Teknodaim

    7 Game Console yang Pernah Merajai Pasar, Kepoin, Yuk!

    Ini dia ada 7 daftar game console yang pernah merjai pasar di tahun sebelum 2000-an. Tepatnya, sebelum PS 5, Nintendo Switch ada.

    Ilustrasi Konsol Game ( Youngontop)

    Ilustrasi Konsol Game ( Youngontop)

    Game console atau konsol game seperti PlayStation 5, Nintendo Switch, dan Xbox Series sedang booming saat ini. Mungkin kamu sudah punya salah satu dari mereka atau sedang mengumpulkan uang untuk membelinya. Konsol-konsol ini memang menjadi pilihan utama para pemain game sekarang.

    Namun, sebelum tahun 2000-an, terdapat lebih banyak pilihan game console yang beragam. Namun sayangnya, saat ini hanya ada beberapa merek yang mampu bertahan. Padahal, konsol-konsol ini pernah menjadi yang terlaris pada masanya, loh!

    1. Game Console Atari 2600

    7 Game Console yang Pernah Merajai Pasar, Kepoin, Yuk!
    Atari 2600 (Amazon.com)

    Pada tahun 1977, Atari mendominasi pasar game dan tidak ada pesaing yang dapat mengalahkannya. Konsol Atari 2600 menjadi produk unggulan mereka yang berhasil terjual sekitar 30 juta unit. Angka penjualan ini cukup mengesankan mengingat banyak negara pada waktu itu mengalami ketidakstabilan ekonomi.

    Atari 2600 dapat dianggap sebagai perubahan besar dalam industri hiburan. Sebelumnya, orang harus pergi keluar rumah untuk menikmati hiburan. Tetapi dengan hadirnya konsol Atari 2600, mereka tidak lagi perlu keluar rumah dan dapat menikmati hiburan langsung dari rumah.

    BACA JUGA:  5 Mod Game The Sims 4 Terbaik Tahun 2024

    Pada akhirnya, Atari kalah dalam persaingan dengan Sony dan Nintendo. Namun, keberadaan konsol Atari tetap menjadi bagian penting dalam sejarah game yang paling ikonik sepanjang masa.

    2. Game Console Nintendo 64

    7 Game Console yang Pernah Merajai Pasar, Kepoin, Yuk!
    Nintendo 64 (Goomba Stomp Magazine)

    Meskipun perusahaan Sony memiliki PlayStation 1 yang kuat, Nintendo tidak tinggal diam dan memperkenalkan Nintendo 64 sebagai pesaing. Konsol ini dirilis pada tahun 1996, dua tahun setelah PlayStation 1 dirilis.

    Meskipun penjualan Nintendo 64 masih kalah populer, dengan sekitar 32 juta unit terjual, konsol ini berhasil melahirkan beberapa game eksklusif yang sangat terkenal, seperti The Legend of Zelda: Ocarina of Time dan Super Mario 64.

    3. Game Boy

    7 Game Console yang Pernah Merajai Pasar, Kepoin, Yuk!
    Konsol Game Boy (Games Radar)

    Game Boy merupakan konsol genggam pertama dari Nintendo yang diluncurkan pada tahun 1989. Konsol ini menciptakan kehebohan di seluruh dunia dan berhasil terjual sekitar 118 juta unit.

    Mungkin kamu belum pernah merasakan langsung Game Boy, tetapi mungkin pernah memainkan game-game di dalamnya melalui emulator. Beberapa game yang terkenal dari Game Boy antara lain Pokemon Red dan Tetris.

    4. Game Console PlayStation 1

    7 Game Console yang Pernah Merajai Pasar, Kepoin, Yuk!
    Game Console PlayStation 1 (Ubuy Indonesia)

    PlayStation 5 adalah hasil pengembangan dari PlayStation 1, yang merupakan generasi awal PlayStation. Game Console ini diluncurkan pada tahun 1994 dan berhasil menjadi produk pertama dari Sony yang sukses bersaing dengan Nintendo. PlayStation 1 berhasil terjual lebih dari 100 juta unit di seluruh dunia.

    BACA JUGA:  Keuntungan Melakukan Top Up Game di Zerotopup.Id

    Bagi generasi milenial yang lahir pada era 90-an, mereka mungkin pernah merasakan betapa revolusionernya PlayStaton 1 di masa itu. Salah satu permainan yang sangat populer yang lahir dari PlayStation 1 adalah Final Fantasy VII, Tekken, Winning Eleven, Mortal Kombat, dan masih banyak lagi. Menurut pendapatmu, permainan mana yang paling berkesan dan ikonik dari konsol ini?

    5. Konsol Sega

    7 Game Console yang Pernah Merajai Pasar, Kepoin, Yuk!
    Konsol Sega (Suara.com)

    Sega Genesis merupakan game console yang cukup asing di Indonesia. Konsol ini diluncurkan pada tahun 1988 sebagai pesaing dari NES dan berhasil terjual lebih dari 30 juta unit. Sega Genesis menggunakan tagline “Sega Does What Nintendon’t” untuk menyampaikan bahwa Sega memberikan hal-hal yang tidak ditawarkan oleh Nintendo.

    Sayangnya, Sega belum berhasil mendapatkan perhatian dari penggemar Nintendo yang setia. Walaupun Sega Genesis memiliki kualitas yang bagus, tetapi tidak bisa mengalahkan kepopuleran NES atau SNES. Salah satu game terkenal dari Sega Genesis adalah Sonic the Hedgehog yang menjadi ikon Sega. Saat ini, Sega tidak lagi menghasilkan game console.

    BACA JUGA:  Hi-Fi Rush, Game Eksklusif Xbox Resmi Hadir di PS5, Harga Terjangkau!

    6. Nintendo Entertainment System

    7 Game Console yang Pernah Merajai Pasar, Kepoin, Yuk!
    Nintendo Entertainment System (Amazon.com)

    Pada tahun 1983, Nintendo meluncurkan NES atau Nintendo Entertainment System. Konsol ini sukses terjual sekitar 61 juta unit. Banyak game populer yang masih ada hingga saat ini yang lahir dari konsol NES, seperti Super Mario, Megaman, dan The Legend of Zelda. Produksi NES akhirnya berhenti pada tahun 2003, 20 tahun setelah diperkenalkan.

    BACA JUGA:

    7. Super Nintendo Entertainment System

    7 Game Console yang Pernah Merajai Pasar, Kepoin, Yuk!
    Super Nintendo Entertainment System (Binus University)

    Setelah kesuksesan NES, Nintendo memutuskan untuk mengupgrade konsol mereka. Pada tahun 1990, mereka merilis Super Nintendo Entertainment System atau SNES. Konsol ini berhasil terjual sekitar 49 juta unit dan menjadi terobosan yang signifikan pada masanya.

    Konsol ini memiliki pembaruan besar pada sistem NES dengan tampilan grafis yang lebih berwarna dan permainan yang lebih dinamis. SNES berhasil mencapai prestasi legendaris sebagai game console yang paling populer sepanjang sejarah. Mungkin kamu belum mengetahuinya, tetapi game Harvest Moon sebenarnya pertama kali dirilis pada konsol ini.

    Itulah 7 game console yang pernah merajai pasar. Sebelum tahun 2000, merupakan masa kejayaan game console di mana banyak perusahaan menciptakan konsol game mereka sendiri. Namun, tidak sedikit dari mereka yang mengalami kegagalan.

    GameGame ConsoleKonsolKonsol GameKonsol Game Jadul

    Related Posts