ListicleRekomendasi

10 Chipset Smartphone Terbaik Tahun 2022

Prosesor atau Chipset merupakan salah satu komponen paling penting di Smartphone. Biasanya chipset menjadi tolak ukur dalam menentukan pilihan ketika membeli HP. Tentunya hal tersebut cukup wajar mengingat chipset ini bisa dibilang sebagai otak sebuah ponsel. Nah oleh karena itu kali ini kita akan membahas chipset HP terbaik tahun 2022.

Perlu kamu ketahui setiap tahunya perusahaan yang membuat chipset pasti akan merilis produk terbaru mereka, tentunya hal tersebut guna untuk mendukung perkembangan ponsel yang setiap tahunnya semakin berkembang.

BACA JUGA:

Berikut Chipset HP Terbaik Tahun 2022

Penasaran bukan chipset apa saja yang termasuk kedalam chipset terbaik pada tahun 2022 ini? Kalau begitu mari kita simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

1. A15 Bionic

A15 Bionic | Chipset HP Terbaik
A15 Bionic | metroandalas.co.id

Chipset HP terbaik yang pertama adalah A15 Bionic, buat kamu yang belum tau chipset yang satu ini merupakan salah satu produk Apple yang pertama kali diumumkan pada 2021 dan menjadi chipset untuk iPhone 13 series.

Nah A15 Bionic ini menggunakan GPU 5 core dengan kecepatan mencapai 1.2GHz. Kemudian A15 Bionic ini memiliki 15 miliar transistor dan memiliki sistem jaringan yang bisa menghasilkan performa jauh lebih cepat dibandingkan dengan pendahulunya.

2. Dimensity 9000+

Dimensity 9000+ | Chipset HP Terbaik
Dimensity 9000+ | telset.id

Chipset HP terbaik selanjutnya adalah Dimensity 9000+. Chipset yang satu ini merupakan produk yang dikembangkan oleh MediaTek, chipset yang satu ini termasuk kedalam jajaran chipset tercepat dari MediaTek di tahun 2022.

Label Plus pada chipset ini menandakan kalau MediaTek menambahkan sejumlah upgrade penting pada Dimensity 9000 sebelumnya, beberapa upgrade tersebut yaitu meningkatkan kinerja CPU, performa grafis, dan peningkatan pada sinyal 5G.

3. Snapdragon 8+ Gen 1

Snapdragon 8+ Gen 1 | Chipset HP Terbaik
Snapdragon 8+ Gen 1 | arenadigital.id

Chipset HP terbaik berikutnya adalah Snapdragon 8+ Gen 1. Seperti yang kita ketahui chipset yang satu ini merupakan produk yang dikembangkan oleh Qualcomm pada bulan Mei 2022, cihpset yang satu ini merupakan versi upgrade dari Snapdragon 8 Gen 1.

Secara keseluruhan chipset yang satu ini menawarkan performa yang lebih baik dan lebih hemat daya dibandingkan dengan chipset sebelumnya. Menurut beberapa informasi yang kami dapatkan, Snapdragon 8+ Gen 1 dianggap sebagai chipset gaming high end terbaik di dunia.

4. Snapdragon 8 Gen 1

Snapdragon 8 Gen 1
Snapdragon 8 Gen 1 | tekno.kompas.com

Kemudian ada Snapdragon 8 Gen 1, seperti yang sudah kita bahas pada point sebelumnya chipset yang satu ini merupakan pendahulu Snapdragon 8+ Gen 1, tentunya kedua chipset ini sama-sama dikembangkan oleh Qualcomm.

Walapun dari segi performa Snapdragon 8 Gen 1 ini masih dibawah Snapdragon 8+ Gen 1, tapi beberapa HP flagship masih menggunakan chipset ini, melihat hal tersebut tentunya kita bisa tau kalau Snapdragon 8 Gen 1 ini masih termasuk kedalam chipset terbaik di dunia.

5. Dimensity 9000

Dimensity 9000
Dimensity 9000 | droidlime.com

Chipset smartphone terbaik 2022 selanjutnya adalah Dimensity 9000. Seperti yang sudah kita bahas pada point sebelumnya, chipset yang satu ini merupakan pendahulu Dimensity 9000+, tentunya chipset yang satu ini juga dikembangkan oleh MediaTek.

