menu
Teknodaim.com
Teknodaim.comBeritaTahun Depan Kominfo Akan Bangun Layanan 4G di 12 Ribu Desa yang Tertinggal

Tahun Depan Kominfo Akan Bangun Layanan 4G di 12 Ribu Desa yang Tertinggal

Ilustrasi Jaringan 4g

Baru-baru ini, Kominfo telah melaporkan bahwa lebih dari 12 ribu desa di Indonesia belum mendapatkan layanan jaringan 4G. Hal tersebut memang mengecewakan, namun kabar baiknya presiden Joko Widodo telah mengarahkan Kominfo untuk segera menggarap jaringan internet 4G pada tahun 2021 di 12.548 ribu desa itu.

Presiden Jokowi mengarahkan Kominfo untuk fokus menggarap jaringan internet 4G itu di lebih dari 12 ribu desa, dibandingkan yang lainnya. Nantinya semua desa atau pun kelurahan 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) maupun non 3T akan mendapatkan layanan jaringan 4G tersebut pada tahun 2022 mendatang.

Presiden Joko Widodo Mengarahkan Kominfo Untuk Membangun Jaringan 4G di Lebih 12 Ribu Desa
Presiden Joko Widodo Mengarahkan Kominfo Untuk Membangun Jaringan 4G di Lebih 12 Ribu Desa | Kompas

Sebagai Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kemenkominfo, Ahmad M. Ramli mengatakan pembangunan ini untuk menutupi semua desa yang belum mendapatkan jaringan 4G. Presiden Jokowi juga sedari lama ingin melakukan implementasi ini, namun terhambat akibat banyaknya pekerjaan lain yang harus dilakukan.

JANGAN LEWATKAN •
Bah, 2 Hari Lagi Pemerintah Indonesia Mulai Blokir Ponsel BM

Ramli juga mengatakan pekerjaan kali ini merupakan pekerjaan yang sangat berat bagi Kemenkominfo. Perkataan tersebut berdasar dari informasi yang mereka kumpulkan selama tahun 2020 ini. Namun, bagi mereka ini adalah pekerjaan yang harus dilakukan, agar semua desa di Indonesia mendapatkan layanan jaringan 4G.

Tahun 2021 Baru Sekitar 4.000 Desa yang Mendapatkan Jaringan 4G

Menurut informasi, tahun depan baru sekitar 4.000 titik desa yang akan mendapatkan jaringan 4G. Untuk desa yang belum mendapatkannya, Kominfo menargetkan pembangunan ini akan selesai pada tahun 2022 mendatang. Namun, di tahun 2022 nantinya, belum dipastikan apakah semua desa di Indonesia ini akan terselesaikan.

Sebelumnya, menteri Kominfo Johnny G. Plate pernah berkata, pemerintah bukanlah pihak yang diharuskan untuk membangun infrastruktur. Pemerintah hanyalah pihak yang bertugas untuk mengintervensi operator seluler agar cepat membangun infrastruktur layanan 4G tersebut.

JANGAN LEWATKAN •
Ada Akun Kominfo (Verifed) di Situs Pornhub, Tapi Punya Siapa?
Menteri Kominfo, Johnny G. Plate
Menteri Kominfo, Johnny G. Plate | Kominfo

Oleh karena itulah pemerintah membangun membangun Badan Layanan Umum Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dan Palapa Ring. Namun, dukungan yang dibangun pemerintah tersebut belum optimal, karena kurangnya anggaran yang dibutuhkan untuk membangun jaringan yang lebih luas.

Pembangunan Jaringan 4G Dibantu BAKTI

Kabarnya, nantinya penyebaran jaringan 4G ini akan dibangun dengan jaringan BAKTI. Hal tersebut dilakukan karena terdapat 9.113 desa yang tidak komersial. Hingga menyusahkan Kominfo untuk bekerja lebih cepat.


Sumber : Tempo Tekno

Tambah Komentar