Selain Sidik Jari, Ini Rencana Lain Untuk Registrasi SIM Card

in ,
Registrasi sim card 2020 by teknodaim
Foto Ilustrasi | Tribun Kaltim

Sebelumnya, pihak Kominfo sudah mengungkapkan kalau mereka tengah mempertimbangkan metode Biometerik sebagai salah satu syarat untuk mendaftarkan SIM Card. Namun ada usulain lain terkait Registrasi SIM Card 2020.

Usulan tersebut datang dari ATSI atau Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Indonesia. Dimana mereka mengharapkan pemerintah mau menerapkan sistem Registrasi mirip dengan sistem Indodax, yaitu Platform Transaksi Cryptocurrency.

Rencana Seperti Apa?

Usulan yang dimaksud adalah mengenai calon pengguna yang harus bersedia mengirimkan file atau dokumen digital berupa selfie sambil memegang KTP dan juga bersedia menyertakan Nomor Kartu Keluarga. Akan semakin sulit bukan?

Bahkan rencana ini bukanlah pengganti usulan sebelumnya yang disampaikan Kominfo, tapi diharapkan bisa diberlakukan bersamaan dengan sistem Biometrik. Memang mempersulit pengguna sih, tapi juga mempersulit penyalahgunaan data.

Registrasi sim card 2020 by teknodaim
Ilustrasi Registrasi SIM Card 2020 | Kaspersky

Marwan O Baasir selaku Sekjen ATSI menuturkan kalau sistem Biometrik sendiri tengah diuji coba saat ini oleh salah satu operator seluler. Sedangkan metode yang disarankan ATSI sudah di aplikasikan oleh layanan teknologi finansial (Fintech).

Metode foto selfie dengan KTP adalah dimana pengguna yang datang untuk mendaftar akan difoto bersamaan dengan KTP yang dipegangnya. Sehingga kemungkinan adanya penyalahgunaan data miliknya akan semakin minim.

Semuel Abrijani yang merupakan Wakil Ketua Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengatakan kalau sistem Biometrik dan usulan tersebut akan membuat biaya operator semakin mahal nantinya. Kira-kira gimana nih menurut kamu?


Sumber: Detik Inet