Walaupun dari segi performa Dimensity 9000 masih kalah dari Dimensity 9000+, tapi chipset ini menyajikan kecepatan tiada banding tanpa mengorbankan daya baterai, performa gaming yang luar biasa, peningkatan videografi dan kecepatan koneksi 5G.

6. A14 Bionic

A14 Bionic
A14 Bionic | voi.id

Chipset smartphone terbaik 2022 berikutnya adalah A14 Bionic, seperti yang sudah kita bahas pada point sebelumnya, chipset yang satu ini dikembangkan oleh Apple dan juga pendahulu dari chipset A15 Bionic.

Walaupun performa A14 Bionic ini masih kalah dari A15 Bionic, tapi chipset yang satu ini memiliki beberapa keunggulan seperti prosesor Neural Engine yang bisa menangani berbagai hal terkait kecerdasan buatan dengan 16 inti. Selain itu, chipset ini dibekali kemampuan kinerja machine learning yang jauh lebih bagus dibandingkan A13 Bionic.

7. Exynos 2200

Exynos 2200 | Chipset HP Terbaik
Exynos 2200 | telko.id

Kemudian ada Exynos 2200, mungkin banyak diantara kalian yang belum tau akan chipset ini. Jadi Exynos 2200 ini merupakan chipset yang dikembangkan oleh Samsung yang bekerja sama dengan AMD. Tentunya chipset premium ini digunakan oleh Samsung Galaxy S22 series.

Menurut informasi yang kami dapatkan Exynos 2200 ini jauh lebih baik dari Snapdragon 888+, walaupun perbedaannya sangat sangat tipis, Exynos 2200 unggul sedikit dalam kecepatan CPU dan daya tahan baterai.

8. Snapdragon 888+

Snapdragon 888+
Snapdragon 888+ | arenadigital.id

Chipset smartphone terbaik 2022 selajutnya adalah Snpadragon 888+, chipset yang satu ini termasuk kedalam kelas premium dari Qualcomm yang membawa peningkatan dari pendahulunya, khususnya untuk kecepatan CPU dan performa gaming.

Menurut informasi yang kami dapatkan, Snapdragon 888+ berhasil mencatat kecepatan CPU 5% lebih tinggi daripada Snapragon 888. Karena hal tersebut chipset ini digunakan oleh beberapa HP 5G flagship.

9. Snapdragon 888 5G

Snapdragon 888 5g
Snapdragon 888 5g | dorangadget.com

Chipset HP terbaik berikutnya adalah Snpadragon 888 5G. Chipset yang satu ini dirancang sedemikian rupa supaya memberikan performa cepat kepada Android. Sesuai dengan namanya chipset ini mendukung jaringan internet 5G.

Menurut informasi yang kami dapatkan HP yang menggunakan chipset ini bisa menghasilkan skor Antutu 8 di angka 700 ribuan. Dengan skor yang besar itu, tentunya kita bisa tau kalau chipset ini menawarkan performa yang sangat cepat.

10. Google Tensor

Google Tensor | Chipset HP Terbaik
Google Tensor | theverge.com

Terakhir adalah Google Tensor, buat kamu yang belum tau chipset ini dikembangkan langsung oleh Google. Biasanya Google menggunakan chipset milik Qualcomm untuk mengisi ponsel milik mereka, tapi mulai dari Google Pixel 6 series, google menggunakan chipset buatan mereka sendiri.

Buat kamu yang belum tau chipset ini memiliki beberapa fitur diantaranya yaitu Automatic Speech Recognition, Live Translate dan Live Caption. Selain itu dilengkapi keamanan Titan M2 yang berfungsi untuk melindungi privasi data pengguna.


Demikianlah beberapa chipset terbaik tahun 2022. Nah setelah membaca artikel ini dan melihat daftarnya, kira-kira nih smartphone yang kamu pakai sekarang pakai chipset apa? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Teknodaim.

What's your reaction?

Related Posts