HardwareTips

Kenali Jenis Kabel Charger iPhone, Jangan Sampai Salah Beli!

Saat mendengar kata iPhone, pasti pertama kali terbesit dalam benak kalian yaitu ponsel eksklusif dengan harga yang mahal. Tentunya hal tersebut tidak salah, apalagi mengingat Apple yang ingin selalu tampil beda dari zaman dulu sampai sekarang. Nah oleh karena itu kali ini Teknodaim ingin mengajak kalian untuk membahas jenis kabel charger iPhone yang harus kalian ketahui.

Nah sedikit informasi, kabel charger memiliki dua bagian yaitu bagian ujung dan bagian ekor. Bagian ujung bernama USB, mempunyai fungsi untuk menghubungkan ke komputer atau adaptor charger. Sedangkan bagian ekor disebut sebagai konektor, mempunyai fungsi untuk menghubungkan ke ponsel.

Berikut Jenis Kabel Charger iPhone yang Harus Kalian Tau

DAFTAR ISI

Seperti biasa sebelum masuk ke dalam pembahasan utama, kita akan membahas lebih dulu secara singkat mengenai iPhone. Jadi menurut informasi yang kami dapatkan, iPhone merupakan smartphone yang dirancang dan dipasarkan oleh Apple Inc. Selain itu iPhone juga menggunakan sistem operasi iOS.

Konektor 30 Pin

Konektor 30 Pin
Konektor 30 Pin | makemac.grid.id

Pertama kita akan membahas Konektor 30 Pin. Nah buat kalian yang sudah menggunakan iPhone sejak lama, pasti sudah ga asing dong dengan Konektor yang satu ini, mulai dari nama dan bentuknya.

Jadi generasi pertama iPhone yang dikenal dengan iPhone 2G sampai iPhone 4s semuanya menggunakan Konektor yang satu ini. Terus menurut informasi yang kami dapatkan, Konektor 30 Pin memakai USB 2.0 sekitar tahun 2007 sampai 2012.

Konektor Lightning

Konektor Lightning
Konektor Lightning | br.atsit.in

Jenis kabel Charger iPhone selanjutnya yaitu Konektor Lightning. Jadi pada tahun 2012 Apple memperkenalkan kabel yang lebih ramping dari jenis sebelumnya, orang-orang menyebutnya dengan sebutan kabel Lightning.

BACA JUGA:
Spesifikasi dan Harga Redmi Note 10s Terbaru Bulan Februari 2022

Nah kabel ini diperkenalkan bersamaan dengan iPhone 5, tentunya kabel ini membawa dampak yang cukup besar. Pasalnya sampai sekarang Apple masih menggunakan jenis Lightning sampai sekarang.

USB Type C to Lightning

Usb Type C To Lightning
Usb Type C To Lightning | Shopee

Jenis kabel Charger iPhone yang terakhir yaitu USB Type C to Lightning. Jadi ketika Apple baru menggunakan kabel ini, banyak ponsel Android yang sudah lebih dulu menggunakan konektor Type C.

Meski begitu, Apple sudah menyiapkan kabel USB Type C dengan ujung Lightning. Tentunya kabel yang satu ini bisa dihubungkan ke perangkat lain yang mendukung USB Type C. Menurut situs resminya, kabel ini mempunyai fitur pengisian daya dengan cepat, tapi sayangnya sampai iPhone 13 rilis, Apple masih belum menggunakan kabel ini untuk produknya.


Demikianlah beberapa jenis kabel Charger iPhone yang harus kalian ketahui. Nah setelah membaca artikel ini, kira-kira nih kalian pake jenis kabel Charger yang mana? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Teknodaim yah.

BACA JUGA:
Apakah Perilisan iPhone 12 akan Ditunda?

Related Posts