Mengenal AI (Artificial Intelligence) dan Fungsinya, Kecerdasan Buatan Manusia

in ,
Apa itu ai dan apa itu artificial intelligence by teknodaim

Setelah teknologi seperti komputer, smartphone Android dan berbagai alat canggih lainnya hadir di kehidupan manusia, kini sudah ada robot canggih buatan manusia yang termasuk AI. Apa Itu AI (Artificial Intelligence), mari kita bahas.

AI adalah salah satu inovasi besar yang termasuk ke pengembangan mesin canggih dan pastinya akan terus berkembang. Apalagi jika sudah layak untuk dimasukan ke pasaran, tentu akan banyak sekali dampak dan perubahan nanti.

Mengenal Apa Itu Artificial Intelligence

AI atau Artificial Intelligence adalah kecerdasan buatan yang diciptakan dari database, memori dan juga teknologi sensor buatan dan rancangan manusia. AI biasanya diciptakan dengan bentuk menyerupai manusia alias robot bergerak.

Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan awalnya muncul pada tahun 1951, dimana saat itu AI diciptakan untuk menjalankan mesin bernama Ferranti Mark 1, yang di lakukan di University of Manchester. Yang kemudian terus berkembang.

Tahukah kamu, sistem operasi yang digunakan pada komputer dan smartphone seperti Windows dan Android, adalah salah satu kecerdasan buatan atau AI.


Fungsi AI

Robot Canggih Buatan Manusia atau Apa itu AI by Teknodaim
Gambar: Forbes

AI bukan hanya hal-hal seperti robot canggih buatan manusia saja, tetapi meliputi sistem yang saat ini sudah digunakan oleh berbagai perusahaan besar. Salah satunya adalah kecerdasan buatan yang ada pada Google Asisten dari Google.

Respon dari mesin pencari yang menampilkan berbagai situs atau apapun yang bisa kamu temukan di internet, adalah salah satu bentuk perwujudan AI. Pada Windows 10, ada yang namanya Cortana. Fitur tersebut juga termasuk wujud AI.

Cortana dapat digunakan layaknya seperti asisten virtual pribadi. Jadi jika ada yang bertanya apa itu AI, jawabannya bukanlah hanya sekedar robot-robot saja. Tetapi sudah digunakan oleh kita para manusia sekarang ini termasuk saya juga.


Contoh lainnya seperti gim saat ini seperti PUBG, Free Fire, Mobile Legends dan lainnya juga termasuk ke dalam AI atau Artificial Intelligence. AI juga terlibat ke dunia pendidikan seperti misalnya eLearning atau pembelajaran lewat internet.

Kemudian di industri perfilman, ada Green Screen atau efek CGI yang juga termasuk ke dalam Artificial Intelligence. Sekian dan semoga bermanfaat.

What do you think?