BeritaGadgetSmartphone

Perbedaan e-SIM dan SIM Card Biasa, Mana yang Lebih Bagus?

Beberapa hari yang lalu Apple telah merilis produk terbaru mereka yaitu iPhone 14 series, yang menarik dari ponsel ini yaitu iPhone 14 series tidak dibekali dengan SIM Card. Tapi menggunakan e-SIM. Penggunaan e-SIM ini membuat iPhone 14 series jadi iPhone pertama yang tidak punya kartu SIM. Nah kali ini Teknodaim ingin berbagi informasi soal perbedaan e-SIM dan kartu SIM biasa .

Menurut informasi yang kami dapatkan sejauh ini perangkat yang mendukung penggunaan e-SIM yaitu iPhone 12, iPhone 13 dan arloji pintar Apple Watch. Tentunya teknologi e-SIM ini mempunyai keunggulan dan kekurangan dari SIM Card biasa.

BACA JUGA:

Berikut Perbedaan e-SIM dan Kartu SIM Biasa

DAFTAR ISI

BACA JUGA:
Niat Cari Video Mirip Gisell, Netizen Dapat Siksa Kubur

Jadi apa saja perbedaan yang dimiliki e-SIM dengan kartu SIM biasa? Kalau begitu mari kita lihat pembahasan lengkapnya di bawah ini.

1. Apa itu e-SIM?

Apa Itu E Sim
Apa Itu E Sim | tekno.kompas.com

Pertama-tama kita akan membahas dulu apa itu e-SIM. Jadi teknologi e-SIM atau embedded SIM Card adalah sebuah modul yang tertanam pada bagian motherboard HP secara permanen. Jadinya e-SIM tidak memiliki bentuk fisik dan tidak bisa dilepas-pasang seperti kartu SIM biasa.

Namun sebagai gantinya, pengguna cukup memindai barcode supaya bisa mengaktifkan e-SIM pada ponsel. Nah untuk bentuknya, e-SIM memiliki bentuk yang sangat kecil, bahkan lebih kecil dari SIM Card Nano.

2. Kekurangan e-SIM

Kekurangan E Sim | Perbedaan e-SIM dan Kartu SIM
Kekurangan E Sim | viva.co.id

Perbedaan e-SIM dan Kartu SIM biasa yang pertama yaitu penggunaan e-SIM yang lebih simpel dan mudah. Namun dibalik kemudahan tersebut, terdapat kekurangan yaitu ketika pengguna ingin beralih ponsel.

BACA JUGA:
Kelebihan YouTube Premium Daripada yang Biasa

Karena e-SIM ini tertanam secara permanen pada komponen HP, jadi pengguna yang ingin beralih HP tidak bisa langsung mencabut e-SIM begitu saja. Kekurangan yang lain yaitu ketersediaan yang begitu terbatas. soalnya masih belum banyak operator seluler yang saat ini memanfaatkan e-SIM.

3. Ketersediaan e-SIM

Ketersediaan E Sim | Perbedaan e-SIM dan Kartu SIM
Ketersediaan E Sim | antaranews.com

Perbedaan e-SIM dan Kartu SIM yang paling menonjol yaitu ketersediaan e-SIM yang begitu terbatas. Jadinya pengguna e-SIM ini masih sedikit daripada SIM Card biasa. Nah di Indonesia, Smartfren merupakan operator seluler pertama yang menawarkan e-SIM prabayar.

Sebenarnya teknologi e-SIM ini sudah mulai dikenal sejak iPhone X rilis. Awalnya iPhone satu-satunya ponsel yang didukung e-SIM milik Smartfren. Tapi setelah iPhone 14 series rilis, seperti semua operator seluler di Indonesia akan memanfaatkan teknologi e-SIM.


Demikiaanlah perbedaan e-SIM dan Kartu SIM biasa. Setelah membaca artikel ini dan mengetahui apa itu e-SIM, kira-kira nih menurut kalian bagus mana e-SIM atau SIM Card biasa? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Teknodaim.

BACA JUGA:
Cara Menghilangkan iklan di HP Android yang Sering Tiba-tiba Muncul

Related Posts