5 Hal yang Bisa Dilakukan Agar Menjadi Seorang Ahli Komputer

in , , , , ,
Cara menjadi ahli komputer by teknodaim

Menguasai berbagai fungsi dan handal dalam banyak hal berkaitan dengan komputer tentu akan mempermudah berbagai pekerjaan si pengguna itu sendiri. Pembahasan kali ini adalah tentang cara-cara menjadi ahli komputer yang baik.

Apalagi ketika ingin menempuh jurusan khusus komputer, memiliki keterampilan dan keahlian di bidang tersebut juga akan mempermudah pendalaman ilmu yang diberikan oleh sekolah melalui guru-guru yang ada disana. Lanjut simak berikut.

Tips Menjadi Pengguna PC Handal

Ketika kamu mempunyai pengetahuan yang tidak dimiliki orang pada umumnya, bisa saja kamu akan mendapatkan kesempatan baik seperti mengikuti kompetisi atau bermanfaat bagi orang lain dan teman yang membutuhkan bantuan kamu.

Tahapan-tahapan berikut adalah berbagai langkah atau tips yang bisa memandumu menjadi seorang programer mungkin, atau ahli-ahli lainnya di bidang yang berkaitan dengan komputer. Karena ini kembali ke diri sendiri.


1. Kenali Hardware, Software dan Pengoperasian OS

Cara menjadi ahli komputer by teknodaim 1

Komputer, laptop atau perangkat serupa terdiri dari berbagai perangkat keras atau hardware yang membuatnya bekerja. Pelajari tentang hal-hal tersebut seperti misalnya hardware dan software. Mulai dari Prosesor, VGA, RAM dan lainnya.



Kemudian software, ini juga merupakan dasar utama dari rangakaian ilmu komputer yang wajib diketahui. Software sendiri ada sebagai pendukung sistem operasi, misalnya driver dan perangkat lunak lain termasuk game dan aplikasi.

Pengoperasian sistem operasi juga penting untuk dipelajari. Mulai dari perintah-perintah kecil seperti fungsi semua tombol yang ada keyboard dan juga pengoperasian sistem perintah seperti CMD. Cara menjadi ahli komputer yang baik.



2. Tingkatkan Kemampuan Mengetik dan Pemahaman Coding

Cara menjadi ahli komputer by teknodaim

Salah satu yang utama dalam tahap pendalaman ilmu komputer adalah kemampuan atau skill mengetik yang baik. Perbanyak pengalaman mengetik.

Biasakan diri dengan keyboard, berlatih terus-menerus bahkan kalau bisa sampai kamu hafal letak setiap angka dan huruf di keyboard tanpa melihat. Mungkin kamu bisa bergabung dengan komunitas atau grup diskusi khusus komputer.

Kemudian pemahaman yang jarang dimasuki orang pada umumnya, yaitu kemampuan untuk memahami dan menggunakan perintah bahasa pemrograman alias ilmu Coding. Misalnya seperti Coding sederhana pada blog atau HTML.

Cobalah terjun langsung mempelajari bahasa pemrograman dengan menggunakan Xampp.



3. Bisa Memperbaiki Komputer

Kembali dengan poin pertama, bisa memperbaiki komputer artinya kamu harus mengetahui fungsi serta hal-hal tentang komponen komputer itu sendiri. Meliputi Prosesor, VGA, Motherboard dan juga paling penting adalah Power Supply Unit.

Jika kamu sudah memahami tentang perangkat-perangkat keras tersebut, kamu bisa diandalkan oleh tetangga dan tentunya akan dianggap sebagai ahli komputer. Jika masalahnya ada pada sistem operasi, ya kembali ke ilmu software tadi juga.


4. Paham OS Windows dan Linux

OS Linux adalah sistem operasi yang terbilang lebih rumit, karena berbasis perintah manual layaknya menggunakan sebuah Command Prompt di OS Windows. Kemudian, jangan pernah berhenti untuk belajar terus menerus.


5. Belajar Autodidak

Tidak semua yang diajarkan di sekolah diserap dengan baik, mungkin karena perbedaan istilah atau cara pembelajaran yang sulit dicerna oleh setiap individu. Maka cobalah belajar dengan caramu sendiri. Misalnya Autodidak via internet.



Itulah tadi tips-tips menjadi pengguna PC handal atau bisa dikatakan cara menjadi pengguna komputer yang ahli dibandingkan dengan pengguna umumnya. Jika ada tambahkan dari kamu, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan •
Pengertian Prosesor, Fungsi, Sejarah dan Cara Kerjanya