Teknodaim

    Kecanggihan Sistem GPS China Bakal Saingi Punya AS?

    Sebelum ngebahas soal potensi dari kecanggihan GPS milik China, Teknodaim mau ngasih tau nih kalau kita sekarang punya Channel YouTube. Dimana disana tersedia berbagai konten video Tutorial, Review dan lain-lain, jadi klik tombol Subscribe ya. Untuk menyaingi kesuksesan Amerika Serikat untuk persoalan teknologi jaringan navigasi atau GPS, China segera menerbitkan satelit terbaru mereka ke luar angkasa. Ini dilakukan juga supaya […]

    Kecanggihan Gps Milik China By Teknodaim

    Foto Satelit | NASA on Unsplash

    Sebelum ngebahas soal potensi dari kecanggihan GPS milik China, Teknodaim mau ngasih tau nih kalau kita sekarang punya Channel YouTube. Dimana disana tersedia berbagai konten video Tutorial, Review dan lain-lain, jadi klik tombol Subscribe ya.

    Untuk menyaingi kesuksesan Amerika Serikat untuk persoalan teknologi jaringan navigasi atau GPS, China segera menerbitkan satelit terbaru mereka ke luar angkasa. Ini dilakukan juga supaya mereka bisa mulai lepas dari ketergantungan terhadap AS.

    Seperti Apa Potensi Teknologi GPS China?

    Langkah yang sudah dipersiapkan China merupakan perkembangan yang sangat signifikan dan berani. Ini juga sangat berguna agar sistem militer negaranya bisa tetap aktif online jika misalnya saja ada konflik dengan Amerika Serikat, jika saja.

    Jaringan teknologi GPS China yang dimaksud diberi nama resmi Beidou. Teknologi itu terdiri dari 30 satelit yang akan diterbitkan untuk kebutuhan navigasi dan pengiriman pesan. Milik China ini diharapkan bisa bersaing dan berpengaruh terhadap milik AS.

    Kecanggihan Sistem GPS China Bakal Saingi Punya AS?
    Ilustrasi Satelit GPS Milik China | Thehustle.co

    Andrew Dempster selaku Director Australian Centre for Space Engineering Research, mengungkapkan bahwa militer China kini sudah punya sistem yang bisa digunakan secara independen. Yang ditakutkan, ada kemungkinan kedua negara tadi berkonflik.

    BACA JUGA:  China Tuduh Android Melakukan Pelanggaran, Balas Dendam Huawei?

    Menurut informasi yang berasal di situs Beidou sendiri, satelit terakhir pendukung sistem navigasi China awalnya dijadwalkan meluncur minggu ini, namun tertunda karena masalah teknis. Harus bersabar untuk kecanggihan GPS baru milik China.

    Sebagai informasi, rencana kemandirian sistem navigasi China sebenarnya sudah ada sejak akhir 1990-an. Versi pertama Beidou beroperasi di tahun 2000 dan menyediakan cakupan untuk layanan berbasis satelit ke China. Setelah ini, berlanjut ke proses dua.

    Proses kedua lalu selesai tahun 2012 dan diperluas dengan layanan buat wilayah Asia Pasifik. Kemudian tiba sekarang, yaitu versi ketiga dengan 30 satelit ini, yang dimana ketika selesai nantinya akan mencangkup secara global seperti GPS Amerika Serikat.


    Sumber: Detik Inet

    ChinaChina dan Amerika SerikatGPSSatelitSatelit China

    In This Article

    Related Posts