Teknodaim.com

8 Perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3, Mana yang Lebih Gahar?

8 Perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3 yang Harus Kamu Tahu Sebelum Beli
8 Perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3 yang Harus Kamu Tahu Sebelum Beli

Pilih POCO X3 NFC atau POCO M3? dari pada terus-terusan ragu, mending kamu baca dulu apa-apa saja perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3 lewat artikel yang Teknodaim bagikan ini. Dari pada penasaran, yuk langsung saja simak berikut ulasan lengkapnya.

Perbedaan yang Teknodaim bahas ini sendiri beragam, mulai dari spesifikasi yang ditawarkan, desain, tampilan, varian dan berbagai hal lainnya yang membuat kedua smartphone ini menjadi saingan.

Yap, memang POCO X3 NFC dan POCO M3 memiliki harga yang jauh berbeda, yaitu POCO X3 NFC dijual sekitar Rp 3 jutaan dan POCO M3 dijual sekitar Rp 1 jutaan. Namun, karena banyak orang yang bimbang ingin memilih smartphone yang mana, oleh karena itulah disini Teknodaim akan membahas perbedaan kedua smartphone anak dari perusahaan Xiaomi ini.

8 Perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3

Perbedaan Poco X3 Nfc Dan Poco M3
Perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3 | Tuexpertomovil.com

Nah, jadi bagaimana, apakah kamu penasaran terhadap pembahasan Teknodaim kali ini? Jika iya, tunggu apa lagi, berikut perbedaan smartphone yang saat ini banyak dibeli oleh orang-orang, yaitu POCO X3 NFC dan POCO M3 yang harus kamu ketahui terlebih dahulu sebelum membelinya!

Spesifikasi POCO X3 NFC dan POCO M3

POCO X3 NFCSPESIFIKASIPOCO M3
6,67 inciUkuran Layar6,53 inci
1080×2400 pikselResolusi Layar1080×2340 piksel
Android 10, MIUI 12Sistem OperasiAndroid 10, MIUI 12
Snapdragon 732GChipsetSnapdragon 662
6GBRAM4GB dan 6GB
64GB dan 128GBPenyimpan Internal64GB dan 128GB
microSDXC Penyimpan EksternalmicroSDXC 
64MP+13MP+2MP+2MPKamera Belakang48MP+2MP+2MP
20MPKamera Depan8MP
5160 mAhBaterai6000 mAh
Cobalt Blue dan Shadow GrayWarnaCool Blue, Poco Yellow dan Power Black
Rp 3.099.000 (flash sale)HargaRp 1.799.000 (flash sale)

1. Chipset

Perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3, Chipset
Chipset | Pinterest

Untuk perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3 pertama, kita akan membahas di bagian chipset atau prosesornya terlebih dahulu. Seperti yang kamu ketahui, perbedaan kedua chipset dari smartphone ini sangatlah terlihat.

JANGAN LEWATKAN •
HP Buatan ZTE Satu Ini Punya Kamera di Bawah Layar

Soalnya, POCO X3 NFC sudah menggunakan chipset kelas menengah premium, yaitu Qualcomm Snapdragon 732G (8nm). Sedangkan POCO M3 masih menggunakan chipset yang kurang powerfull tapi masih sangat worth-it ditahun 2021 ini, yaitu Qualcomm Snapdragon 662.

Setelah membahas chipsetnya, maka kali ini kita akan membahas perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3 dari segi skor AnTuTu nih. Seperti informasi yang didapatkan, chipset POCO X3 NFC memiliki skor yang lumayan bagus, yaitu 99028 untuk CPU dan 78778 untuk GPU. Sedangkan untuk chipset POCO M3 sendiri mendapatkan skor 69810 untuk CPU dan 34159 untuk GPU.

Jika dilihat dari segi gaming, memang chipset dari POCO X3 NFC, yaitu Snapdragon 732G lah yang menang. Namun, untuk kebutuhan multimedia, kedua chipset ini memiliki kemampuan yang sama-sama mumpuni loh. Hal tersebut sendiri bisa terjadi karena Qualcomm telah menambahkan Artificial Intelligence (AI) Engine generasi ketiga ke dalam chipset ini.


