menu
Teknodaim.com
Teknodaim.com Hardware 4 Spesifikasi Komputer Buat Kebutuhan Editing Video yang Rekomended!

4 Spesifikasi Komputer Buat Kebutuhan Editing Video yang Rekomended!

Spesifikasi komputer editing video by teknodaim

Bagi kamu yang ingin jadi konten kreator, salah satu hal yang terpenting yang wajib dipelajari adalah Editing. Artinya mau tidak mau kamu harus menjadi seorang video editor. Masalahnya harus punya spesifikasi komputer editing video yang pas.

Dibekali perangkat dengan spesifikasi yang mampu memproses Rendering dan punya kinerja cocok buat ngedit, lancarnya proses belajar editing tentu akan membuat usahamu membuahkan hasil. Maka dari itu, yuk bahas soal PC editing sama-sama.

4 Rekomendasi Spek PC Buat Editing Video

Untuk laptop, mungkin kamu tidak bisa membeli part-part secara perlahan. Tapi buat kamu yang mau Rakit PC, bisa dong nabung dulu atau beli satu-satu part yang dibutuhin buat kegiatan editing dan rendering kamu itu. Berikut rekomendasinya:

JANGAN LEWATKAN •
7 Rekomendasi VGA Terbaik Di bawah 3 Jutaan 2020

#1. Motherboard, Prosesor & RAM

Spesifikasi komputer editing video by teknodaim
Foto Asus ROG Strix | Amanz.id

Komponen vital yang menjadi otak pengoperasian sistem komputer adalah Prosesor, RAM dan juga Motherboard. Ada resep nih buat yang mau bikin Build kelas menengah yang cukup untuk menjalankan Adobe Premiere, After Effects, dan Filmora.

Pertama, pahami bahwa setiap Prosesor memiliki core dengan kemampuan yang berbeda-beda dalam melakukan endcode, rendering dan juga export. Kesimpulannya, semakin banyak jumlah core maka akan semakin bagus juga kinerjanya.

Dalam hal ini kecepatan rendering, kemampuan mengolah data saat pengeditan dan juga endcode. Resolusi video yang besar tentu akan membuat ukuran filenya jadi besar pula, dan kapasitas core yang dibutuhkan tentunya ikut besar.

Mungkin Prosesor mempuni yang cocok buat kegiatan tersebut adalah Prosesor Multi-core yang punya 6 core atau lebih. Contohnya seperti Ryzen 5 3400G, atau lebih tinggi lagi ada Ryzen 7 2700 yang punya 8 core. Spesifikasi komputer editing video.

JANGAN LEWATKAN •
8 Part atau Hardware Terbaik Untuk Build PC Editing & Desain

Nah RAM dan Motherboard mengiringi, keduanya harus cocok dengan Prosesor yang digunakan. Motherboard harus punya Socket yang mendukung pemasangan Prosesor, dan kecepatan RAM harus bisa menyeimbangi Prosesor dan juga VGA Card.


2. SSD dan Hard Disk

Foto HDD & SSD | Pricebook

Kapasitas yang amat-amat dibutuhkan tentunya adalah perangkat keras penyimpan data, seperti Hard Disk. Namun buat penyimpanan sistem operasi, sangat disarankan untuk lebih menggunakan SSD. Jadi HDD dipakai untuk menyimpan file seperti video.

Untuk SSD, mungkin kamu cukup menggunakan kapasitas 200 GB-an saja. Sedangkan buat pendukung, kamu gunakan HDD sebagai media penyimpan data eksternal seperti data setup software, file video dan juga aplikasi-aplikasi khusus editing lainnya.


3. VGA Card

Foto MSI Radeon RX 580 | Medcom.id

Berkaitan dengan poin pertama diatas, kartu grafis atau VGA Card sangat diperlukan untuk mendukung performa Prosesor. Ketika melakukan rendering, salah satu yang sangat-sangat memberikan peran besar adalah VGA Card.

JANGAN LEWATKAN •
10 Monitor Gaming Murah dan Berkualitas Terbaik di Tahun 2020

Spek buat editing video yang satu ini benar-benar perlu diperhatikan. VGA Card kelas menengah yang disarankan untuk PC editing mungkin seperti RX Series, diantaranya RX 560, RX 580 dan RX serie keatas lainnya. Atau bisa juga GTX 1080 Ti.

Semakin tinggi performa VGA Card, maka proses rendering akan semakin ringan dan cepat. Pilihlah VGA Card khusus yang punya kemampuan powerfull, dan komponen yang satu ini harus diseimbangi oleh RAM dengan kecepatan yang pas, jangan asal.


4. Resolusi Monitor

Poin terakhir mencangkup semua komponen, semakin besar ukuran dan resolusi monitor yang digunakan. Maka akan semakin besar juga memakan kinerja dari Prosesor, terutama VGA Card. Jika resolusinya melebihi batas kemampuan, itu tidak baik.

Jadi lebih disarankan buat milih monitor dengan ukuran setengah dari kemampuan maksimal VGA Card yang digunakan. Kecuali kemampuan maksimal VGA Card yang digunakan sudah mencapai 4K HD. Harga VGA semacam itu juga sangat mahal.


Kesimpulannya adalah, cari komponen PC dengan performa yang mencukupi kebutuhan namun masih berada di kapasitas yang cukup dengan budget pula. Untuk bertukar tanggapan mengenai resep secara spesifik, yuk bahas di kolom komentar.

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks