5 Cara Merawat Processor PC yang Baik dan Wajib Kamu Terapkan Agar Tahan Lama!

in ,
Cara merawat prosesor pc yang baik dan benar by teknodaim

Cara Merawat Processor PC & Menjaga Kesehatan Processor – Salah satu komponen inti dalam rakitan PC atau komputer adalah Processor, yang merupakan komponen otak pengendali operasi dan kinerja pada sistem PC.

Kinerja komputer akan semakin baik jika kecepatan Mhz atau Mega Heartz dan Ghz (Giga Heartz) suatu prosesor semakin besar. Tentunya, prosesor yang mampu bekerja maksimal sangat berguna untuk penggunaan PC pengguna.

Apa Itu Prosesor?

Prosesor atau Processor adalah komponen komputer memiliki pera atau fungsi untuk memproses data dan mengontrol sistem di komputer. Sama seperti manusia, PC atau perangkat serupa punya yang namanya otak.

Jika kamu ingin tahu yang mana otaknya PC, jawabannya adalah prosesor. Kesimpulannya adalah prosesor bekerja untuk menghitung serta menjalankan perintah-perintah yang dibuat oleh pengguna komputer.

Layaknya sebuah mesin dimana kinerjanya harus dibantu oleh komponen-komponen lain, prosesor juga memerlukan hal tersebut seperti Mobo atau Motherboard, RAM, dan komponen pendukung lainnya.

Setiap komponen, sudah disediakan Socket masing-masing yang terhubung ke PSU atau Power Supply dan juga Mobo pada PC. prosesor juga ternyata bisa diganti dengan jenis dan tipe lain-lain, tapi harus sesuai dengan socket Motherboard.

Cara Merawat Prosesor yang Baik dan Benar

Perawatan adalah hal yang diperlukan terhadap prosesor, bila kamu ingin komponen tersebut awet dan tahan dalam jangka yang panjang. Jika komponen ini sampai rusak, maka PC kamu dipastikan tidak dapat beroperasi bahkan dinyalakan.

1. Gunakan Thermal Paste

Cara merawat prosesor pc yang baik dan benar by teknodaim 1
Gambar: GND Tech

Tips menjaga kesehatan processor yang dianjurkan pertama adalah wajib menggunakan cairan kental mirip pasta yang ditempelkan pada bagian prosesor.

Cairan ini sendiri digunakan untuk meningkatkan konduktivitas termal antara dua permukaan dengan mengisi celah-celah mikroskopis.


Baca Juga:


Cek Suhu Prosesor

Cara merawat prosesor pc yang baik dan benar by teknodaim
Gambar: Softonic

Tentunya, salah satu antisipasi yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah prosesor kamu masih sehat atau tidak adalah dengan melakukan pengecekan suhu pada komponen tersebut. Cek apakah suhu-nya masih stabil atau tidak.

Ada banyak Software gratis yang dapatkamu gunakan untuk melakukan pengecekan suhu pada prosesor. Ini adalah salah satu cara merawat processor PC yang utama. Poin berikutnya juga adalah alternatif untuk menjaga suhu.


Pasang Fan dan Heatsink Berkualitas

Cara merawat prosesor pc yang baik dan benar by teknodaim 2
Gambar: Teknobos

Perubahan suhu berpengaruh oleh Fan dan Heatsink yang digunakan ada prosesor. Pastikan kamu sudah memilih Fan dan Heatsink processor yang kualitasnya baik. Jangan berpikir untuk menggunakan yang asal-asalan.


Membersihkan Bagian Dalam Casing

Cara merawat prosesor pc yang baik dan benar by teknodaim 3
Gambar: Alexander Urinovsky

Poin berikutnya yang dimaksud adalah membersihkan CPU, mulai dari bagian casing luar dan juga perawatan wajib dengan membersihkan debu-debu yang melekat pada komponen dalam secara rutin. Apalagi kotoran di bagian Socket.


Gunakan Fan Alternatif

Cara merawat prosesor pc yang baik dan benar by teknodaim 4
Gambar: Newegg

Cara menjaga kesehatan prosesor terakhir dalam daftar ini adalah dengan memasang kipas tambahan. Mungkin kamu perlu melakukan modifikasi pada CPU, dengan menambah kipas tambahan yang membantu mengatur suhu komponen-komponen PC agar tetap stabil.


Itulah tadi beberapa tips menjaga kinerja prosesor pada perangkat yang menggunakannya dengan baik dan wajib kamu terapkan, jika mau prosesor PC di rumah tetap bekerja dengan baik serta tahan lama dalam jangka panjang.


Referensi: Gawai, Indoworx

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *