Teknodaim

    4 NES Emulator Terbaik di Android untuk Bermain Game Klasik

    Berikut 4 rekomendasi NES emulator terbaik yang bisa kamu coba. Dari masing-masing emulator memiliki kelebihan dan kekurangan.

    Ilustrasi Nes Emulator (apkpure)

    Ilustrasi Nes Emulator (apkpure)

    Ketika Nintendo berada di puncak dominasinya dalam dunia konsol, permainan-permainan seperti Super Mario Bros., Mario Kart, The Legend of Zelda, dan Final Fantasy menjadi sangat populer. Kali ini, penulis ingin membahas tentang emulator NES terbaik di Android. NES atau Nintendo Entertainment System rilis di Jepang pada tahun 1984.

    Konsol ini sangat diminati dan laris terjual pada saat itu. Terdapat banyak game populer yang NES tawarkan seperti Super Mario Bros., The Legend of Zelda, Metroid, Mega Man, Castlevania, Donkey Kong, dan Final Fantasy. Banyak sekuel dari game-game tersebut telah NES kembangkan dan masih populer hingga sekarang.

    1. Super8Plus

    4 NES Emulator Terbaik di Android untuk Bermain Game Klasik
    Super8Plus (APKCombo)

    Salah satu emulator NES pertama yang ingin saya bahas adalah Super8Plus. Emulator ini Super Emulation kembangkan dan telah di-downloadlebih dari 50 ribu pengguna di Play Store.

    Emulator ini dapat mendukung ROM dengan format .nes dan .zip, serta memiliki fitur untuk menyimpan dan memuat progres permainan sebelumnya. Selain itu, Super8Plus juga memiliki fitur unik yang bernama ‘Super Rewind’ yang memungkinkan karakter pengguna tetap hidup dalam permainan.

    BACA JUGA:  Emulator Android Ringan untuk Laptop Kentang

    Beberapa fitur tambahan yang Super Emulation sediakan termasuk mendukung hingga 4 pemain secara bersamaan, dengan masing-masing pemain menggunakan kontroler Wi-Fi.

    Selain itu, terdapat opsi untuk mengatur tombol kontrol di dalam permainan, serta opsi untuk mengatur lebar layar dari permainan yang sedang pemgguna mainkan. Dalam hal mode video, perangkat ini mendukung PAL (Eropa) dan NTSC (Jepang dan Amerika Serikat).

    Salah satu kelemahan dari Super8Plus adalah adanya iklan yang mengganggu pengguna. Selain itu, tidak ada ROM yang tersedia untuk dimainkan secara langsung. Dengan kata lain, pengguna harus mengunduh ROM terlebih dahulu untuk memainkan game NES menggunakan emulator ini. Kemungkinan hal ini terkait dengan kebijakan Nintendo yang mungkin tidak diizinkannya.

    2. Nostalgia.NES

    4 NES Emulator Terbaik di Android untuk Bermain Game Klasik
    Nostalgia.NES (Gamingonphone.com)

    Walaupun tidak langsung melibatkan permainan di dalamnya, Nostalgia.NES adalah emulator SNES yang memiliki banyak fitur. Salah satunya adalah fitur ‘Custom Virtual Controller’ yang memungkinkan pengaturan ukuran dan tata letak tombol kontroler virtual.

    Ada juga fitur untuk menyimpan dan mengakses kemajuan permainan, ‘Wi-Fi controller mode’ untuk bermain multiplayer dengan perangkat lain melalui Wi-Fi, dan fitur cheat yang berguna untuk menyelesaikan permainan dengan cepat.

    Selain memiliki fitur yang lengkap, Nostalgia.NES juga memiliki antarmuka pengguna yang ramah dan modern. Emulator ini juga dapat mengatur mode video yang berbeda, seperti mode PAL dan mode NTSC.

    BACA JUGA:  Inilah 10 Emulator Gameboy Terbaik yang Bisa Kamu Coba!

    Selain itu, emulator ini mendukung suara stereo dengan frekuensi 44100 Hz dan dapat kita gunakan dengan keyboard eksternal. Pengguna juga dapat meningkatkan grafik pada ponsel mereka dengan menggunakan OpenGL ES, sehingga memberikan pengalaman bermain yang lebih menyenangkan. Selain itu, Nostalgia.NES juga mendukung ROM dengan format NES dan ZIP.

    3. Emulator Panda NES

    4 NES Emulator Terbaik di Android untuk Bermain Game Klasik
    Emulator Panda NES (Google Play)

    Aplikasi Panda NES adalah sebuah emulator NES yang Panda Gaming Studio buat. Emulator ini memilki rancangan desain untuk mengingatkan penggunanya tentang masa 90an. Saat ini, emulator ini telah di-download lebih dari 1 Juta kali, namun sayangnya juga menampilkan iklan yang mengganggu serta menawarkan pembelian dalam aplikasinya.

    Panda NES memberikan dukungan untuk penggunaan kontroler melalui layar sentuh ponsel, gamepad, dan keyboard. Pengguna juga dapat mengatur tombol-tombol pada kontroler sesuai dengan preferensi mereka.

    Tidak hanya memiliki antarmuka pengguna yang simpel, Panda NES juga klaimnya memiliki mesin yang paling responsif untuk memainkan game-game NES yang ada.

    BACA JUGA:

    BACA JUGA:  Begini Cara Main Super Sus di PC, Game Mirip Dengan Among Us

    4. Emulator Nes Go

    4 NES Emulator Terbaik di Android untuk Bermain Game Klasik
    Logo NES GO (APKCombo)

    Salah satu emulator NES terbaik di Android yang ingin saya bahas kali ini adalah Nes Go. Meskipun masih baru, APK ini sudah di-download 10 ribu pengguna, emulator ini mendapatkan penilaian 4.1 dari 300 pengguna.

    Nes Go tidak menyediakan ROM game NES yang bisa langsung kita mainkan, hanya mendukung format ROM .nes. Namun, sayangnya emulator ini juga menampilkan iklan yang bisa mengganggu.

    Nes Go memiliki kemampuan untuk digunakan dengan kontroler Bluetooth, kontroler layar sentuh, dan joystick D-Pad. Kamu dapat menyesuaikan lokasi, ukuran, dan tingkat transparansi kontrol tersebut. Selain itu, emulator ini juga lengkap dengan fitur untuk mengatur kecepatan permainan, yang bisa memberikan tantangan baru saat bermain.

    Penutup

    Beberapa fitur yang penulis sebutkan dalam masing-masing emulator di atas merupakan sebagian dari fitur yang disediakan oleh setiap emulator. Fitur-fitur ini dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikan mereka. Pengguna dapat mengunjungi Play Store untuk melihat seluruh fitur yang ditawarkan.

    itu dia daftar emulator NES terbaik yang dapat kita gunakan di Android. Penulis sarankan bagi pengguna untuk memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

    EmulatorEmulator GameEmulator NESNESNES Emulator

    Related Posts