Cara Memberi Password Pada Flashdisk dengan Mudah

in , , , , ,
Cara memberi password flashdisk by teknodaim

Cara Memberi Password Flashdisk – Salah satu perangkat keras yang menjadi media penyimpanan andalan saat ini adalah Flashdisk. Flashdisk sendiri adalah drive atau perangkat eksternal yang mempunyai fungsi untuk dapat menyimpan berbagai data mulai dari foto, video, tugas atau sebuah dokumen dan lainnya.

Berbagai brand produk banyak menjual flashdisk dengan kapasitas dan kualitasnya masing-masing di pasaran. Pilih flasdisk terbaik dengan selera dan pilih kapasitas yang sesuai kebutuhanmu. Pastikan juga flasdisk itu asli atau Original.

Cara Mengamankan Data Flashdisk dengan Memasang Password

Data yang disimpan seseorang di dalam flashdisk pasti bermacam-macam dan memiliki tingkat kepentingan masing-masing, termasuk ada data atau file yang bersifat pribadi. Untuk mengamankannya, salah satu cara adalah dengan memasang password atau kata sandi.

Dengan adanya pengamanan tersebut pada flashdisk, maka data pribadi yang bersifat private akan terlindungi dari jangkauan orang lain. Ini bisa dilakukan untuk menghindari pencurian data atau penghapusan sengaja oleh orang lain.


Cara Memasang Kata Sandi atau Password pada Flashdisk

Cara memberi password pada flashdisk by teknodaim

Selain itu, memasang password juga merupakan alternatif untuk menghindari perangkat terjangkit virus. Berikut langkah-langkah memasang password di flashdisk:

  • Colokan flashdisk ke perangkat seperti komputer atau laptop terlebih dahulu.
  • Kemudian pergi ke menu Start dan masuk ke Control Panel.
  • Cari dan pilih System and Security.
  • Selanjutnya masuk ke opsi Bitlocker Drive Encyption.
  • Akan tampak pilihan perangkat mana yang ingin diberi password, pilih flashdisk yang benar kemudian klik Turn on BitLocker.
  • Tunggu proses Starting Bitlockir mulai.
  • Setelahnya akan tampak kolom enter yang disediakan untuk password yang akan kamu masukan.
  • Isilah kolom tersebut dengan kombinasi antara huruf besar, huruf kecil, angka, spasi dan simbol, agar mendapatkan tingkat keamanan tinggi.
  • Jika sudah, klik Next dan pilih Save to a File dan pilih folder penyimpanan password untuk jaga-jaga jika saja terjadi masalah.
  • Lanjut berikutnya, klik Next dan pilih Encrypt Entire Drive.
  • Langkah terakhir, klik Start Encrypt dan proses penguncian atau pemasangan password akan dimulai.

Untuk Pengguna Windows 10:

Jika kamu adalah pengguna Windows 10, OS terbaru dari Microsoft yang dibekali oleh fitur yang baru pula. Ada cara yang lebih simpel dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Masuk ke menu Start atau tekan tombol berlogo Windows di keyboard.

Cara memberi password flashdisk by teknodaim
Cara memberi password flashdisk by teknodaim

Setelah itu ketik atau Copy Paste kata Bitlocker, klik Manage Bitlocker dan pilih Turn on Bitlocker. Setelah itu kamu akan masuk ke sesi pemasangan password.


Baca Juga:


Itulah tadi Tutorial cara memberi password flashdisk. Jika ada yang kurang jelas atau masih belum bisa dimengerti, sampai ke Teknodaim di kolom komentar. Sekian artikel mengenai cara mengamankan data flashdisk, semoga bermanfaat.


Referensi: Mas Tekno