Berita

Data Bank Indonesia Bocor Dalam Jumlah yang Sangat Besar, Amankan Punyamu Sekarang!

BSSN atau Badan Siber dan Sandi Negara menyatakan terdapat sekitar 16 jenis komputer milik Bank Indonesia yang berhasil dibobol oleh Hacker. Akibatnya data Bank Indonesia bocor dan ada banyak data pengguna yang dalam keadaaan bahaya.

Awalnya kebocoran data Bank Indonesia berawal dari 16 jenis komputer yang ada di kantor cabang di Bengkulu. Tapi kemudian ada laporan tambahan dari Spesialis Keamanan Teknologi Vaksincom yang mengatakan bahwa kebocoran data telah terjadi di lebih 200 komputer di 20 kota kantor cabang.

Diketahui bahwa komplotan hacker yang berhasil meretas Bank Indonesia dan sejumlah komputer di Bengkulu ini merupakan hacker asal Rusia. Mereka menggunakan metode virus yaitu menyebarkan virus Ransomware Conti.

Apa itu Ransomware Conti?

Data Bank Indonesia Bocor
Malware | Pinterest

Ransomware adalah sebuah jenis perangkat perusak atau Malware yang menargetkan perangkat keras untuk dapat memproleh informasi berharga. Kemudian akan mengunci file tersebut sehingga tidak dapat dibuka oleh pengguna.

Ruby Alamsyah yaitu seorang Pakar digital forensik Ruby Alamsyah menjelaskan bahwa Ransomware Conti dapat masuk karena ada pengguna yang mengklik Spear-Phishing. Sehingga memberikan celah bagi si virus untuk bisa masuk ke dalam data komputer.

Baca juga:

Jumlah Data Bank Indonesia Bocor

Melansir situs CNN Indonesia, telah dikonforimasi bahwa data Bank Indonesia bocor jumlahnya mencapai 74GB. Sedangkan jumlah perangkat Bank Indonesia yang berhasil diretas mencapai 237 unit lebih.

Data Bank Indonesia Bocor
Hacker | Shutterstock

Hingga saat ini, Bank Indonesia masih melakukan investigasi dan solusi untuk menangani kasus kebocoran data ini. Untuk jaga-jaga pengguna diminta untuk mengamankan setiap akun Bank Indonesia terlebih dulu.

Kebocoran data yang dialami oleh Bank Indonesia mungkin tidak akan memberikan kerugian finansial langsung kepada rekening bank masyarakat. Namun akan berdampak sangat besar untuk dunia finansial Indonesia, khususnya perbankan.


Demikian itulah tadi informasi terkait data Bank Indonesia yang bocor akibat dibobol hacker Rusia dari Teknodaim. Kalau ada pertanyaan atau hal lainnya yang ingin kamu sampaikan, bisa tuliskan aja ke kolom komentar yang tersedia.

What's your reaction?

Related Posts