2. Penyimpanan Memori

Perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3, Penyimpan Memori
Penyimpan Memori | Lim Reviews

Seperti yang kamu lihat pada spesifikasi diatas, kedua smartphone ini memiliki penyimpan memori yang sama saja. Perbedaannya hanyalah POCO X3 NFC tidak memiliki varian RAM 4GB. Namun, walaupun tidak memiliki varian RAM 4GB, hebatnya harga smartphone ini tetap terjaga murah.

Terlebih lagi, POCO X3 NFC dan POCO M3 juga sudah menggunakan teknologi penyimpan modern yang lebih cepat, yaitu UFS 2.1. Walaupun begitu, untuk teknologi penyimpan POCO X3 NFC sendiri masih tetap kalah, soalnya POCO M3 sudah beralih dari UFS 2.1 dan menggunakan UFS 2.2 yang memiliki kecepatan jauh lebih cepat.

Tidak hanya itu saja, disini POCO M3 memiliki slot MicroSD yang terpisah dari dua laci kartu SIM. Berbeda dengan POCO X3 NFC yang masih menggunakan 2 slot (hybrid) yang membuat pengguna harus memilih antara menggunakan dua kartu, atau satu kartu namun dengan MicroSD.


3. Kamera

Perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3, Kamera
Kamera | Osthir TechTalks

Jika dilihat dari berbagai segi, tentu saja yang memenangkan perbandingan POCO X3 NFC dan POCO M3 dari segi kamera adalah smartphone 3 jutaan tersebut. Soalnya, POCO X3 NFC sudah menggunakan konfigurasi empat kamera yang berkualitas. Seperti 64MP (f/1.89) lensa utama dengan teknologi SONY IMX682, 13MP lensa ultra-wide (f/2.2), 2MP lensa makro (f/2.4), 2MP depth lens (f/2.4) dan juga memiliki lampu flash bersifat ganda.

JANGAN LEWATKAN •
Samsung Galaxy A31, A51 dan A71 Turun Harga, Berikut Harga Terbarunya!

Untuk kamera depannya sendiri, POCO X3 NFC memiliki lensa tunggal dengan resolusi 20MP (f/2.2). Kamera depan ini dapat menangkap video dengan resolusi 1080 30FPS. Selain itu, kamera depan ini juga memiliki fitur HDR yang akan membuat kualitasnya menjadi lebih detail lagi.

Sedangkan untuk POCO M3, smartphone ini memiliki konfigurasi tiga kamera yang memiliki kualitas lumayan di range harganya. Seperti 48MP lensa utama (f/1.79), 2MP lensa makro (f/2.4) dan 2MP depth lens (f/2.4).

Untuk kamera depannya, POCO M3 memiliki sebuah lensa yang beresolusi 8MP (f/2.1). Sama seperti POCO X3 NFC, kamera ini dapat menangkap video 1080 30FPS dan juga memiliki fitur HDR yang akan membuat kualitas foto yang ditangkap menjadi lebih detail. Terlebih lagi, berbeda dengan POCO X3 NFC, POCO M3 ini memiliki fitur LED Flash di bagian depannya loh.

Memang semua kamera smartphone yang ada diatas ini dapat merekam video dengan resolusi 1080 30FPS. Namun, yang membuat perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3 dari segi kamera sendiri adalah karena smartphone 3 jutaan tersebut dapat merekam dengan resolusi 4K 30FPS. Terlebih lagi, smartphone ini juga sudah mendukung teknologi Gyro-EIS yang akan membuat video menjadi lebih stabil.


4. Baterai

Perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3, Baterai
Baterai | GearOpen.com

Untuk perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3 keempat, kali ini kita akan membahas dari segi baterai. Seperti yang kamu ketahui, POCO M3 banyak disukai oleh orang-orang karena memiliki baterai yang sangat besar, yaitu sebesar 6.000mAh bukan?

Nah, sedangkan untuk POCO X3 NFC sendiri memiliki baterai yang lebih kecil daripada POCO M3, yaitu sebesar 5160mAh saja. Walaupun memiliki perbedaan baterai yang lumayan besar, sayangnya POCO M3 masih kalah disini. Soalnya, POCO X3 NFC sudah menggunakan pengisian daya sebesar 33W yang akan mengisi dari 0-100 hanya dalam waktu sekitar 65 menit saja.

