7 SSD Murah yang Memiliki Performa Baik dan Berkualitas

in , ,
Mengenal apa itu ssd dan fungsinya by teknodaim

SSD Terbaik 2019, Rekomendasi SSD Murah – Solid State Drive atau disingkat SSD, adalah sebuah perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi.

SSD sendiri memiliki kemampuan dan performa yang jauh lebih baik dibanding HDD. SSD sendiri memiliki kontrol atau kendali elektronik penuh atas komponennya, tak seperti HDD yang berputar dan berpindah.

Kecepatan membaca dan menulis data yang dimiliki SSD jauh lebih tinggi dibanding HDD. Hardware luar biasa ini akan membuat proses Booting OS pada perangkat hanya memakan waktu beberapa detik saja, mantap banget kan.

7 SSD yang Terjangkau Namun Tak Kalah Berkualitas (Update 2019)

Untuk meningkatkan performa dan kualitas dari sistem komputer yang kamu gunakan saat ini, menambahkan SSD dalam rangkaian komponen terpasang adalah pilihan yang tepat. Tenang kok, tidak semua SSD dijual dengan harga yang mahal seperti beberapa rekomendasi SSD terjangkau berikut.


1. ADATA SU650 3D NAND

Apa sih SSD Terbaik 2019, SSD Terjangkau ataupun Rekomendasi SSD Murah?
Gambar: Situs Amazon

ADATA Technology adalah brand terkemuka modul DRAM berkinerja tinggi, SSD seri Ultimate SU650 memberikan kecepatan, stabilitas, daya tahan, serta efisiensi yang cukup baik. SSD ini cocok digunakan untuk pengguna Notebook dan PC.

SSD ini juga dilengkapi fitur intelligent SLC caching dan DRAM cache buffer untuk meningkatkan kinerja Read / Write yang lebih baik hingga 520 / 450MB per detik.

Selain itu, Error Correcting Code juga telah diterapkan pada SU650 Ultimate, jadi SSD ini lebih aman untuk mengantisipasi jika terjadi pengurangan data kesalahan secara besar-besaran dibanding SSD non-ECC atau SSD BCH error correction dasar.

Untuk varian harga berdasarkan kapasitas, SSD ADATA SU650 3D NAND 120 GB dijual hanya sekitar 200.000 sampai 300.000 rupiah saja. Sedangkan untuk kapasitas medium yang lebih tinggi yaitu, 240 GB dijual sekitar 500 Ribuan.


Baca Juga:


2. SanDisk PLUS

Apa sih SSD Terbaik 2019, SSD Terjangkau ataupun Rekomendasi SSD Murah?
Gambar: Anand Tech

Butuh SSD terbaik yang punya banyak kapasitas untuk penyimpanan? Coba SanDisk SSD Plus berkapasitas 240 GB deh. SSD ini memiliki kecepatan read hingga 530 MB per detik dan kecepatan write hingga 440 MB per detik.

Jika diperhitungkan, kecepatan SSD ini 15 kali lebih cepat daripada hard drive biasa. Jadi benar-benar cocok dan aman untuk Boot atau Shutdown yang jadi lebih cepat. SSD ini menawarkan 4 jenis berdasarkan kapasitas, yaitu 120 GB, 240 GB, 480 GB, dan 960 GB. Mulai dari 120 GB yang dijual sekitar 300 sampai 500 Ribuan.


3. Transcend 220S

Apa sih SSD Terbaik 2019, SSD Terjangkau ataupun Rekomendasi SSD Murah?
Gambar: Simlim Singapura

Merek Transcend SSD 370S adalah pilihan solid yang cocok bagi kamu untuk meng-upgrade PC lama. SSD ini akan memberikan efek kinerja lebih cepat, dan fitur-fitur yang mudah digunakan termasuk enkripsi.

Selain itu SSD ini punya daya tahan yang kuat, kemampuan Read maksimum SSD ini adalah mencapai 570 MB per detik sedangkan kecepatan Write maksimum hingga 470MB per detik. Ini medium dan dijual dengan harga bersahabat.

Saat ini, untuk harga bervarian tergantung kapasitas masing-masing. Transcend 220S berkapasitas 120 GB dijual sekitar 400.000 hingga 600 Ribuan.


