5 Produk Terjangkau yang Wajib Kamu Beli Untuk Rakit PC Khusus Budget 5 Jutaan (Juli 2019)

in , ,
Rakitan pc gaming murah, cara merakit pc gaming murah by teknodaim

Cara Merakit PC Murah – Nemuin komponen murah untuk rakit PC namun dengan kualitas dan perfoma yang memadai tebilang sulit-sulit gampang. Apalagi yang ngincar perfoma rakitan PC murah untuk keperluan editing atau rakit PC gaming murah.

Apa Itu PC Rakitan?

Bagi kamu yang selama ini menggunakan PC atau Personal Computer langsung dari yang sudah tersusun satu set saat pertama kali beli, mungkin belum sempat mengerti bahwa perangkat keras atau Hardware di dalamnya bisa diganti.

Bisa diganti yang dimaksud juga bukan diganti hanya jika komponen mengalami kerusakan atau masalah lainnya, tapi bisa juga diganti dengan hardware yang memiliki performa lebih baik dari yang sedang terpasang sekarang di CPU kamu.


Apalagi di kalangan gamers, yang namanya rakit PC pasti sudah engga asing lagi. Mungkin kamu adalah salah satu yang ketinggalan akan hal ini. Mungkin sekarang kamu punya budget dan keinginan untuk rakit PC sendiri (opsional).

Rakit PC Gaming Murah dengan Budget 5 Jutaan

Bagi kamu yang pengen tau apa aja komponen murah untuk rakit PC yang memiliki performa bisa bermain game populer saat ini seperti PUBG, berikut adalah rakitan yang disarankan. Rekomendasi yang masih Worth It di tahun ini.


1. Prosesor Intel Core i5-4430

Komponen Murah Untuk Rakit PC by Teknodaim

Komponen terpenting pertama yang diperlukan dalam merakit PC adalah prosesor. Disini yang direkomendasikan oleh Penulis Teknodaim adalah Prosesor Intel Core i5-4430. Produk yang satu ini sendiri sudah di Discontinued.

Produk Discontinued artinya adalah barang yang sudah tak di produksi lagi alias diberhentikan. Dalam hal ini dilanjutkan oleh prosesor generasi berikutnya yang performa serta kualitas yang lebih baik. Jadi ini mungkin hanya tersedia Second.

Meskipun begitu, Intel Core i5-4430 masih memiliki performa yang Worth It untuk game-game terbaru saat ini. Frekuensi dasar prosesor ini sendiri adalah 3.00 GHz, sedangkan frekuensi turbo maksimalnya adalah 3.20 GHz.

Ukuran memori maksimal yang tersedia tergantung jenis memori dari prosesor ini adalah 32 GB (DDR3). Sedangkan Bandwidth maksimal memori prosesor adalah 25,6 GB per detik. Harga termurah yang bisa kamu jumpai kisaran 2 juta.

Harga Intel Core i5-4430 Second yang bisa dijumpai di berbagai toko online saat ini kurang lebih sekitar 1.000.000 Rupiah Sampai 2 Juta Keatas. Produk keluaran Intel ini cocok jadi plihan komponen murah untuk rakit PC sendiri di rumah.



2. Motherboard Asus H81M-K

Komponen Murah Untuk Rakit PC by Teknodaim
Gambar: New Egg

Untuk bisa memasang sebuah prosesor ke PC yang ingin kamu rakit, harus memiliki Mobo atau Motherboard sesuai alias wajib support Socket-nya dengan prosesor yang akan kamu pasang sendiri. Disini disarankan Asus H81M-K.

Motherboard ini sendiri bisa kamu dapatkan baru di berbagai toko online di harga sekitar 600.000 Hingga 850.000 Rupiah. Soket atau Socket Mobo ini sendiri adalah tipe LGA 1150 dan maksimal support untuk prosesor generasi ke-4.

Slot untuk Memori (RAM) yang disediakan Motherboard ini adalah maksimal dual slot dan dapat menampung kapasitas maksimal 16 GB RAM. Chipset Audio Mobo ini adalah Realtek ALC887, sedangkan LAN Chipset-nya adalah Realtek 8111G.


3. RAM Kingston HyperX Fury 8 GB DDR3 (Opsional)

Rakitan pc gaming murah cara merakit pc gaming murah by teknodaim

Memori HyperX Fury DDR3-1866 8GB Kit dari Kingston adalah komponen yang direkomendasikan berikutnya, RAM terjangkau yang satu ini memiliki kemampuan untuk berjalan di kecepatan yang cukup tinggi tanpa perlu konfigurasi khusus dalam BIOS dari pengguna.

Pokoknya, produk yang satu ini udah rekomended banget deh. RAM ini sendiri sekarang bisa kamu dapatkan dengan harganya yang dibawah 500 Ribuan. Rakit PC gaming murah juga bisa dengan memilih RAM brand lain yang lebih murah.


4. Hard Disk WD Green 500 GB

Gambar: eBay

Hardware berikutnya adalah HDD untuk penyimpanan data dan sistem operasi PC. Yang disarankan disini adalah HDD dari brand WD Green, mau yang berkapasitas tinggi sekitar 500 GB, 1 TB atau lebih lagi, tergantung kebutuhanmu.

Jika tidak akan menyimpan data-data berukuran besar dan hanya digunakan untuk main game, HDD dengan kapasitas 500 GB sudah lebih dari cukup.

Dengan budget 200.000 Sampai 300.000 Rupiah,bahkan lebih murah, kamu sudah bisa mendapatkan HDD ini di berbagai toko online terpercaya.