JANGAN LEWATKAN •
Merajalela di Indonesia, Apple Bakal Kalah Saingan dengan Xiaomi?

Sedangkan untuk POCO M3, smartphone ini hanya dibekali pengisian daya 18W saja (namun entah mengapa diberikan 22,5W adaptor didalam kotak pembelian). Karena memiliki baterai yang lumayan besar, menurut Jagat Review, POCO M3 dapat mengisi baterai dari 0-100 dalam waktu sekitar 3 jam.


5. Desain

Perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3, Desain
Desain | Dynamic Tech

Untuk perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3 selanjutnya, kita akan membahas dari segi desain. Seperti yang kamu lihat, rancangan desain untuk kedua smartphone ini berbeda. Soalnya, POCO X3 NFC menggunakan kamera bergaya punch-hole yang ditempatkan di bagian tengah atas.

Sedangkan untuk POCO M3 masih menggunakan desain yang sama dengan banyak smartphone lainnya, yaitu layaknya air yang sedang menetes atau sering disebut dengan dot-drop.

Walaupun memiliki desain yang lumayan berbeda, ini bukanlah perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3 yang terlalu mencolok. Soalnya, kedua layar dari smartphone ini masih menggunakan bingkai layar yang sama-sama tipis. Jadi, pasti kamu akan menyukai kedua smartphone ini.

Setelah membahas bagian depannya, maka kali ini kita akan membahas bagian area samping. Seperti yang terlihat, POCO X3 NFC menggunakan rangka aluminium untuk menyatukan seluruh komponennya agar lebih aman saat terjadi kecelakaan kecil.

Dalam bagian samping, POCO X3 NFC memiliki tombol power yang menyatu dengan pemindai sidik jari, tombol volume up-and-down, port USB type-C, Jack Audio 3,5mm, speaker, mikrofon, IR-Blaster, kartu nano-SIM dan MicroSD (hybrid).

Sedangkan untuk POCO M3, masih menggunakan rangka plastik. Dalam bagian tersebut, smartphone ini memiliki penempatan yang sama saja dengan POCO X3 NFC, namun POCO M3 uniknya menempatkan Jack Audio di bagian atas dan dual speaker di bagian bawah dan atas.

Walaupun memiliki harga yang murah, hebatnya smartphone ini juga sudah menggunakan triple slot, yang dimana terdiri dari 2 kartu Nano SIM dan juga 1 slot MicroSD loh.

Untuk perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3 bagian belakang sendiri bisa dibilang sama saja. Soalnya, kedua smartphone ini sama-sama menggunakan bahan plastik. Namun, bedanya POCO X3 NFC memiliki aksen bergaris secara vertikal serta menggunakan konfigurasi empat kamera yang sebelumnya telah Teknodaim bahas.

JANGAN LEWATKAN •
Susul Xiaomi dengan 100W, Realme Buat Fast Charging 120W!

Sedangkan untuk POCO M3 sendiri menggunakan bagian belakang yang bertekstur, berbeda dengan POCO X3 NFC yang menggunakan aksen bergaris vertikal. Selain itu, POCO M3 juga memiliki desain kamera yang terbilang sangat unik. Soalnya, karena desain ini, banyak orang yang mengira bahwa smartphone tersebut adalah adaptasi dari karakter game Among Us.

Selain itu, untuk perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3 paling mencolok dari segi desain sendiri adalah beratnya, yang dimana POCO X3 NFC seberat 215g dan POCO M3 seberat 198g.

Sebagai informasi tambahan, POCO X3 NFC sudah menggunakan sebuah fitur, yaitu IP53. Dengan adanya fitur ini, POCO X3 NFC jadi memiliki ketahanan terhadap cipratan air. Berbeda dengan POCO X3 NFC, sayangnya POCO M3 tidak memiliki fitur ini. Namun, mengingat harga yang ditawarkan, hal ini wajar saja bisa terjadi.


6. Tampilan

Perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3, Tampilan
Tampilan | Data Geeks

Untuk perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3 selanjutnya, kita akan membahas dari segi tampilannya. Bagi yang belum tau, kedua smartphone ini sama-sama menggunakan panel IPS yang dipercaya memperkuat ketahanan dan tampilan kedua layarnya.

