Starlink Resmi Hadir di Indonesia, Internet Cepat dan Stabil

Neli Rahmawati

Neli Rahmawati

Layanan internet Starlink yang dimiliki oleh Elon Musk telah resmi hadir di Indonesia. Mari kita lihat harga dan kecepatan internetnya.

Starlink, layanan internet melalui satelit milik Elon Musk, telah resmi hadir di Indonesia. Peluncuran ini ditandai dengan adanya uji coba layanan tersebut di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, mengatakan bahwa kemungkinan implementasi akan terlaksana setelah Lebaran, jika tidak sebelumnya.

Baca Juga: 6 Tips Agar WiFi Lebih Kenceng dan Stabil, Bikin Internetan Lancar

Starlink Resmi Hadir di Indonesia, Internet Cepat dan Stabil

Starlink menyediakan opsi internet yang tersedia saat ini, yaitu paket Standar dengan biaya bulanan sebesar Rp 750.000.

Paket ini menyediakan akses internet tanpa pembatasan dengan kecepatan unduh mencapai 150 Mbps dan kecepatan unggah mencapai 15 Mbps.

Harga untuk Paket Business masih belum ada informasi, tetapi menawarkan kecepatan yang lebih cepat dan khusus bagi perusahaan dan organisasi.

BACA JUGA:  Wajib Tahu, Berikut ini 3 Cara Mengetahui Nomor WhatsApp Diblokir

Selain membayar bulanan, pengguna juga harus membeli perangkat keras Starlink yang terdiri dari antena parabola, router, dan kabel. Untuk memperoleh perangkat keras ini, pengguna harus mengeluarkan uang sebesar Rp7,8 juta.

Baca Juga: Cara Atasi WiFi Tidak Tersambung Padahal Password Sudah Benar

Uji Coba Selama 30 Hari

Starlink memberikan kesempatan kepada pengguna untuk mencoba layanan mereka selama 30 hari sebelum benar-benar berlangganan.

Jika pengguna merasa tidak puas dengan layanannya, mereka dapat mengembalikan perangkat dan mendapatkan pengembalian uang.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Kecepatan WiFi di Rumah

Anda dapat mendaftar untuk menggunakan Starlink melalui situs web resmi Starlink Indonesia di https://www.starlink.com/.

Untuk mengetahui apakah layanan Starlink tersedia di wilayahnya, pengguna harus memasukkan alamat lokasi mereka.

Kelebihan

Starlink memiliki beberapa keunggulan daripada dengan layanan internet tradisional.

  • Pertama, menawarkan kecepatan tinggi dan stabil. Hal ini karena Starlink menggunakan satelit yang mengorbit rendah bumi, sehingga dapat memberikan koneksi internet yang lebih cepat dan stabil dibandingkan dengan layanan internet satelit lainnya.
  • Kedua, dapat menjangkau wilayah yang tidak terjangkau oleh jaringan kabel atau serat optik. Dengan demikian, Starlink dapat memberikan akses internet kepada masyarakat di daerah-daerah terpencil.
  • Ketiga, mudah dipasang dan dapat digunakan di mana saja. Ini memudahkan pengguna untuk mengakses internet di lokasi yang tidak memiliki infrastruktur internet yang memadai.
BACA JUGA:  Naas, Kolektor NFT Diretas Rugi Rp 28,5 Miliar

Kekurangan

  • Biaya langganan dan perangkat masih cukup tinggi.
  • Ketersediaan perangkat Starlink masih terbatas dan belum mencakup seluruh wilayah Indonesia.
  • Opsi terbaru bagi orang Indonesia yang menginginkan akses internet yang cepat dan stabil.

Walaupun Starlink memiliki harga yang tinggi, tetapi layanan internet ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh penyedia layanan internet lainnya.

Baca Juga:

InternetSatelit StarlinkStarlink Indonesia

Related Posts