6 Tips Agar WiFi Lebih Kenceng dan Stabil, Bikin Internetan Lancar

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Koneksi WiFi yang cepat dan stabil sangat berguna bagi banyak orang, terutama bagi pekerja atau pelajar yang melakukan semua aktivitasnya secara […]

6 Tips Agar Wifi Lebih Kenceng Dan Stabil (nextren)

6 Tips Agar Wifi Lebih Kenceng Dan Stabil (nextren)

Koneksi WiFi yang cepat dan stabil sangat berguna bagi banyak orang, terutama bagi pekerja atau pelajar yang melakukan semua aktivitasnya secara online. Jaringan internet yang cepat merupakan hal yang penting. Oleh karena itu, nggak heran kalau banyak orang yang mencari cara agar WiFi lebih kenceng dan stabil.

Tindakan tersebut nggak lepas dari masih ada banyak situasi di mana koneksi WiFi tiba-tiba menjadi lambat dan tidak stabil. Tentu saja, hal ini sangat mengganggu, bukan?

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Hal ini karena ada cara agar WiFi lebih kenceng dan stabil. Nah, gimana caranya biar koneksi internet WiFi jadi cepat? Yuk, simak tipsnya di artikel ini!

6 Tips Agar WiFi Lebih Kenceng dan Stabil

Banyak orang masih menghadapi masalah dengan koneksi internet WiFi yang lemot dan tidak stabil. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar WiFi lebih kenceng dan stabil.

BACA JUGA:  8 Cara Mudah Mengatasi Layar HP Bergaris
6 Tips Agar WiFi Lebih Kenceng dan Stabil, Bikin Internetan Lancar
6 Tips agar WiFi lebih kenceng dan stabil (Telset.id)

Penting untuk mengetahui letak penempatan router WiFi

Menempatkan router WiFi di sudut rumah dapat mempengaruhi kualitas koneksi internet. Menurut informasi dari situs CNET, jika router WiFi kamu letakkan di pojokan rumah, kemungkinan sinyal WiFi yang diterima oleh perangkat menjadi kurang dan tidak stabil. Akibatnya, kecepatan koneksi internet menjadi lambat.

Sebaiknya, agar WiFi lebih kenceng, tempatkan router WiFi di pusat rumah yang memiliki ruang terbuka dan menjauh dari perangkat elektronik lain. Semakin banyak dinding, pintu, atau halangan lain di sekitar router, maka semakin sulit sinyal WiFi untuk menyebar.

Jauhi objek yang besar di dekat router WiFi

Satu alasan mengapa WiFi menjadi lambat adalah karena meletakkan router dekat dengan objek besar seperti lemari atau kulkas.

Kesulitan yang muncul adalah ketika router WiFi menghadapi hambatan dari objek yang besar. Selain itu, ada beberapa perangkat elektronik yang sebaiknya kamu hindari, seperti microwave dan TV, karena keduanya memiliki sinyal kuat yang dapat mengganggu.

BACA JUGA:  Paket Combo Sakti MAX Telkomsel, Produk Internetan Terbaik

Coba untuk Me-restart

Tips agar WiFi lebih kenceng yang satu ini baiknya kamu lakukan jika merasa bahwa koneksi internet kamu masih tidak stabil dan lambat, Kamu dapat mencoba untuk me-reboot router WiFi. Tindakan ini bertujuan untuk menghapus memori serta menyegarkan koneksi internet.

Untuk merestart router WiFi, langkahnya cukup mudah. Pertama, cabut modem dan router dari stop kontak. Tunggu selama sekitar 15-20 detik, lalu sambungkan kembali ke stop kontak.

Silakan menunggu beberapa saat hingga router WiFi kembali normal. Setelah itu, detikers perlu melakukan pengujian kecepatan internet (speed test) untuk memeriksa apakah koneksi sudah stabil atau belum.

Periksa koneksi kabel WiFi

Tips agar WiFi lebih kenceng selanjutnya yaitu bisa cek sambungan kabel WiFi. Hal tersebut kemungkinan karena adanya kabel yang kamu gunakan untuk menghubungkan router ke saklar, jack telepon, atau PC yang sudah rusak atau sudah terlalu tua.

BACA JUGA:  Begini Harga, Fitur, dan Cara Pesan Starlink Indonesia

Salah satu langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengganti kabel yang rusak dengan yang baru. Penting untuk memilih kabel yang memiliki kualitas yang baik agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Aturlah Posisi antena

Umumnya, router WiFi sudah memiliki dua antena. Untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet WiFi, coba letakkan kedua antena pada router WiFi secara vertikal, tegak lurus ke atas.

Alf Watt, seorang mantan insinyur WiFi Apple, menjelaskan bahwa perangkat elektronik akan menerima sinyal WiFi dengan baik jika antena pemancar ditempatkan secara vertikal dan sejajar dengan router.

BACA JUGA:

Silakan menghubungi penyedia layanan WiFi

Terakhir, hubungi penyedia layanan WiFi dan sampaikan keluhan kamu tentang koneksi internet WiFi yang sering lambat dan tidak stabil.

Kemudian, staf lapangan akan memeriksa router WiFi dengan menggunakan perangkat khusus untuk menemukan alasan kenapa koneksi internet tiba-tiba menjadi lambat.

Berikut adalah enam tips agar WiFi lebih kenceng dan stabil. Semoga informasi ini berguna buat kamu yang membaca artikel ini.

InternetJaringanRouterTipsWiFi

Related Posts