Teknodaim

    Mechanical Keyboard VS Membrane Keyboard, Unggul Mana?

    Berikut ini perbedaan antaran membrane keyboard dan mechanical keyboard. So, ada yang bisa nebak? Kira-kira unggul yang mana?

    Perbedaan Membrane Keyboard Dan Mechanical Keyboard (the Lazy Media)

    Perbedaan Membrane Keyboard Dan Mechanical Keyboard (the Lazy Media)

    Pernah kepikiran nggak, mengapa banyak profesional memilih mechanical keyboard sebagai keyboard utama mereka daripada membrane keyboard? Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih rinci, mari kita bahas di bawah ini!

    Teruslah membaca artikel ini sampai selesai agar kamu dapat menentukan jenis keyboard yang paling sesuai untukmu.

    Mechanical Keyboard

    Keyboard mekanik memiliki teknologi yang berbeda dengan keyboard membran. Keyboard mekanik menggunakan sakelar individu pada setiap tombol. Artinya, setiap tombol memiliki mekanisme sendiri yang lengkap dengan pegas sehingga tombol akan kembali ke posisi semula setelah kita tekan.

    Keyboard mekanik klaimnya memiliki umur yang lebih panjang jika kita bandingkan keyboard biasa dengan teknologi membran. Switch keyboard mekanik menggunakan bahan plastik dan logam, dan keyboard mekanik terasa lebih berat sehingga terlihat lebih kuat.

    Mechanical Keyboard VS Membrane Keyboard, Unggul Mana?
    Perbedaan Membrane Keyboard dan Mechanical Keyboard (kabarsip.com)

    Keyboard Mechanical, juga populer sebagai keyboard yang sangat nyaman untuk mengetik. Jika kita bandingkan dengan keyboard biasa yang menggunakan teknologi membran, keyboard mechanical memiliki sensasi yang berbeda dan terdapat suara “clicky” yang membuat pengalaman mengetik lebih terasa dan akan meningkatkan semangat saat mengetik.

    BACA JUGA:  Sejarah Dibalik Tombol Keyboard QWERTY yang Masih Jarang Diketahui

    BACA JUGA: 10 Rekomendasi Mechanical Keyboard Terbaik

    Jika kamu adalah orang yang suka bereksperimen dan ingin terlihat unik, keyboard mechanical juga bisa kamu sesuaikan sesuai keinginanmu dengan mengganti keycaps yang bisa kamu dapatkan di berbagai tempat, baik itu di pasar maupun di toko online.

    Keyboard mechanical juga sangat dapat kamu andalkan karena kemampuannya dalam mencegah efek ghosting. Dengan demikian, kamu dapat menekan beberapa tombol secara bersamaan untuk meningkatkan pengalaman bermain game kamu.

    Hal ini terjadi karena keyboard Mechanical menggunakan teknologi terbaru yang memasang sakelar individual pada setiap tombolnya.

    BACA JUGA: 10 Rekomendasi Bluetooth Keyboard Terbaik Tahun 2020 – Dafunda.com

    Keyboard mekanik juga terlihat keren karena ada yang memiliki lampu LED RGB sehingga dapat kamu sesuaikan dengan preferensi. Wah, jika kamu seorang gamer atau programmer, kamu pasti harus menggunakan keyboard mekanik!

    BACA JUGA:  Rekomendasi Laptop Terbaik di Tahun 2023, Buruan Cek!

    Membrane Keyboard

    Keyboard Membran sering digunakan oleh orang-orang yang bekerja di kantor. Keyboard ini memiliki 3 lapisan yang berada di bawah tombol-tombolnya. Lapisan pertama terbuat dari silikon yang lembut, dan di bawahnya terdapat lapisan granit. Fungsinya adalah untuk menghantar sinyal ketukan agar lapisan sirkuit di bawahnya aktif.

    Keyboard Membran biasanya terbuat dari bahan plastik, sehingga keyboard ini terasa lebih ringan saat kitabawa. Karena terbuat dari plastik, keyboard ini juga lebih ekonomis jika kita banding keyboard mechanical.

    BACA JUGA:

    Kesimpulan

    Jadi, kita sudah menjelaskan tentang perbedaan antara keyboard Mechanical dan Membran. Kesimpulannya, keyboard mechanical memiliki banyak keunggulan jika kita bandingkan dengan keyboard biasa yang menggunakan teknologi membran.

    Namun, keyboard Mechanical tidak disarankan untuk digunakan di kantor karena suara “clicky”nya yang bisa mengganggu. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

    BACA JUGA:  10 Keyboard HP Android Terbaik, Mengetik Makin Menyenangkan!

    Related Posts