, karena kita tidak perlu lagi mencari hasil perbandingannya di internet. Hasil Benchmark yang akan didapat langsung dipadankan dengan perangkat lain yang bisa dilihat cepat peringkatnya.


Jenis-Jenis Benchmark

Benchmark terbagi dua jenis, yaitu Synthetic Benchmark dan Application Benchmark. Synthetic Benchmark adalah tes yang ditujukan buat mengetahui batas kemampuan komponen atau sistem komputer melalui rangkaian tes yang berat.

Sedangkan Application Benchmark adalah tes untuk mengetahui kemampuan komponen atau sistem komputer pada saat kita menjalankan software yang aktif kita gunakan sehari-hari. Jadi yang ini bisa dipake buat cek hasil Score Real Time.

Gambar: Rage 3D

Sedangkan buat cara cek score Benchmark di smartphone, ada Antutu Benchmark dan Geekbench 4 yang bisa digunakan. Jadi biar tau apakah smartphone yang kita pake Worth It atau engga, silahkan lakukan tes Benchmark tersedia secara gratis.


Sekarang sudah paham apa itu score Benchmark dan pengertian dari istilah tersebut? Jika ada yang mau disampaikan terkait topik ini, silahkan tulis di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk Subscribe kita di Youtube. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *