Teknodaim

    Ngecheat Lur, Jepang Malah Sudah Bersiap Hadirkan 6G

    Di tengah secara global jaringan 5G belum bisa dioperasikan Global seutuhnya termasuk di negara Asia seperti Indonesia, Jepang ternyata sudah mengambil langkah yang jauh kedepan. Negeri matahari itu sudah bersiap buat jaringan 6G. Bukan sekedar rumor, Jepang diketahui sudah memulai aksinya gelaran 6G tersebut dengan menginvestasikan dana sebesar 2,03 Miliar USD untuk riset dan pengembangan […]

    Jepang bersiap untuk jaringan 6g by teknodaim

    Foto Ilustrasi | Shutterstock

    Di tengah secara global jaringan 5G belum bisa dioperasikan Global seutuhnya termasuk di negara Asia seperti Indonesia, Jepang ternyata sudah mengambil langkah yang jauh kedepan. Negeri matahari itu sudah bersiap buat jaringan 6G.

    Bukan sekedar rumor, Jepang diketahui sudah memulai aksinya gelaran 6G tersebut dengan menginvestasikan dana sebesar 2,03 Miliar USD untuk riset dan pengembangan tentang teknologi 6G. Untuk hasilnya, tentu tak akan selesai cepat.

    Riset Tentang 6G

    Penelitian yang sudah diinvestasi dengan dana raksasa yang disebutkan tadi rencananya akan dilakukan untuk waktu selama 10 tahun. Dengan harapan kalau jaringan 6G bisa melampaui kecepatan teknologi 5G hingga 10 kali lipatnya.

    NTT Docomo yang merupakan Operator terbesar di Jepang sudah mulai membentuk strategi dan tim untuk memimpin riset teknologi 6G ketika ada peluncuran komersial di tahun 2030 mendatang. Jepang memang negeri canggih.

    Ngecheat Lur, Jepang Malah Sudah Bersiap Hadirkan 6G
    Foto NTT Docomo | Gamebrott.com

    NTT Docomo juga memberikan tanggapan mereka tentang teknologi 6G, dimana mereka beranggapan kalau sistem komunikasi seluler biasanya berkembang ke teknologi yang baru untuk setiap 10 tahun terakhir. Wajar bila 6G dipersiapkan.

    BACA JUGA:  DPR Desak Realisasikan 5G di Indonesia, Menkominfo Buka Suara

    Mereka juga mengungkap konsep-konsep teknis terkait serta kasus penggunaan yang beragam. Dalam hal ini soal komponen pada teknologi mereka dan juga mengenai kinerja dalam mencapai targetnya, mereka mengharapkan dukungan.

    NTT Docomo mengajak berbagai pihak untuk mendapat dukungan kerjasama, mulai dari pemerintah, industri, akademisi dan para pemangku kepentingan lain yang diperlukan. Seperti apa hasil kolaborasi mereka nanti? Kita nantikan saja.


    Sumber: Detik Inet

    5GJaringan 5GJaringan 6GTeknologi 6G

    In This Article

    Related Posts