Teknodaim

    Meskipun Penjualan PlayStation Portal Dikritik, Produk Tetap Laku

    Meskipun mendapatkan kritik, Playstation Portal ternyata memiliki permintaan yang tinggi. Kok bisa?

    Ketika Sony mengumumkan PlayStation Portal kepada masyarakat, banyak pemain game yang bingung karena sebenarnya ini adalah mesin streaming game Playstation 5, bukanlah handheld baru dengan sistem yang berbeda.

    Hal itu terasa seperti sebuah barang yang hanya mencari sensasi dan tidak berguna, sehingga tidak perlu ada di pasar, terlebih lagi saat ada produk-produk sukses seperti Nintendo Switch dan Steam Deck.

    Oleh karena itu, banyak yang memperkirakan bahwa ini akan menjadi kesalahan baru dari Sony yang siap untuk mengganggu keuangan mereka lagi. Namun, siapa yang menyangka, data sebenarnya menunjukkan sebaliknya. Perangkat ini ternyata sukses terjual dengan baik.

    Baca Juga: 7 Game Console yang Pernah Merajai Pasar, Kepoin, Yuk!

    Sony belum memberikan pernyataan resmi mengenai jumlah total unit PlayStation Portal yang telah mereka distribusikan secara global. Namun berdasarkan data dari lembaga analisis pasar Circana (NPD), perangkat ini sangat populer di pasar Amerika Serikat.

    BACA JUGA:  Begini Cara Memainkan Game PS4 di PS5

    Pada bulan Februari 2024 yang lalu, Playstation Portal mencatat prestasi sebagai aksesoris gaming yang paling banyak peminatnya berdasarkan jumlah pendapatan yang terkumpul.

    Platform tersebut berhasil menggerakkan peningkatan penjualan aksesoris gaming sebesar 25% di Amerika Serikat. Fakta ini juga sesuai dengan pernyataan sebelumnya dari Sony yang mengakui bahwa penjualan PlayStation Portal melebihi harapan mereka.

    Saat ini, PS Portal menjadi pilihan utama bagi para gamer yang memiliki keluarga dan televisi mereka sering dikuasai oleh anak-anak atau istri mereka. Juga cocok bagi gamer yang ingin bermain di luar ruang tamu untuk menghadirkan suasana berbeda.

    Baca Juga: Penurunan Harga PlayStation 5 di Indonesia pada Maret 2024

    Sekilas tentang PlayStation Portal

    Meskipun Penjualan PlayStation Portal Dikritik, Produk Tetap Laku

    PlayStation Portal adalah sebuah perangkat genggam yang mempunyai perbedaan dengan konsol game reguler, karena rancangannya secara khusus untuk memainkan game PlayStation 5 (PS5) melalui streaming.

    BACA JUGA:  13+ Rekomendasi Game PS2 Multiplayer Terbaik, Bikin Nostalgia!

    Secara sederhana, pengguna perangkat ini tidak memiliki kemampuan untuk mendownload dan menginstal game di perangkat mereka. Mereka hanya bisa memainkan game yang sudah terpasang di PS5 mereka melalui koneksi internet.

    Dari segi desain, perangkat pelengkap PS5 ini memiliki tampilan yang mirip dengan Nintendo Switch. PS Portal mempunyai layar besar yang diapit oleh dua sisi gamepad atau controller.

    Dalam hal desain, perangkat tambahan PS5 ini memiliki penampilan yang serupa dengan Nintendo Switch. PlayStation Portal memiliki layar yang besar yang dikelilingi oleh dua controller.

    Layar LCD tersebut memiliki ukuran 8 inci dan mampu menampilkan gambar dengan kualitas 1.080 piksel dan frame rate 60 FPS. Panel ini lengkap dengan touchpad virtual yang dapat terakses dengan mengetuk bagian bawah layar.

    Untuk gamepad, PlayStation Portal memiliki stik PS5 yang mendukung efek getaran haptic feedback dan adaptive triggers, sehingga memberikan respons seperti ketika menggunakan busur panah dalam permainan.

    BACA JUGA:  10 Game Virtual Reality Terbaik Sejauh Ini (Update 2020)

    PlayStation Portal juga memiliki fitur PlayStation Link, yang menggunakan teknologi nirkabel untuk mengurangi keterlambatan dan menyediakan audio tanpa kehilangan kualitas.

    Selain itu, terdapat juga jack audio 3,5 mm. Namun, PlayStation tidak memiliki koneksi Bluetooth, sehingga pengguna tidak dapat menggunakan headphone nirkabel atau perangkat serupa. Sony belum mengungkapkan fitur lainnya, seperti kapasitas daya baterai.

    Untuk harga PlayStation Portal, handheld gaming ini dibanderol harga 199.99 dollar AS (sekitar Rp 3 juta).

    Baca Juga: Konsol Game Handheld Legion Go Terjual Habis di Indonesia, Lenovo Akan Restock

    Game KonsolPlaystationPlayStation Portal

    Related Posts