3 Jenis Hard Disk yang Biasa Digunakan Pada Komputer dan Laptop

in ,
Jenis jenis hard disk by teknodaim

Menentukan Hard Disk terbaik untuk digunakan pada komputer atau laptop tentu sangat penting. Karena Hardware tersebut punya pengaruh yang besar akan sistem operasi yang digunakan pula. Maka dari itu pahami apa saja jenis-jenis Hard Disk.

3 Jenis Hard Disk

Kemunculan SSD memang nyaris menggeser fungsi Hard Disk sebagai penyimpanan sistem operasi seperti Windows. Namun karena SSD relatif punya harga yang lebih mahal, maka HDD atau Hard Disk bisa digunakan untuk penyimpanan eksternal.

1. Parallel Advanced Technology Attachment (PATA)

Jenis jenis hard disk by teknodaim 1

Jenis HDD yang pertama adalah PATA, yaitu Hard Disk yang menggunakan teknologi konektor Parallel Advanced. Hard Disk ini tergolong jenis Hard Disk yang sering digunakan oleh komputer lawas. Jenis-jenis Hard Disk jaman dulu.

HDD Pata membutuhkan 40 hingga 80 kawat kabel yang tersambung ke 40 pin konektor untuk dapat menjalnkan transfer data. Penyimpanan ini sendiri dikembangkan bertahap oleh Western Digital sejak tahun 1994 hingga tahun 2000.


2. Serial Ata (SATA)

Jenis jenis hard disk by teknodaim

Merupakan pengembangan dari generasi sebelumnya, SATA adalah jenis Hard Disk yang punya interface lebih modern dan jauh lebih baik. Kabel yang dibutuhkan lebih tipis dan memudahkan pemasangannya ke komputer atau laptop.

Selain itu, tekonologinya juga lebih meningkat. SSD SATA mampu melakukan transfer dengan kecepatan mencapai 150 Mbps dengan kabel konektivitasnya yang memerlukan 15 pin konektor saja. Bisa dibilang ini Hard Disk kelas medium.


3. Small Computer System Interface (SCSI)

Jenis jenis hard disk by teknodaim 3

Terakhir ada sebuah perangkat penyimpanan yang tak jauh berbeda dengan SATA. SCSI adalah jenis Hard Disk yang biasa digunakan oleh komputer server, serta punya kecepatan yang cukup baik yaitu mencapai 140 Mbps. Ultra-3 adalah versi terbaru.


Baca Juga:


Itulah tadi beberapa jenis HDD atau Hard Disk yang ada mulai sejak jaman Old hingga sekarang. Meskipun sudah ada teknologi SSD, jangan lupakan jasa HDD ya teman-teman. Kalau ada tanggapan, tulis deh di kolom komentar. Semoga bermanfaat.


Referensi: Carisinyal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *