GadgetLaptopPCTutorial

Begini Cara Membedakan Windows 10 Original dan Bajakan dengan Mudah

Sistem Operasi final yang punya keamanan terkuat saat ini adalah Windows 10 besutan Microsoft. Dukungan untuk produk versi lawas seperti Windows 7 dan XP sudah dihentikan oleh Microsoft. Dan kita disini akan bahas cara membedakan Windows 10.

Membedakan yang dimaksud adalah melihat apakah produk yang digunakan Legal atau tidak, original berlisensi dan Windows 10 hasil membajak. Bukan rahasia umum lagi, kebanyakan pengguna saat ini menggunakan versi bajakan. Kamu juga ya?

Cara Melihat Beda Windows 10 Original dan Bajakan

Alasan terbesar pengguna Windows lebih memilih bajakan dari pada beli lisensi, mungkin karena harganya cukup mahal. Namun tetap saja, yang namanya produk Ilegal punya resiko dan dalam hal ini terdapat beberapa perbedaan dengan versi legalnya.

Perbedaan yang paling bisa dirasakan ada di bagian logo, karena Windows 10 berlisensi asli akan tampak lebih elegan dengan Thumbnail logo yang tampak lebih hidup. Lalu gimana sih cara membedakan Windows 10 bajakan dengan asli? Yuk simak:

Untuk mengetahui keaslian Windows 10 yang kita gunakan sekarang, kita sebagai pengguna cukup memberikan sebuah perintah khusus pada CMD (Command Prompt). Bagi yang mau kenal CMD lebih jauh, silahkan baca penjelasannya disini.

Cek Windows 10 Kamu, Jangan-Jangan Bajakan

  • Buka Command Prompt dengan mengetikan CMD di pencarian pada menu Start.
Cara membedakan windows 10 original dan bajakan by teknodaim
  • Atau bisa dengan menekan tombol Windows + R, ketik CMD dan tekan Enter.
  • Kemudian ketikan kode-kode perintah berikut: slmgr /xpr untuk mengetahui apakah Windows 10 yang digunakan OS sudah diaktivasi atau belum. Ketik slmgr /ato untuk mengetahui key aktivasinya, slmgr /dli buat mengetahui partial product key, dan slmgr /dlv adalah perintah untuk melihat semua informasi pengaktifan Windows.

Sudah tau apakah OS Windows yang digunakan berlisensi Original atau tidak? Sekarang bisa jaga-jaga. Jika produk yang digunakan asli, disarankan untuk mencatat Product Key supaya bisa digunakan lagi sewaktu-waktu kamu mau instal ulang.

Untuk melihat kode aktivasi buat jaga-jaga kalau mau Instal Ulang, caranya cukup dengan mengetikan perintah ini di CMD > wmic path softwarelicensingservice get OA3xOriginalProductKey, tekan Enter dan Product Key akan muncul.


Itulah tadi cara untuk melihat apakah Windows 10 yang digunakan adalah produk Original yang legal atau merupakan hasil bajakan alias produk Ilegal. Ada yang mau disampaikan atau komentar dari kamu? Tulis di kolom yang disediakan di bawah ya.

What's your reaction?

Related Posts