Teknodaim

    Mengenal Pengertian dan Fungsi Fitur NFC pada HP

    NFC menawarkan berbagai kegunaan yang lebih luas jika dibandingkan dengan bluetooth. Simak fungsi lainnya di artikel berikut.

    Tecno-mobile-nfc BACA JUGA:  10 HP dengan Snapdragon 660 Terbaik (Rekomendasi 2020)

    Apakah kamu tahu, selain bergua untuk mengisi ulang atau memeriksa saldo e-money, ternyata NFC juga memiliki kemampuan untuk mentransfer data. Nah, untuk kamu yang belum mengenalnya, simak penjelasan berikut.

    NFC, singkatan dari Near Field Communication, adalah kemampuan yang memungkinkan dua perangkat elektronik untuk terhubung secara langsung dalam jarak yang sangat dekat. Secara umum, fitur ini memiliki fungsi yang serupa dengan bluetooth.

    Namun, jika dibandingkan dengan bluetooth yang hanya dapat digunakan untuk mentransfer data, NFC menawarkan berbagai kegunaan yang lebih luas. Apa saja kegunaan tersebut? Ayo, mari kita cari tahu informasinya berikut untuk memenuhi rasa penasaranmu!

    Baca Juga: 5 HP OPPO Termurah di Indonesia dengan Fitur Sensor NFC

    Apa itu NFC?

    NFC atau Near Field Communication adalah sebuah fitur pada ponsel pintar yang memungkinkan dua perangkat terhubung tanpa menggunakan kabel dalam jarak dekat. Bahkan, fitur ini hanya dapat terhubung dalam jarak maksimal 4 cm.

    BACA JUGA:  Bocoran Tentang Spesifikasi dan Fitur Samsung S25 Ultra

    Menurut informasi dari Samsung.com, fitur NFC telah mengalami perkembangan sejak akhir tahun 1990-an hingga awal tahun 2000-an. Namun, saat ini tidak semua ponsel mendukung penggunaan fitur tersebut. Umumnya, hanya ponsel terbaru atau ponsel yang sengaja dirancang oleh produsen smartphone untuk mendukung NFC yang bisa memanfaatkannya.

    Berdasarkan informasi dari Digital Trends, NFC adalah perkembangan teknologi yang berasal dari Radio-Frequency Identification (RFID). Teknologi ini biasanya ada pada kartu keamanan atau kartu identitas untuk akses ke kantor.

    Baca Juga: 6 HP OPPO RAM 4GB di Bawah 2 Juta, Untuk Kebutuhan Ringan

    Apa Saja Fungsi NFC pada HP?

    Berikut adalah beberapa manfaat dari fitur NFC pada HP.

    1. Top Up dan Cek Saldo E-Money

    Mengenal Pengertian dan Fungsi Fitur NFC pada HP

    Salah satu fungsi NFC yang paling terkenal adalah untuk mengisi ulang atau memeriksa saldo e-money milik beberapa bank di Indonesia. Fitur ini sering pengguna gunakan untuk melakukan pembayaran dengan kartu uang elektronik, seperti Commuterline, MRT, TransJakarta, dan tol.

    Sebagian ponsel memiliki aplikasi bawaan yang dapat digunakan untuk menggunakan fitur Near Field Communication. Namun, jika ponselmu tidak memiliki aplikasi tersebut, jangan khawatir. Kamu dapat menggunakan aplikasi e-wallet untuk mengisi saldo atau memeriksa saldo e-money menggunakan fitur tersebut.

    BACA JUGA:  Perbandingan Samsung Z Flip 4 dan 3, Mending Pilih Mana?

    2. Melakukan Pembelian Online

    Mengenal Pengertian dan Fungsi Fitur NFC pada HP

    Selain untuk melihat dan mengecek jumlah uang yang ada di e-money, fungsi NFC juga sebagai alat pembayaran dalam transaksi digital. Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang lebih suka transaksi tanpa uang tunai agar tidak perlu repot membawa uang tunai.

    Cara penggunaannya sangat sederhana, kamu hanya perlu menempelkan ponselmu pada mesin sensor yang dilengkapi dengan fitur tersebut. Namun, pastikan bahwa kamu memiliki saldo yang mencukupi di kartu kredit atau debitmu saat melakukan pembayaran.

    3. Transfer Data

    Mengenal Pengertian dan Fungsi Fitur NFC pada HP

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, NFC memiliki kemampuan yang hampir serupa dengan bluetooth, yaitu untuk mentransfer data. Selain dapat mengirim data antar ponsel, fitur ini juga bisa terhubung dengan kamera, perangkat audio, printer, dan bahkan laptop.

    Selain foto dan video, kamu juga bisa mengirim dokumen, kontak, dan aplikasi melalui Android Beam pada smartphone. Fitur ini biasanya tersedia pada Android versi 4.0 atau Ice Cream Sandwich.

    4. Isi Daya HP

    Mengenal Pengertian dan Fungsi Fitur NFC pada HP

    Inovasi terbaru dalam teknologi NFC adalah kemampuannya untuk mengisi daya smartphone tanpa perlu menyambungkan kabel ke listrik.

    BACA JUGA:  15 HP Gaming Murah Harga 1 Jutaan Terbaik 2021, RAM 4GB

    Akan tetapi, sebelum memanfaatkan fitur ini, dibutuhkan wireless charger atau power bank yang kompatibel dengan fitur tersebut.

    Baca Juga: Poco Akan Meluncurkan Tablet Android Pertamanya: Ketahui Informasinya

    5. Mengendalikan Smartphone

    Mengenal Pengertian dan Fungsi Fitur NFC pada HP

    Untuk aplikasi atau perangkat rumah pintar yang sudah dilengkapi asisten suara seperti Google Assistant, Apple HomeKit, dan Samsung Bixby, sekarang juga mendukung fitur Near Field Communication.

    Dengan perkembangan ini, Anda dapat mengontrol perangkat atau otomatisasi lainnya dengan menyentuhkan tag NFC ke perangkat rumah pintar Anda.

    6. Membuka Kunci Digital

    Mengenal Pengertian dan Fungsi Fitur NFC pada HP

    Sama seperti menggunakan kartu digital untuk membuka pintu rumah, hotel, atau kantor, ternyata kita juga bisa menggunakan NFC. Namun, kita perlu memiliki smart lock yang kompatibel dan mendukung fitur tersebut agar dapat menyimpan kunci digital di ponsel.

    Sekarang, kamu sudah mengetahui apa itu NFC di ponsel dan berbagai manfaatnya yang dapat mempermudah kegiatan sehari-harimu. Namun, penting untuk diingat bahwa fitur Near Field Communication ini membutuhkan koneksi internet atau Wi-Fi agar dapat menghubungkan ponsel dengan perangkat lainnya.

    Selain itu, tidak semua ponsel pintar mendukung teknologi NFC. Jika Anda ingin menggunakan fitur ini, disarankan untuk menggunakan ponsel yang sudah memiliki fitur tersebut di dalamnya.

    Baca Juga: Definisi dan manfaat Facebook Ads Library Dalam Digital Marketing

    Fitur NFCNFCSmartphone

    Related Posts