Terbuat Dari Limbah Elektronik, Inilah Penampakan Medali Olimpiade Tokyo 2020

in
1540d99c 5c48 4629 a742 1fa62f54e8da 169

Logam merupakan bahan yang sering kita gunakan dalam banyak hal, dan tak terkecuali sebagai medali yang diberikan kepada atlet di acara olahraga. Namun, untuk menyelenggarakan acara besar seperti Olimpiade, tentunya dibutuhkan logam yang banyak untuk membuat medali yang diberikan kepada para pemenang di setiap pertandingan. 

Pada 2020, kota Tokyo di Jepang akan menjadi tuan rumah ajang olahraga multi cabang terbesar di dunia, yakni Olimpiade dan Paralympic 2020. Ajang olahraga terbesar empat tahunan ini akan mempertemukan perwakilan negara dari seluruh dunia untuk memperebutkan medali di setiap cabang olahraga.

Uniknya, Jepang selaku tuan rumah membuat medali-medali dari hasil daur ulang sampah elektronik yang banyaknya mencapai kisaran 78.000 ton.

Seperti yang kita ketahui, Jepang merupakan negara produsen barang elektronik yang besar dan limbah elektronik di negeri matahari terbit itu juga terbilang sangat besar.

Panitia Olimpiade telah mengumumkan beberapa waktu yang lalu bahwa medali pada Olimpiade Tokyo 2020 akan menggunakan logam dari limbah-limbah elektronik yang telah didaur ulang. 

Aneka sampah elektronik itu terdiri dari berbagai macam perangkat seperti laptop, termasuk juga 6,21 juta ponsel bekas yang diberikan oleh jaringan toko NTT Docomo di seantero Negeri Sakura.

Medali Olimpiade Tokyo yang dibuat dari limbah elektronik. 6 juta di antaranya adalah limbah ponsel lawas yang diperoleh dari NTT DoCoMo

Dari pengolahan puluhan ribu ton limbah tersebut, komite penyelenggara berhasil mengumpulkan emas sebanyak 32 kg, perak 3.500 kg, dan perunggu 2.200 kg. Jumlah tersebut cukup untuk membuat sebanyak 5.000 medali emas, perak, serta perunggu untuk dikalungkan di leher para juara Olimpiade dan Paralympics 2020.

“Kami berharap proyek untuk mendaur ulang sedikit penggunaan elektronik dan upaya kami berkontribusi pada masyarakat yang ramah lingkungan dan berkelanjutan akan menjadi warisan Olimpiade Tokyo 2020,” demikian pernyataan panitia penyelenggara Tokyo 2020.