menu
Teknodaim.com
Teknodaim.comPCApa Sih Penyebab Komputer Lambat dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Apa Sih Penyebab Komputer Lambat dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Lambat

Selama masa pandemi Covid-19, banyak pekerja yang harus bekerja secara online di rumah menggunakan komputer dan sebagainya. Namun, seiring berjalannya waktu, pasti kalian pernah merasakan komputer lambat bukan?

Nah, sebenarnya, apa aja sih faktor lainnya yang dapat membuat komputer lambat? Apakah hanya urusan hardware saja, atau masih ada hal yang lainnya? Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini Teknodaim akan membahas apa penyebab komputer lambat dan bagaimana cara mengatasinya di bawah ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Lambat

Sebelum membaca lebih dalam artikel ini, pastikan komputer kalian memang tidak ada masalah dengan hardware ya. Jika ada, wajar saja komputer kalian menjadi lambat. Untuk mengecek apakah hardware kalian mengalami masalah atau tidak, sebaiknya kalian pergi ke toko service komputer (opsional).

JANGAN LEWATKAN •
Pengertian Prosesor, Fungsi, Sejarah dan Cara Kerjanya

1. Komputer Menjadi Lambat Akibat Terinfeksi Virus

Komputer Menjadi Lambat Akibat Terinfeksi Virus
Komputer Menjadi Lambat Akibat Terinfeksi Virus | AcerID

Untuk tips pertama sendiri memang terbilang terlalu biasa. Namun penyebab komputer lambat banyak dirasakan oleh orang di seluruh dunia akibat terinfeksi virus. Biasanya komputer pengguna bisa sampai terinfeksi virus karena sering membuka situs web terlarang, mendownload berbagai macam file tidak dikenal, pop-up iklan dan masih banyak lagi.

Untuk bisa menghilangkan virus ini sendiri dari komputer, sebaiknya kalian mendownload penghapus virus paling bagus saat ini, yaitu Malwarebytes. Software ini sangat bagus untuk menghilangkan virus dari komputer kalian. Terlebih lagi, Malwarebytes dapat kalian gunakan tanpa dipungut biaya loh!


2. Penyimpan Komputer atau Hardisk Penuh

Penyimpan Komputer atau Hardisk Penuh
Penyimpan Komputer atau Hardisk Penuh | Digital Pro

Jika penyimpanan atau hardisk komputer kalian penuh, maka wajar saja komputer menjadi lambat. Soalnya hardisk itu adalah hardware yang kalian gunakan untuk menyimpan sistem operasi. Jadi, jika hardisk yang terisi sistem operasi tersebut penuh, wajar saja bukan kalian mengalami gejala komputer lambat?

JANGAN LEWATKAN •
Cara Menggunakan Fitur Dark Mode Pada Windows 10

Untuk mengatasi ini sendiri terbilang mudah, kalian tinggal menghapus file yang tidak penting di dalam hardisk tersebut. Jika semua file yang ada di dalam hardware tersebut penting, lebih baik kalian membeli hardisk tambahan dan memindahkan file penting tersebut ke hardisk baru ini.


3. Membuka Terlalu Banyak Program yang Berjalan

Membuka Terlalu Banyak Program yang Berjalan
Membuka Terlalu Banyak Program yang Berjalan | LABANA.id

Kalau kalian memiliki spesifikasi komputer yang biasa-biasa saja, wajar saja komputer kalian menjadi lambat ketika membuka terlalu banyak program yang berjalan di latar belakang. Soalnya, program yang kita jalankan itu sangat memerlukan tenaga dari hardware komputer kita. Nah, jika hardware yang kita gunakan memiliki spesifikasi yang rendah, maka karena itulah terjadinya gejala komputer lambat.

Untuk mengatasi masalah ini sendiri gampang, kalian tinggal membuka sedikit program yang penting saja. Jika semuanya program yang kalian buka itu penting, upgrade saja komputer tersebut.

JANGAN LEWATKAN •
Beberapa Cara Terbaik Membersihkan File Sampah di Windows 10!

4. Pembaharuan Otomatis Perangkat Lunak Aktif

Pembaharuan Otomatis Perangkat Lunak Aktif
Pembaharuan Otomatis Perangkat Lunak Aktif | Wincamp.org

Biasanya, kalau kalian tidak terlalu mengerti soal komputer, pengaturan pembaruan otomatis perangkat lunak akan aktif karena kalian tidak memperhatikan pengaturan tersebut. Dengan aktifnya fitur ini, akan terjadi pembaharuan secara otomatis kepada perangkat lunak kalian yang mengakibatkan hardisk menjadi penuh dan komputer menjadi tidak stabil.

Untuk mengatasi masalah ini sendiri gampang banget sama seperti tips-tips yang sebelumnya, yaitu kalian tinggal menonaktifkan fitur pembaruan perangkat lunak otomatis ini di pengaturan.


5. Banyak Aplikasi dan Software yang Terbuka Otomatis

Banyak Aplikasi dan Software yang Terbuka Otomatis
Banyak Aplikasi dan Software yang Terbuka Otomatis | Teknodaim

Penyebab komputer lambat yang satu ini memang sangat sering terjadi. Terlebih lagi, apabila kalian memiliki aplikasi dan software yang banyak, komputer kalian akan menjadi jauh lebih lambat daripada biasanya. Soalnya, aplikasi dan software tersebut akan terbuka secara otomatis ketika kalian menghidupkan komputer.

Nah, untuk mengatasinya sendiri juga mudah, kalian tinggal pergi ke Task Manager dan matikan aplikasi atau software yang tidak kalian inginkan tersebut, keluar setiap kali kalian menghidupkan komputer.


Itulah tadi 5 penyebab dan cara mengatasi komputer lambat. Bagaimana, apakah artikel ini membantu bagi kalian yang memiliki komputer lambat? Jika iya, jangan lupa untuk mengatakannya lewat kolom komentar ya!

Tambah Komentar