Selain panel, perbedaan kedua smartphone ini sendiri terdiri dari POCO X3 NFC menggunakan layar yang sedikit lebih lebar, yaitu sekitar 6,67 inci dengan resolusi 1080×2400 piksel. Sedangkan POCO M3 menggunakan layar berukuran 6,53 inci dengan resolusi 1080×2340 piksel.

Untuk teknologi kedua layar smartphone ini sendiri bisa dibilang sama saja. Soalnya POCO X3 NFC dan POCO M3 memang sama-sama memancarkan kecerahan rata-rata di nilai 400-nits. Jika dilihat dari segi harga, memang bagi POCO M3 ini biasa saja. Namun, sayangnya entah mengapa POCO X3 NFC masih menggunakan kecerahan yang rata-rata bernilai 400-nits.

Selain itu, kedua perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3 yang paling mencolok dari segi layar sendiri adalah refresh rate, yang dimana POCO X3 NFC menggunakan 120Hz dengan dukungan HDR10. Sedangkan POCO M3 masih menggunakan refresh rate standar, yaitu sekitar 60Hz saja.

JANGAN LEWATKAN •
Rekomendasi HP Realme Harga Dibawah Rp 2 Jutaan Terbaru 2021

Terlepas dari semua pembahasan tadi, kedua smartphone ini juga sudah menggunakan proteksi yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Seperti POCO X3 NFC yang menggunakan Coring Gorilla Glass 5, sedangkan POCO M3 sudah menggunakan Corning Gorilla Glass 3.

7. Harga

Perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3, Harga
Harga | Ibnu Mutaqien

Jika kamu mengikuti kedua smartphone ini, pasti telah mengetahui harganya. Namun, jika kamu belum mengetahui perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3 dari segi harga, maka dapat kamu lihat pada tampilan di bawah ini.

POCO X3 NFC

  • 6/64GB: Rp3.099.000 (flash sale)
  • 8/128GB: Rp3.499.000 (flash sale)

POCO M3

  • 4/64GB: Rp1.799.000 (flash sale)
  • 6/128GB: Rp2.199.000 (flash sale)

8. Fitur dan Teknologi

Perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3, Fitur Dan Teknologi
Fitur dan Teknologi | Tech Revenge

Terlepas dari semua pembahasan diatas, sebagai informasi tambahan disini Teknodaim juga akan memberitahu kamu beberapa teknologi dan layanan yang digunakan dalam dua smartphone ini. Seperti POCO X3 NFC yang sudah menggunakan teknologi stereo, sama seperti POCO M3. Namun, walaupun sama-sama memiliki stereo, POCO X3 NFC mempunyai suara speaker yang lebih kencang berkat teknologi LUFS -25,3 (Loudness Unit Full Scale).

Walaupun POCO X3 NFC memiliki nilai yang lumayan tinggi, hebatnya POCO M3 tidak mau kalah. Soalnya, smartphone ini juga sudah menggunakan speaker dengan nilai LUFS -26,5, hanya berbeda sekitar 1,2 LUFS saja dengan POCO X3 NFC.

Selain perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3 diatas, untuk perbedaan lainnya sendiri masih ada nih. Seperti POCO X3 NFC yang sudah menggunakan fitur NFC, Bluetooth 5.1 dan semacamnya. Sedangkan untuk POCO M3 sendiri tidak memiliki fitur NFC dan masih menggunakan Bluetooth versi lawas yang saat ini masih digunakan di berbagai smartphone entry-level, yaitu 5.0.


Makin update dengan berita Teknologi! Yuk subscribe ke channel Teknodaim DISINI dan Instagram Teknodaim DI SINI! Bakal ada banyak hal menarik yang bakal Dibahas dan ada banyak kejutan Menarik menanti kalian 😀


 


Nah, begitulah tadi pembahasan tentang perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3 yang wajib kamu ketahui sebelum membeli salah satu dari smartphone yang ada di artikel ini. Jadi, bagaimana menurut kamu, apakah pembahasan kali ini membantu? Jika iya, jangan sungkan untuk mengatakan pendapat kamu lewat kolom komentar ya!


Review Black Shark 3, Smartphone Gaming Terbaik saat ini?


NB: Subscribe channel Teknodaim agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Add comment