Selain WhatsApp, Spyware Pegasus Ternyata Juga Telah Meretas Platform Ini!

in , , ,
Spyware israel by teknodaim

Spyware Israel yang bernama Pegasus ternyata juga telah meretas beberapa Platform media sosial lain selain WhatsApp. Hal ini terungkap dari dokumen yang berisi catatan karir si Spyware. Mulai dari 1.400 pengguna WA yang jadi korban.

Kemudian diungkap oleh India Today TV, kalau ternyata Sypware tersebyt juga menyerang aplikasi lain termasuk Viber, Telegram dan Skype. Tentu hal ini bisa jadi sesuatu yang mengkhawatirkan banyak pengguna. Jangan-jangan ada juga yang lain.

Untuk Melakukan Hacking, Pelaku Hanya Butuh Nomor HP

Spyware canggih dari Israel itu sebelumnya terungkap hanya membutuhkan nomor telpon saja untuk mulai memata-matai korbannya. Spyware Israel gila.

Sama seperti yang dilakukannya pada WhatsApp, Spyware Pegasus juga menanamkan kode jahat pada aplikasi-aplikasi yang disebutkan tadi. Mereka mencuri data SMS, foto, email, kontak, history browsing dan bahkan rekaman mikrofon.

Spyware israel by teknodaim
Ilustrasi Spyware Pegasus | Nextren

Berdasarkan kabar terakhir, setidaknya sudah ada 100 korban yang menjadi tindak kejahatan aksi politik. Dalam hal ini termasuk pengacara, wartawan, aktivis HAM, diplomat, dan pejabat pemerintahan. Canggih tapi pedas ya.

Sypware itu juga diduga akan menjual data yang didapat kepada pemerintah atau organisasi tertentu. Dilaporkan juga, Jamal Kashogi yaitu Wartawan Saudi juga sempat di mata-matai oleh Spyware Pegasus sebelum akhirnya ia dibunuh.


Penutup

Modus pelaku adalah dengan melakukan Video Call atau mengirim pesan WhatsApp terlebih dahulu. Bila ada pesan masuk atau panggilan dari nomor tidak dikenal, cobalah untuk waspada mulai dari sekarang. Sekian dan semoga bermanfaat.


Sumber: Detik Inet

Jangan lewatkan •
Hal Mengerikan yang Disebabkan Virus Atau Malware di PC dan Android

Tinggalkan Balasan