Mengenal Bug, Istilah dari Komputer yang Kini Populer Juga di Game

in , , ,
Mengenal apa itu bug by teknodaim

Saat bermain game mungkin pernah terdengar oleh kamu atau bahkan kamu sendiri yang sering menggunakan kata Bug. Namun apakah kamu tahu arti sebenarnya dari apa itu Bug serta asal muasal bagaimana adanya istilah tersebut?

Bagaimana Bug Bisa Terjadi?

Bug adalah sebuah kata yang mendeskripsikan sebuah kesalahan proses atau sesuatu yang tidak berjalan semestinya pada beragam hal digital, terutama pada program atau Software di perangkat seperti komputer dan laptop. Arti bug sebenarnya.

Mengenal apa itu bug by teknodaim

Meskipun teknologi sudah semakin canggih dan maju, yang menciptakan dan mendesainnya adalah manusia. Jadi tidak menutup kemungkinan sebuah program atau layanan terbaru yang dilucurkan mengalami Error atau Bug tadi.

Bug biasanya adalah sebuah kesalahan yang dapat terjadi namun tidak disadari atau belum diketahui pada saat pembuatannya. Bug sendiri dalam bahasa Indonesia, diterjemahkan menjadi kata Serangga. Jadi istilah ini agak nyeleneh.


Asal Mula Populernya Istilah Bug

Sekarang sudah tau kan apa itu Bug secara garis besarnya. Dan ketika Bug sedang terjadi, biasanya sebuah program atau sesuatu yang menggunakan sistem akan mengalami kendala atau bahkan tidak dapat melanjutkan performanya sementara.

Nah istilah Bug sendiri awalnya digunakan oleh para peneliti jauh sebelum teknologi komputer sudah maju dan canggih seperti sekarang ini. Awalnya Bug mulai sering digunakan pada Tahun 1940, dimana teknologi komputer masih minim.

Mengenal apa itu bug by teknodaim 2
Gambar Oleh: Joseph Gutwirth

Universitas Harvard membuat sebuah tim untuk menguji coba sebuah komputer yang diberi nama Harvard Mark II. Dalam uji coba tersebut, pengoperasian komputer tidak berjalan lancar dan mengalami kendala dan ada sebuah penemuan.

Dimana ternyata ada sebuah hewan kecil yang mengganggu komputer, dan hewan tersebut adalah seekor Serangga. Dan dalam bahasa Inggris hama kecil bernama Serangga itu adalah Bug. Jadi paham kan bagaimana bisa ada istilah Bug?

Bangkai Serangga atau hewan kecil tadi kemudian disimpan ke buku catatan untuk keperluan dokumentasi. Sejak saat itu, Bug tersebut mulai menjadi istilah.

Akhirnya Grace Hopper mencetuskan sebuah judul pada catatan buku tadi, yaitu First actual case of bug being atau artinya adalah Kasus pertama dari serangga (Bug) sungguhan ditemukan. Istilah ini kemudian digunakan hingga sekarang.


Baca Juga: Mengenal Deep Web dan Dark Net, Sisi Gelap Internet.


Penutup

Bug biasanya hanya ditemukan pada sistem operasi, aplikasi atau software dan tidak ditemukan pada perangkat keras. Sebenarnya, cerita diatas bukan awal mula terciptanya istilah Bug. Namun sejak saat itulah Bug mulai jadi istilah populer.

Sedangkan bagaimana Bug bisa terjadi, kemungkinan adalah karena cara pengoperasian yang salah atau ada pemaksaan perintah yang diberikan pengguna. Kalau asalnya dari program, biasanya akan diperbaiki Developer.


Referensi: Mas Tekno, Wikipedia