Berita

Waspada, Ada Metode Baru Penipu Untuk Menjebol Mobile Banking!

Banyak penyedia layanan Bank memberikan akses kepada nasabahnya untuk bisa mengakses fitur transfer dan cek saldo menggunakan Mobile Banking pada SmartPhone. Dengan demikian, kenyamanan yang sistem berikan juga akan sebanding dengan ketatnya akses Mobile Bangking atau M-Banking. Namun baru-baru ini muncul kabar adanya Modus penipuan bank terbaru melalui internet.

Pengamat dari situs Vaksin.com yaitu Alfons Tanujaya menilai dengan sebuah teori dan hukum perlindungan. kenyamanan dan keamanan merupakan dua hal yang sangat penting walaupun saling bertolak belakang. Pengguna membutuhkan kenyamanan yaitu kemudahan dalam mengakses dan perlindungan dalam hal keamanan agar data yang kita simpan aman.

Dalam kasus perlindungan perbankan era digital, Alfons menyoroti hadirnya M-Bangking yang mendapatkan keputusan dilema oleh para perbankan. Sedangkan menurut pendapatnya, sistem digital perbankan yang lebih aman dalam hal perlindungan adalah iBank jika dibandingkan dengan M-Banking.

BACA JUGA:
Cara Aktivasi Internet Banking BNI Mudah dan Cepat

Mengapa Internet Banking lebih baik daripada M-Banking?

Bisa kita sebut internet banking lebih tepat sebagai kakak tua dari M-Banking, karena beberapa alasan berikut.

Faktor iBanking Lebih Aman Terhadap Modus Penipuan

Modus Penipuan Bank
Gambar Hanya Ilustrasi | Medium

Pertama, pada penggunaan sistem teknis internet banking, pemilik rekening bank tetap bisa melakukan transaksi yang real time dimanapun dan kapanpun pengguna inginkan.

Kedua, untuk tingkat keamanan, sudah memiliki keamanan yang cukup tinggi, dan memanfaatkan standar otorisasi transaksi finansial dengan proses kode OTP (One Time Password). Sehingga susah untuk pelaku melakukan Modus penipuan bank.


Baca juga: Data Pengguna ShopBack dan RedDoorz Jebol?


Dari kedua hal tersebut, Alfons mengatakan bahwa metode OTP token adalah cara verifikasi kode OTP yang paling aman daripada metode OTP lain. Namun, jika tingkat keamanan terlalu tinggi maka akan membuat pengguna kesusahan dalam melakukan transaksi. Oleh karena itu, kenyamanan dan kemudahan pengguna juga sangat penting untuk mendapat keseimbangan sistem.

BACA JUGA:
Data Bank Indonesia Bocor Dalam Jumlah yang Sangat Besar, Amankan Punyamu Sekarang!

M-Bangking sendiri untuk hal penggunaan sangat mudah dan sederhana, karena tidak perlu verifikasi kode OTP saat melakukan tahap akhir transaksi. Bahkan Bank yang sudah memakai 3 verifikasi kode OTP saja bisa jebol dengan menggunakan Modus Penipuan Kode OTP. Sehingga dapat menimbulkan penipuan oleh pihak ke 3 yang tidak bertanggung jawab, dan malah korban yang tidak tahu apa-apa mendapatkan akibatnya.

Beberapa Online Banking memang mempunyai kelebihan masing-masing, tapi juga memiliki kelemahan tertentu. Internet Banking mana yang kamu gunakan, dan bisa kamu bagikan pengalamanmu pada kolom komentar.


Related Posts