Mengenal Jenis-Jenis SSD dan Semua Perbedaannya

in ,
Jenis jenis ssd, level ssd dan macam macam ssd by teknodaim

Setelah HDD atau Hard Disk, kini ada inovasi Hardware penyimpanan data dan sistem operasi baru yang jauh lebih baik yaitu SSD. Sama seperti HDD, perangkat tersebut juga punya jenis-jenis SSD, level SSD atau bisa juga disebut macam-macam SSD.

Bagi pengguna komputer yang hobi merakit komponen dan menggantinya dengan yang lebih Worth it tergantung era, tentunya akan memilih SSD sebagai salah satu komponennya yang bisa menggantikan peran HDD sebagai penyimpanan Internal.

Varian SSD Berdasarkan Jenis-Jenisnya

SSD atau Solid State Drive adalah sebuah Hardware yang memiliki tugas sebagai perangkat penyimpanan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori penyimpan data dan informasi. Baca juga > 7 SSD Murah dan Termasuk Berkualitas.

SSD memiliki performa yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Hard Disk (HDD), karena SSD memiliki kendali elektronik penuh atas komponennya, tak seperti HDD yang berputar dan berpindah. Baca juga > Mengenali Perbedaan SSD dan HDD Lebih Jauh.

Dengan SSD, proses Booting OS pada perangkat akan jadi sangat cepat, bahkan hanya akan memakan waktu beberapa detik saja. Dan berikut adalah jenis-jenis SSD:

1. SSD PCIe

Jenis jenis ssd level ssd dan macam macam ssd by teknodaim

SSD PCIe adalah jenis SSD yang menggunakan interface PCIe yang memiliki kinerja tinggi berbasis server. Varian SSD ini tersedia dalam banyak pilihan.

SSD jenis ini bisa dibilang adalah level tertinggi dan benar-benar cocok menjadi pilihan untuk mendapatkan dukungan pada kegiatan para Editor dan Gamers.

Jika ingin menggunakan SSD ini dengan kapasitas yang minim seperti 120 GB, coba berikan dukungan dengan menambahkan penyimpanan Eksternal berupa tambahan Hard Disk.


2. SSD 2,5 Inch

Jenis jenis ssd level ssd dan macam macam ssd by teknodaim 1

Tipe SSD berikutnya adalah SSD yang umum ditemukan sekarang ini. Selain cocok untuk pengguna PC, SSD 2,5 Inch juga cocok untuk yang ingin menggunakannya sebagai penyimpanan atau komponen tambahan untuk mempercepat kinerja laptop.


3. SSD mSATA

SSD mSATA adalah jenis perangkat penyimpanan yang memiliki ukuran kecil sesuai dengan namanya Mini. SSD mSATA dirancang untuk lebih mendukung kegiatan di perangkat portabel yang punya daya terbatas seperti tablet dan laptop.

Ukuran Hardware yang satu ini kira-kira hanya sebesar KTP.


4. SSD SATA

Jenis SSD berikutnya ini juga dirancang khusus lebih mendukung kegiatan atau aktivitas pada perangkat ringan seperti laptop, tablet dan notebook. SSD ini pada dasarnya memang memiliki performa dan kecepatan mengolah data lebih tinggi dibanding HDD. Sayangnya masih kalah dengan versi tandingannya yaitu SSD NVME.


5. SSD NVME

SSD terakhir yang satu ini menggunakan teknologi NVME, yaitu non volatile memory Express dan merupakan perkembangan dari standar AHCI. SSD NVME memang pilihan yang tepat untuk kalangan gamers atau punya budget tinggi.

Performa yang dimilikinya memang terbukti jauh cepat dibandingkan SSD SATA. Untuk setiap kapasitas Storage, SSD jenis ini memiliki kecepatan 5 kali lebih tinggi dibanding jenis SATA. NVME juga dapat memproses jumlah perintah yang banyak.

SSD mampu memuat 64000 antrian sekaligus yang masing-masing memiliki perintahnya sendiri. SSD NVME adalah upgrade dari teknologi AHCI sebelumnya. Jenis NVME ini juga menggunakan Utilitas PC1E 3.0 layaknya seperti sebuah VGA Card.


Jika ditanya apakah rekomended, semua jenis SSD sangat rekomended untuk pengguna komputer atau laptop yang ingin mendapatkan pengalaman yang lebih baik.

Selain memiliki kecepatan dan performa yang jauh lebih tinggi dan punya daya tahan yang lebih lama dibanding HDD, SSD juga punya desain tipis, kecil dan fleksibel bahkan muat untuk disimpan masuk di kantong baju atau saku celana.

Kesimpulannya, semua jenis SSD diatas memiliki sedikit perbedaan dari segi kecepatan dan tempat pemasangan. Ada yang bisa dipasang menggunakan Socket yang biasa digunakan pada Hard Disk, dan ada yang bisa dipasang seperti VGA Card yang artinya hanya bisa dipasang pada Motherboard tertentu pula. Oh iya, harganya juga beda tipis.


  • Topik utama: Macam-Macam SSD atau Jenis-Jenis SSD

Itulah tadi pembahasan mengenai macam-macam SSD, varian SSD atau level-level SSD berdasarkan besar kapasitasnya. Terima kasih sudah mampir, dan semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan •
Mengenal SSHD, Inovasi Baru Gabungan dari SSD dan HDD

Tinggalkan Balasan