Berita

Mulai Kemarin Tarif Listrik Resmi Turun, Berikut Datanya

Tarif berlangganan listrik dari PT PLN (Persero) resmi Pemerintah turunkan sejak tanggal 1 Oktober kemarin. Tarif listrik Resmi turun untuk 7 golongan, hal ini merupakan bagian dari kebijakan dan ketentuan yang Pemerintah Indonesia terapkan.

Terhitung sejak bulan Oktober ini sampai pada akhir 2020 yaitu Desember, tarif listrik untuk pelanggan golongan rendah turun 22.5 Rupiah per kWh. Dengan kata lain dari yang sebelumnya 1.567 Rupiah per kWh turun menjadi 1.444 per kWh.

Penurunan Tarif Listrik Langganan PLN

Agung Murdifi selaku Executive Vice President Communication and CSR PLN mengatakan bahwa ini merupakan langkah baik dari Pemerintah untuk menjaga perekonomian pelanggan golongan rendah. Maka dari itu tarif listrik akhirnya resmi turun.

Penurunan terlaksana sebagai tujuan untuk menunjang kegiatan ekonomi masyarakat dalam kegiatan sehari-harinya. Tentunya ini juga merupakan bentuk bantuan dari Pemerintah untuk meringankan beban masyararakat pada saat Pandemi masih terus meluas.

Tarif Listrik Resmi Turun By Teknodaim
Foto Menteran Listrik | Liputan6.com

Penurunan tarif langsung dapat pengguna nikmati tanpa harus mengikuti syarat-syarat tertentu. Untuk informasi seputar golongan pelanggan yang mendapat keringanan tersebut meliputi:

  • R-1 TR 1.300 VA
  • R-1 TR 2.200 VA
  • R-2 TR 3.500 VA hingga 5.500 VA
  • R-3 TR 6.600 VA
  • B-2 TR 6.600 VA hingga 200 kVA
  • P-1 TR 6.600 VA sampai dengan 200 kVA
  • P-3 /TR

Tarif listrik yang resmi turun ini juga Pemerintah berikan untuk golongan lainnya, yang mana pelanggan Rumah Tangga daya 450 VA juga mendapat potongan 100%. Dengan demikian pengguna listrik PLN dengan daya 450 VA 100 persen gratis.

Sementara pengguna daya 900 VA bersubsidi mendapat diskon sentengah harga atau 50% yang sebenarnya sudah mulai sejak bulan April lalu. Tak hanya sampai situ saja, pelanggan listrik yang mengoperasikan bisnis kecil dengan daya 450 VA serta industri kecil daya sama turut mendapatkan diskon 100%.


Baca Juga: XL Bagi Bagi 2 Juta Kuota Internet Gratis di 3 Provinsi


Tarif Listrik Resmi Turun – Respon

Penulis memberikan apresiasi dan juga respon positif terhadap langkah yang Pemerintah dan PLN ambil ini. Rasanya sudah cukup bagus performa Pemerintah untuk menolong rakyat kecil, belum lagi dengan adanya bantuan sosial serta program Kartu Prakerja untuk banyak orang.

Apakah kamu menjadi salah satu yang merasakan dampak penurunan tarif listrik dari PLN dan Pemerintah ini? Coba tulis respon atau tanggapan kamu pada kolom komentar.


Sumber: Kompas Money

What's your reaction?

Related Posts