5. SSD ADATA SU650

Gambar: New Egg

Ini sebenarnya opsional, jika kamu hanya memerlukan penyimpanan sistem operasi PC saja tanpa memerlukan memori berkapasitas untuk menyimpan data besar. SSD adalah alternatif yang memiliki performa jauh diatas HDD.

Mengapa begitu? SSD atau Solid State Drive adalah perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi.

Kelebihan SSD dibanding HDD adalah hardware ini memiliki performa yang jauh lebih tinggi karena memiliki kontrol atau kendali elektronik penuh atas komponennya, tak seperti HDD yang berputar dan berpindah.

Kecepatan membaca atau menulis data juga jauh lebih tinggi dibanding HDD. SSD bahkan akan membuat proses Booting OS hanya memakan waktu beberapa detik saja. Tentunya, ini merupakan keuntungan tersendiri bagi para gamers.

SSD ADATA SU650 sendiri sampai bulan Juli ini, bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar 290.000 Sampai 350.000 Rupiah saja untuk SSD berkapasitas 120 GB. ADATA SU650 memiliki kinerja read dan write hingga 520/450MM per second.



6. VGA GTX 1030 2GB

Gambar: MSI

NVIDIA GeForce GTX 1030 adalah salah satu dari berbagai VGA terjangkau yang sudah memiliki performa cukup baik. Ingat ya, GTX 1030 usahakan jangan yang tipe sebelah ya! Karena tidak direkomendasikan oleh aku sebagai penulis.

Varian GTX 1030 sendiri bisa kamu jumpai di toko-toko online sekitar 900.000 Hingga 1.200.000 Rupiah. Cara merakit PC murah tapi berkualitas murahan.


7. PSU Cooler Master 450 Watt (80+)

Gambar: Conrad

Salah satu yang sangat-sangat penting adalah komponen penyalur daya dan arus listrik ke komponen yaitu PSU atau Power Suppy Unit. Saya sebagai penulis merekomendasikan PSU yang sudah bersertifikasi 80+, artinya pilihan Pure.

Cooler Master MWE 450 Watt 80+ adalah PSU yang digunakan oleh penulis sendiri. Diantara produk bersertifikat 80+ lainnya, Power Supply berkualitas dan terjangkau yang bisa menjadi pilihan adalah merk ini.

Harga PSU Cooler Master 450 Watt yang wajib bersertifikat 80+ bisa kamu temui di toko-toko online dengan kisaran harga 400.000 – 600.000 Rupiah.



8. Casing Armagedon T1G Pro

Diantara casing terjangkau aKa murah yang bisa kamu temukan luas di toko-toko online, Armagedon T1G Pro adalah salah satunya namun bukan murahan.

Casing elegan dengan kaca transparan ini memiliki desain yang menarik serta menyediakan slot-slot komponen yang baik, seperti manajemen kabel dengan perutean kabel tersembunyi-nya. Ini memang komponen murah untuk rakit PC.

Dengan fitur atau slot tersedia yang cukup lengkap, casing berukuran 235mm x 438mm x 433mm ini bisa kamu dapatkan dengan harga varian murah mulai dari 200.000 Sampai 300.000 Rupiah saja. Casing ini udah pas untuk rakitan PC murah.



Waktunya Compare Budget Untuk Rakitan PC Murah Ini

Sekarang kita Compare atau lakukan perkiraan harga untuk pilihan komponen yang direkomendasikan tadi. Jika perlu lakukan pemangkasan untuk lebih hemat budget. Ingat ya, ini rakitan CPU Only saja belum termasuk perangkat Equip seperti Mouse dan Headphone.

Mulai dari Prosesor Intel Core i5-4430 yang jika ingin kamu dapatkan produk barunya, tersedia di kisaran 1 jutaan yang cukup langka dan banyak dijual di harga 2 juta keatas. Jika kamu pilih barang Second, harga jauh lebih murah.


Baca Juga:


Artikel ini Tentang: Cara Merakit PC Murah


Di situs jual-beli Tokopedia, kamu bisa menjumpai prosesor jenis ini hanya di kisaran harga 1 jutaan saja, maksimal yang jual ada 1.2 juta (Juli 2019).

  • Prosesor Intel Haswell Core I5-4430 Cache 6M 3.20 GHz (1.100.000 Rupiah)
  • Motherboard Asus H81M-K (700.000 Rupiah)
  • RAM Kingston HyperX Fury 8 GB (400.000 Rupiah) | Mungkin Mau 2 Buah?
  • HDD WD Green 500 GB (350.000 Rupiah)
  • SSD SSD ADATA SU650 (280.000 Rupiah)
  • VGA GTX 1030 2GB (1.100.000 Rupiah)
  • PSU Cooler Master 450 Watt 80+ (550.000 Rupiah)
  • Casing Armagedon T1G Pro (350.000 Rupiah)

= 4.600.080 Rupiah (5.000.080 Rupiah Jika Dual RAM Kingston HyperX Fury 8 GB)


Perkiraan diatas adalah berdasarkan komponen-komponen yang harganya banyak ditemukan di berbagai toko dengan kisaran tersebut. Perubahan harga tidak bisa ditentukan, jadi bisa saja sewaktu-waktu harga komponen naik ataupun turun.

Itulah tadi rekomendasi rakit PC gaming murah 5 jutaan dengan komponen yang sudah cukup mempuni di kelasnya. Semoga bermanfaat dan selamat menemukan rakitan PC murah terbaik. Sekian saja artikel tentang cara merakit PC murah kali ini.

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *