10 Cara Merawat Hard Disk yang Benar Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

in ,
Cara merawat hard disk dengan benar by teknodaim

Cara Merawat Hard Disk Agar Awet, Apa itu Hard Disk – Selain Prosesor, RAM dan Power Supply, komponen yang tak kalah penting lainnya adalah HDD atau Hard Disk. Cara mencegah kerusakan Hard Disk memang sangat diperlukan.

Hardware yang merupakan bagian penting dari PC ini sendiri utamanya memiliki fungsi sebagai penyimpanan data. Hard Disk atau HDD harus punya kesehatan yang baik.

Apa itu Hard Disk?

HDD atau Hard Disk Drive adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang digunakan untuk menyimpan dan mengambil informasi digital menggunakan cakram atau juga yang disebut disk yang dilapisi oleh bahan magnetik.

Selain itu, apa fungsi Hard Disk? HDD adalah hardware yang memiliki fungsi utama sebagai alat yang menyimpan data digital. Mulai dari dalam berbentuk dokumen, gambar, musik, video, program, prefensi, dan bahkan sistem operasi komputer seperti Windows.

Pengguna akan kehilangan segalanya jika HDD mengalami kerusakan. Jika sudah paham dengan fungsi atau pengertian Hard Disk, mari lanjut ke cara merawatnya.

Perawatan yang Bisa Dilakukan Terhadap HDD

Cara merawat hard disk dengan benar by teknodaim 9

Bayangkan jika Hard Disk yang kamu gunakan pada komputer atau PC kamu mengalami kerusakan, kamu sudah kehilangan Storage serta data-data penting milikmu sendiri bahkan data titipan dari orang lain jika ada.

  • Penting

Salah satu masalah yang paling ditakuti adalah HDD mengalami Badsector, dimana kesehatan (Health) dari Hardware tersebut menurun dan menandakan HDD nyaris sudah tak layak lagi untuk digunakan. Berikut cara mencegahnya:


Baca Juga:


1. Jangan Terlalu Banyak Mencabang Partisi

Cara merawat hard disk dengan benar by teknodaim 1
Gambar: Jalantikus

Semakin kesini, semakin banyak kebutuhan pengguna PC terhadap kapasitas penyimpanan yang diperlukan termasuk memerlukan HDD dengan kapasitas yang besar. Biasanya para pengguna akan membagi menjadi beberapa partisi.

Membagi partisi biasanya dilakukan agar pengguna lebih mudah dalam mengorganisir file, sekitar 2 sampai 3 partisi saja sudah cukup.

Jangan sampai melebihi kebutuhan karena dapat menyebabkan kemampuan read dan write Hard Disk juga menjadi terbagi, sehingga bisa memicu perlambatan dan mulai merusak sistem dari HDD. Cukup buat jumlah partisi yang diperlukan saja.


2. Rutin Melakukan Defrag

Cara Mencegah Kerusakan Hard Disk – Defrag adalah salah satu cara merawat Hard Disk yang tepat, karena proses fragmentasi akan membuat kesehatan HDD terjaga dengan pembersihan data-data sisa yang tidak diperlukan.


3. Proses Shut Down Harus Benar

Cara merawat hard disk dengan benar by teknodaim
Gambar: Lifehacker

Berikutnya, adalah perlunya mematikan perangkat atau PC dengan cara yang benar ketika sudah tak akan menggunakannya lagi.

Mematikan perangkat secara tiba-tiba dapat memicu kerusakan pada sistem Hard Disk bahkan dapat membuat tingkat kesehatannya menjadi 0 dan eror. Listrik padam tiba-tiba juga bahaya loh bagi HDD.


4. Penempatan PC yang Tepat

Cara merawat hard disk dengan benar by teknodaim 3
Gambar: ITP

Tips selanjutnya adalah hindarkan perangkat dari guncangan atau benturan, karena hal tersebut dapat menyebabkan Hard Disk yang sedang bekerja eror tiba-tiba akibat gangguan yang menyebabkan socket sambungannya goyang.


5. Hindari Main Laptop di Kasur

Bagi kamu pengguna laptop, cobalah untuk menghindarkan penggunaan laptop di kasur. Hal ini dikarenakan tersedia sistem sirkulasi udara pada laptop, yang berguna agar energi panas yang dihasilkan keluar.

Sistem sirkulasi udara yang umumnya terletak di bagian bawah tentunya tidak akan berfungsi dengan baik bahkan dapat menyebabkan overheat jika diletakan di kasur. Ini juga bisa meramban atau memicu kerusakan komponen lain loh.


6. Hindari Penempatan di Bidang Datar

Gambar: Wikihow

Ini cuman versi lain dari poin sebelumnya, jadi tidak disarankan meletakan laptop di bidang datar seperti meja dan benda serupa lainnya. Alasannya sama, karena dapat menganggu sistem sirkulasi udara yang terdapat pada perangkat.


7. Beri Space atau Ruang Pada HDD

Gambar: CrystalTuts

Sederhananya jangan membiarkan Hard Disk sampai benar-benar penuh, jadi jika sudah mentok dan menyisakan beberapa ruang saja, ada baiknya untuk melakukan upgrade kapasitas yang lebih besar. Ruang kosong tersedia hanya sedikit akan membuat kinerja dari HDD menjadi semakin berat dan keras.


8. Kosongkan Recycle Bin

Banyak sekali pengguna yang mengabaikan sampah atau data-data bekas ataupun file yang sudah tak digunakan lagi namun tetap disimpan di HDD. Biasanya pengguna yang menghapus data dan meninggalkan di Recycle Bin, tetap akan terus membiarkannya dalam beberapa waktu yang cukup lama.

File sampah yang menumpuk tersebut juga berdampak terhadap HDD, Hardware ini akan bekerja lebih berat dari biasanya.


9. Cegah HDD Jangan Sampai Overheat

Kemudian, hal yang harus kamu lakukan untuk menjaga kesehatan Hard Disk adalah jangan membiarkannya sampaio verheat. Pantau secara berkala jangan sampai suhu HDD melebihi panas normalnya. Carilah alternatif pihak ketiga berupa software khusus yang menyediakan fitur memastikan suhu HDD.


10. Scanning HDD dengan Antivirus

Tips terakhir dalam daftar adalah pasang antivirus dan rutin melakukan scanning virus pada HDD, upaya ini dilakukan agar Hard Disk aman dari virus berbahaya dan serangan malware.


Itulah tadi sepuluh tips bagaimana cara merawat Hard Disk dengan baik dan benar yang dapat kamu lakukan. Semoga dengan artikel ini, kalian paham tentang resiko dan akibat jika lalai membiarkan HDD bekerja tanpa ditinjau sekalipun.


Referensi: Mastekno, Jejakwaktu

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *