Berikut 4 Cara Mendeteksi Apakah Hard Disk Dalam Keadaan Sehat Atau Tidak

in , , ,
Cara mengetahui kesehatan hard disk dan cara cek health hard disk by teknodaim

HDD atau Hard Disk adalah salah satu komponen atau Hardware yang sangat penting pada komputer dan perangkat serupa. Itulah pentingnya untuk paham cara mengetahui kesehatan Hard Disk atau cara cek Health Hard Disk yang benar.

Apalagi bagi yang menyimpan sistem operasinya di HDD, maka akan lebih bahaya lagi jika perangkat keras tersebut mengalami kendala atau masalah. Setiap Hard Disk memiliki masa atau umurnya masing-masing, tergantung penggunaan juga.

4 Cara Cek Kesehatan Hard Disk

Hard Disk Drive adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang digunakan untuk menyimpan dan mengambil informasi digital menggunakan cakram atau juga disebut Disk yang dilapisi oleh bahan Magnetik. Berikut cara mendeteksi kesehatannya:

1. Software Cek Kesehatan dari Vendor

Cara mengetahui kesehatan hard disk dan cara cek health hard disk by teknodaim 1

Cara mengetahui kesehatan Hard Disk dasar yang pertama adalah dengan menggunakan Tools pabrikan dari Hard Disk yang digunakan. Maka dari itu, cek dan kenali terlebih dahulu merk dan model Hard Disk yang kamu gunakan.

Jika kamu menggunakan HDD dari vendor Seagate, Silahkan Klik Disini. Unduh dan instal software tersebut, kemudian maka diagnostik atau kesehatan perangkat tersebut akan tertulis. Cara cek Health Hard Disk sederhana dan juga sangat mudah.


2. Cek dengan Windows CHKDSK

Cara mengetahui kesehatan hard disk dan cara cek health hard disk by teknodaim 2

Metode berikutnya adalah metode sederhana yang bahkan dapat dilakukan tanpa koneksi internet, karena cara ini menggunakan alat bawaan dari OS Windows sendiri. Berikut cara cek kesehatan Hard Disk dengan menggunakan Windows CHKDSK:

  • Klik kanan Hard Disk yang ingin di cek, misalnya Local Disk E:
  • Kemudian pilih opsi Properties dan pilih Tools.
  • Lanjutkan dengan klik pilihan bertuliskan Check.
  • Jika HDD dalam keadaan baik, maka proses pemindaian akan selesai dengan cepat dan muncul pesan bahwa tidak ada problem atau masalah pada Hardware tersebut.

3. Cek dengan Command Prompt

CMD memang memiliki banyak fungsi, termasuk bisa digunakan untuk mengetahui kondisi sebuah Hard Disk. Kita bisa menggunakan metode perintah WMIC, berikut tahapan cara cepat untuk mengetahui kesehatan sebuah Hard Disk:

  • Buka CMD dengan klik Start > Pencarian > Ketik CMD > Enter.
  • Atau buka CMD dengan tekan tombol Windows + R bersamaan pada keyboard.
  • Sekarang, ketik perintah wmic dan tekan Enter.
  • Setelah itu silahkan ketik diskdrive get status > Tekan Enter.
  • Kemudian status atau kondisi vital Hard Disk akan terlihat.

4. Cek dengan HDD Sentinel

Cara terakhir yang menjadi alternatif dari ketiga cara diatas adalah menggunakan sebuah software bernama HDD Sentinel. Tools ini bahkan juga bekerja terhadap Solid State Drive alias SSD. Untuk menggunakan HDD Sentinel, silahkan Download Disini.

Software tersebut adalah tools tipe berbayar, jadi kita hanya bisa menggunakannya dalam beberapa waktu saja. Jika Trial habis, berarti fitur akan terbatas dan wajib melakukan pembayaran agar bisa menggunakannya secara normal lagi.

Untuk mengetahui kesehatan HDD dan SSD dengan software tersebut, tinggal Download kemudian Instal. Setelah itu buka dan informasi kesehatan secara rinci bahkan spesifik akan tampak jelas di HDD Sentinel. Ini benar ampuh, silahkan mencoba.


Baca Juga:


Itulah tadi beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai cara cek kesehatan Hard Disk yang baik, agar tak terkena metode yang salah. Sekian dan semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan •
Cara Memberi Password Pada Flashdisk dengan Mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *