Server Cloud Akan Dibangun di Indonesia?

in ,
Server cloud di indonesia by teknodaim

Mungkinkah Indonesia akan menjadi salah satu server penting untuk banyak penyimpanan Database dan data-data strategis. Pasalnya Kominfo menyebut jika Pemerintah Indonesia kini tengah merencanakan pembangunan Server Cloud di dalam negeri.

Server Cloud yang dimaksud itu akan digunakan untuk penyimpanan data-data strategis milik instansi pemerintahan, dan tentunya juga akan dikelola oleh pemerintah itu sendiri. Hal ini merupakan bagian dari fasilitas pendukung negeri.

Kapan Cloud Server Itu Mulai Beroperasi?

Dirjen Aptika selaku Direktur Jenderal Aplikasi Informatika mengatakan kalau Cloud tersebut akan mulai beroperasi pada tahun 2022 mendatang. Cloud ini dibangun untuk mendukung Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2019.

Dimana Peraturan itu berisi tentang Penyelenggaraan Sistem Transaksi Elektronik (PP PSTE) yang baru ditetapkan. Selain itu, direncanakan juga bakal ada empat data center yang bakal dibangun oleh pemerintah yang sudah selesai dibangun.

Server cloud di indonesia by teknodaim
Server Cloud | Air IT

Kemudian data-data dari Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) publik yang ada di luar Indonesia akan ditarik. Semuel juga mengatakan kalau yang diwajibkan untuk menyimpan data center di Indonesia itu hanyalah sektor publik, yaitu PSE.

PSE yang ditunjuk pemerintah, atau menggunakan APBN. Sementara PSE privat dibebaskan untuk menaruh data centernya di dalam ataupun di luar negeri. Untuk PSE ini, diberikan masa transisi selama dua tahun untuk mendata PSE luar.


Kira-kira apakah tanggapan atau saran kamu mengenai pembangunan Server Cloud di Indonesia tadi? Coba deh kita diskusi bareng-bareng di kolom komentar.


Sumber: Detik Inet

What do you think?