4. CRUCIAL BX500

Gambar: Rockpaper Shotgun

SSD bermerk berikutnya ini bisa kamu dapatkan dengan harga di Bawah Satu Jutaan saja untuk yang berkapasitas 480 GB. Dengan harganya yang cukup murah, SSD ini memiliki kecepatan Read dan Write berurutan hingga 540 dan 500 MB per detik.

Didorong oleh teknologi Flash NAND Micron 3D, maka proses Booting akan berjalan lebih cepat, mengurangi waktu muat dan mempercepat aplikasi yang menuntut dengan mudah. Selain itu SSD ini menggunakan teknologi RAIN.

Teknologi RAIN yang dimaksud akan melindungi data kamu dengan menyebar pada beberapa komponen penyimpanan yang berbeda pada drive, jadi jika satu komponen gagal, data pengguna masih dipertahankan di tempat lain.


5. Samsung 850 EVO

Gambar: Techspot

Salah satu SSD terbaik dari yang terbaik adalah pilihan SSD bermerk Samsung 850 EVO. Samsung sendiri berhasil menguasai pasar SSD dalam beberapa tahun terakhir ini. SSD Samsung 850 EVO hadir dengan garansi lima tahun panjangnya.

Untuk SSD ini, pilihan 250 GB adalah yang disarankan. Tersedia dijual sekitar 1,2 Juta, Samsung 850 EVO memiliki kecepatan Read / Write hingga 540MB per detik dan 520MB per detik masing-masing. Salah satu SSD terbaik 2019 nih.


6. Galax Gamer L Series

Gambar: Situs Galax

SSD Galax Gamer L Series 480GB adalah pilihan SSD dengan performa terbaik yang direkomendasikan untuk kamu para gamers. SSD ini dilengkapi beberapa dukungan fitur standar seperti SSD lainnya seperti TRIM, SMART dan Garbage collection untuk memaksimalkan kinerja NAND yang digunakan.

Selain itu, Galax Gamer L juga turut dilengkapi dengan fitur ECC (Error Corecting Code) yang memungkinkan meminimalisir terjadinya data error sehingga umur SSD akan terasa lebih pajang. Tersedia pula fitur DEVSLP yang mendukung mode rendah konsumsi daya yang memungkinkan untuk lebih menghemat listrik.

Namun harga untuk kapasitas 120 GB dari merk ini agak lebih tinggi dari yang tadi-tadi, yaitu sekitar 600.000 Rupiah. Sedangkan untuk kapasitas 240 dan 480 GB keatas, masih dijual diatas satu jutaan. SSD terjangkau ini patut deh kamu beli.


7. Corsair Force LS

Jika kamu ingin menggunakan SSD untuk Booting saja dan menggunakan HDD sebagai penyimpanan data berukuran besar, mungkin seri dari Corsair ini cocok untuk kamu, karena menyediakan versi SSD berkapasitas 60 GB.

Kelebihan dari SSD ini adalah penggunaan daya yang hemat, hening, dan tingkat respon yang lebih tinggi dari hard disk konvensional. Produk seri ini cocok untuk pengguna rumahan atau kamu para pengguna PC Gaming pribadi.

SSD Corsair Force LS dengan kapasitas 60 GB bisa kamu dapatkan seharga 400.000 hingga 500 Ribuan. Untuk 120 GB keatas, saat ini masih cukup mahal dan dijual sekitar satu juta keatas. Ini daftar terakhir di rangkaian rekomendasi SSD murah.


Pada dasarnya semua SSD bermerk itu bagus, hanya saja harus kamu sesuaikan pilihan dengan kebutuhan yang benar. Jangan hanya mementingkan brand saja, tapi juga kapasitas yang benar-benar kamu butuhkan. Rekomendasi SSD murah.

Itulah tadi beberapa SSD terbaik 2019 yang saat ini dijual dengan harga cukup bersahabat. Selagi harga masih terjangkau, coba untuk beli sekarang jika saja sedang ingin merakit sebuah PC idaman. Terima kasih dan semoga bermanfaat.


Referensi: Dimensidata, Tekno Iot

Jangan lewatkan •
Ini Nih, 10 Kursi Gaming Terbaik yang Ngebuat Hidup Berasa Jadi Sultan Gamer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *