Jenis-jenis Chipset Snapdragon yang Digunakan Oleh Smartphone

in , , ,
Jenis jenis chipset snapdragon, tipe tipe snapdragon dan macam macam prosesor android by teknodaim

Ada macam-macam Prosesor Android yang banyak digunakan saat ini. Beberapa diantaranya juga terus dikembangkan guna mendapatkan performa lebih baik. Artikel ini membahasnya, yaitu jenis-jenis Chipset Snapdragon atau tipe-tipe Snapdragon.

Snapdragon adalah Sebelumnya Chipset yang mendukung sistem operasi Android tersebut bukanlah disebut Snapdragon. Dan lahir pertama kali di tahun 2007 lalu.

Diciptakan oleh Qualcomm, teknologi tersebut mulai dikembangkan hingga menghasilkan generasi-generasi baru termasuk yang sangat sering digunakan di industri mobile saat itu yaitu Snapdragon. Bagi pengguna Xiaomi pasti akrab deh.

Jenis-Jenis Snapdragon

Vendor raksasa yang menggunakan teknologi Chipset ini sendiri ada seperti Xiaomi, Asus, LG, Vivo, Oppo, Samsung dan Huawei. Kini, seri atau inovasi baru Chipset tersebut terus hadir. Berikut adalah urutan mulai dari yang lebih lawas:

1. Snapdragon S Series

Jenis jenis chipset snapdragon tipe tipe snapdragon dan macam macam prosesor android by teknodaim
Gambar: Jenis-jenis Snapdragon

Sesuai dengan urutannya, S Series adalah Snapdragon ciptaan generasi pertama yang dikembangkan mulai tahun 2007 lalu. Teknologi Chipset ini kemudian mulai di uji coba dan digunakan Android setahun kemudian yaitu pada tahun 2008.

Beberapa smartphone yang menggunakan teknologi ini adalah seperti Samsung Galaxy Young dan Galaxy Trend Life. Karena adalah Chipset ini adalah pertama, jadi performanya sudah pasti jauh sekali dengan yang digunakan Android sekarang.


2. Snapdragon 200 Series

Jenis jenis chipset snapdragon tipe tipe snapdragon dan macam macam prosesor android by teknodaim 1
Gambar: Jenis-jenis Snapdragon

Setelah S Series, jenis-jenis Chipset Snapdragon selanjutnya adalah 200 Series, dan masih tergolong ke macam-macam Prosesor Android lawas. Teknologi ini dikembangkan Qualcomm di tahun 2013 dan terbagi ke 4 seri.

Snapdragon 200 menjadi pengembangan Chipset kelas low entry awal setelah kemudian berhasil melahirkan Snapdragon berikutnya yang lebih baik.

Salah satu produk smartphone yang menggunakan teknologi ini adalah Samsung Galaxy Win dan HTC Desire 700. Seri 200 ini kemudian melahirkan kelas baru meliputi Snapdragon 205, Snapdragon 208, Snapdragon 210 dan Snapdragon 212.

Namun Snapdragon 200 Series sudah di Discontinue atau tidak lagi di produksi sejak 2018.


3. Snapdragon 400 Series

Gambar: Jenis-jenis Snapdragon

Tipe-tipe Snapdragon berikutnya adalah 400 Series, yaitu Chipset yang digunakan pada smartphone kelas menengah dengan performa yang sudah cukup layak.

Chipset ini dirakit dengan arsitektur ARM Cotex A7 yang Support untuk Grafis HD. Banyak sekali seri untuk Chipset generasi ini, meliputi Snapdragon 410, 412, 415, 425, 427, 430, 435, 429, 439, dan 450. Chipset ini sendiri terus masih di produksi.


4. Snapdragon 600 Series

Gambar: Jenis-jenis Snapdragon

Qualcomm berlanjut lagi dengan inovasi ke Chipset Snapdragon seri 600, yaitu teknologi yang menghadirkan performa yang sudah terbilang tinggi di kelas ponsel.

Cukup banyak juga varian keluarga seri yang satu ini, karena untuk kualitas game Chipset ini ada di tengah-tengah dengan performa yang tentunya sudah cukup tinggi. Jenis-jenis Snapdragon saja memang sangat banyak, apalagi produknya.

5. Snapdragon 700 dan 800 Series

Gambar: Jenis-jenis Snapdragon

Di sisi lain, Qualcomm mengumumkan generasi baru untuk Chipset Snapdragon di tahun lalu yaitu seri 700. Tiga Snapdragon 700 Series diumumkan, masing-masing adalah seri 710, 712, dan Snapdragon 730. Seri 700 saat ini menduduki kasta atas.

Smartphone keluaran baru yang menggunakan Chipset Snapdragon 700 Series adalah Samsung Galaxy A80 dengan Snapdragon 730. Salah satu HP terbaik saat ini.

Sedangkan Snapdragon 800 Series, hadir sebagai bumbu manis untuk smartphone kelas atas sebagai Chipset dengan performa terbaik saat ini. Performa dan fitur yang ada pada teknologi ini memang patut dibilang sudah mempuni dan sangat Worth It untuk para Gamers terutama yang hobi bermain game PUBG Mobile.

Snapdragon 800 Series yang bertaring diantaranya adalah seri 820 dan 821, 845 dan Snapdragon 855. Ada seri 800 lainnya yang terbilang produk gagal karena punya kekurangan yang bisa terbilang fatal, diantaraya adalah seri 808 dan 810.


Itulah tadi beberapa tipe-tipe Snapdragon mulai dari pertama kali diciptakan hingga yang terbaru saat ini. Seri berapa nih yang kamu sukai atau kamu gunakan saat ini? Coba kasih tau Teknodaim di kolom komentar. Sekian dan semoga bermanfaat.

What do you think?