GadgetLaptopTips

5 Cara Membersihkan Keyboard Laptop Dengan Mudah dan Cepat

Laptop merupakan salah satu alat yang dimana di era sekarang ini sangat berguna. Pasalnya dengan menggunakan alat tersebut, kita bisa melakukan aktivitas seperti belajar dan bekerja dengan mudah. Nah karena penggunaan laptop yang sering, tentunya membuat beberapa bagian jadi kotor, terutama pada bagian keyboard. Oleh karena itu kali ini Teknodaim ingin membahas mengenai cara membersihkan keyboard laptop.

Pasalnya keyboard laptop sering menyimpan berbagai kotor dan debu kecil yang tidak terlihat. Nah kalau kita tidak membersihkannya, maka performa yang dihasilkan akan menurut dan tidak bagus tentunya.

Berikut Cara Membersihkan Keyboard Laptop Dengan Mudah

Cara Membersihkan Keyboard Laptop
Cara Membersihkan Keyboard Laptop | arabhardware.net

Sebelum masuk kedalam pembahasan utama, kami juga ingin memberitahu kepada kalian kalau sebelumnya Teknodaim pernah menuliskan cara ampuh menghapus Chromium dan cara membersihkan gache di Windows yang bisa membuat performa komputer atau laptop kalian jadi lebih ringan.

Melepaskan Tombol Keyboard Laptop

Melepaskan Tombol Keyboard Laptop
Melepaskan Tombol Keyboard Laptop | cuttingstickerupdate

Cara yang pertama yaitu melepaskan tombol Keyboard laptop. Tentunya cara ini bisa kalian lakukan apabila ingin keyboardnya benar-benar bersih secara keseluruhan. Apa lagi buat kalian yang sering makan atau ngemil di depan laptop.

Pastinya akan ada sisa-sisa makanan yang jatuh kedalam sela-sela keyboard. Namun perlu kalian ingat cukup berbahaya buat yang belum terbiasa dan juga ada beberapa keyboard yang bisa dilepas atau tidak.

Menggunakan Lap Mikrofiber

Lap Mikrofiber
Lap Mikrofiber | shopee.co.id

Cara Membersihkan Keyboard Laptop selanjutnya yaitu menggunakan lap Mikrofiber. Tentunya dengan cara yang satu ini jauh lebih mudah tidak beresiko. Pasalnya kalian cukup membersihkan sela-sela keyboard dengan kain tersebut.

Nah buat kalian yang belum tau lap mikrofiber terkenal efektif mengangkat partikel-partikel debu, sampai tumpahan minyak sekalipun. Nah caranya cukup mudah, kalian tinggal menuangkan sedikit alkohol ke lap tersebut, kemudian lap bagian keyboard yang kotor.

Menggunakan Cotton Buds

Menggunakan Cotton Buds
Menggunakan Cotton Buds | fantech.id

Cara berikutnya yaitu menggunakan cotton buds. Tentunya cara yang satu ini juga terbilang sangat aman dan lebih mudah. Pasalnya kalian cukup mencelupkan contton buds ke sedikit alkohol.

Lalu setelah itu kalian tinggal bersihkan bagian yang kotor dengan contton buds tersebut. Buat kalian yang belum tau contton buds itu merupakan alat yang biasanya sering digunakan untuk membersihkan kotoran telinga.

Memakai Penghapus

Memakai Penghapus
Memakai Penghapus | boombastis

Cara Membersihkan Keyboard Laptop selanjutnya dengan penghapus. Nah untuk cara yang satu ini pastinya sangat aman dan juga sangat mudah. Pasalnya kalian tinggal menggosok saja penghapus yang kalian gunakan pada sela-sela keyboard.

Namun kalian harus ingat, saat sedang menggunakan penghapus, pastikan juga kalian ikut membersihkan kotoran penghapus supaya tidak masuk kedalam sela-sela keyboard.

Memakai Penyedot Debu Mini

Memakai Penyedot Debu Mini
Memakai Penyedot Debu Mini | id.aliexpress.com

Terakhir yaitu memakai penyedot debu mini. Nah untuk cara yang satu ini jauh lebih mudah dan tidak terlalu ribet. Pasalnya penyedot debu mini ini memang berfungsi untuk membersihkan keyboard yang kotor.

Buat kalian yang ingin menggunakan penyedot debu mini, supaya lebih aman dan tidak ribet. Kalian bisa mencarinya di Online Shop, dan kisaran harganya pun paling sekitar 50 ribuan. Dengan menggunakan penyedot debu, seluruh kotoran yang menempel akan hilang.


Demikianlah cara membersihkan Keyboard laptop dengan mudah. Nah setelah membaca artikel ini, kira-kira nih apakah informasi yang kami sampaikan sangat berguna untuk kalian? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Teknodaim yah.

What's your reaction?

Related Posts