Hal Mengerikan yang Disebabkan Virus Atau Malware di PC dan Android

in , , , , , , ,
Android terkena malware, dampak terkena malware, pc terkena malware dan cara mengatasi malware by teknodaim

Penjahat dunia maya (Cybercrime) seringkali melakukan berbagai metode Ilegal demi mendapat keuntungan dan kepuasan, termasuk Phising dan Malware lewat celah. Bagaimana jika Android terkena Malware atau PC terkena Malware, apa dampak terkena Malware. Serta cara mengatasi malware, simak pembahasan berikut.

Apa Itu Malware?

Malware atau Malicious Software adalah perangkat lunak berbahaya yang dipasang lewat perangkat lunak lainnya pula. Malware dibuat sedemikian rupa dan memiliki fungsi untuk menyerang sistem atau bagian vital sebuah perangkat.

Penyebaran Malware yang paling sering terjadi adalah melalui celah yang ditemukan pelaku di sebuah aplikasi smartphone dan software khusus untuk pengguna OS di komputer. Maka dari itu, jangan asal unduh file tidak jelas.

Jika sedang mencari aplikasi dan berhasil menemukannya di tempat yang tidak dikenal, misalnya di situs atau platform pihak ketiga. Maka berhati-hatilah, bisa jadi file tersebut sudah dipasang virus atau Malware yang berbahaya.


Beberapa Dampak Jika HP dan PC Terkena Malware

Android terkena malware dampak terkena malware pc terkena malware dan cara mengatasi malware by teknodaim 1
Gambar: Blog Paubox

Malware sejauh ini tercatat telah berhasil menyerang para pengguna OS Android dan pengguna OS Windows di komputer atau PC. Ada beberapa bentuk dari Malware timbul dan menjadi masalah bagi mereka, diantaranya seperti berikut:

SMS Trojans

SMS Trojans adalah salah satu bentuk Malware dimana sebuah aplikasi melakukan pengiriman pesan singkat atau SMS ke berbagai nomor premium, dengan isi menaikkan tagihan telepon pengguna. Penyebab curang pulsa habis.


Adware

Adware adalah bentuk Malware dengan tujuan utama untuk mendapat keuntungan komersil secara Ilegal alias curang. Pelaku mendapatkan uang mereka.

Adware adalah kondisi dimana sebuah perangkat terjangkit Malware yang secara otomatis akan selalu menampilkan iklan di bagian notifikasi. Tentu hal ini bisa sangat mengganggu bagi kenyamanan pengguna. Android terkena Malware ini.


Kebanyakan HP terkena Malware juga adalah karena penggunanya yang selalu memilih Allow saat sebuah notifikasi meminta perizinan iklan.


Spyware

Jika Adware mungkin saja tidak berbahaya karena pelakunya hanya menanamkan Malware untuk mendapat keuntungan lewat iklan, maka Spyware adalah Malware yang memiliki fungsi untuk memata-matai pengguna perangkat.

Hal tersebut dilakukan pelaku Cybercrime untuk mengumpulkan data penting, seperti password akun dan kartu kredit. Salah satu Malware tingkat berbahaya.


Ransomware

Ransomware adalah bentuk Malware paling berbahaya sejauh ini. Program tersebut secara paksa akan membatasi akses pada perangkat yang terjangkit, seperti akses software dan bahkan akses keseluruhan perangkat.

Untuk itu, maka pengguna akan dimintai sejumlah uang agar perangkat tersebut bebas dari Ransomware dan bisa digunakan kembali. Pembayaran yang mereka minta biasanya melalui transaksi menggunakan Cryptocurrency seperti Bitcoin.


Baca Juga:


Cara Mengatasi Malware

Android terkena malware, dampak terkena malware, pc terkena malware dan cara mengatasi malware by teknodaim
Gambar: Milesweb

Malware bisa menyerang dalam berbagai bentuk, bisa lewat situs dan aplikasi pihak ketiga yang mungkin menyerupai sebuah aplikasi resmi. Untuk terhindar dari resiko virus-virus dan Malware berbahaya, maka perhatikan hal-hal berikut:


Gunakan Pengaman

Pasang Antivirus. Bagi pengguna OS Windows, disarankan untuk memasang antivirus seperti Avast Security atau Windows Defender bawaan dari Microsoft. Begitupun pada perangkat smartphone, gunakan antivirus yang ada di Store.

Bila perlu, beli antivirus berlisensi resmi agar mendapatkan fitur dan keamanan ekstra untuk menghajar serangan Malware yang datang dari tempat tidak dikenal.


Jangan Asal Isi Form di Internet

Salah satu jenis trik Malware yang sering dilakukan pelaku kejahatan adalah dengan membuat sebuah platform atau situs khusus yang wajib menyertakan biodata termasuk alamat email. Jika sudah terlanjur mengisi formulir tersebut, kemungkinan email milikmu akan terus-menerus mendapatkan spam pesan mail.

Penting: Jika kalian ingin pergi ke sebuah situs resmi dan menemukan situs dengan desain yang mirip di mesin pencari. Coba lihat dan perhatikan domainnya, situs asli adalah Google.com, maka Goo06gle.com dan lainnya adalah palsu.


Kebanyakan pengguna HP terkena Malware juga adalah karena mereka selalu memilih Allow saat sebuah notifikasi tidak jelas meminta perizinan.


Itulah tadi pembahasan mengenai Malware dan bahayanya. Seharusnya! Secara logika kalian harus bisa membedakan mana situs atau website resmi dan situs aneh dan bahkan terbilang acak-acak dan tidak jelas. Terutama tombol Download.

Jika kalian mengakses situs Unduhan dan menemukan tombol unduh seperti box besar. Bisa saja hal itu adalah pengecoh yang berpotensi disusupi Malware. Ransomware pun bisa menyusupi software resmi. Sekian dan semoga bermanfaat.

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *