Suhu i9 Gen 10 Tembus 90° C Walau Sudah Menggunakan Liquid Cooler, Apa yang Salah?

Muhammad Solihin

Muhammad Solihin

Sebelum ngebahas i9 Gen 10 yang tembus 90° C walau pakai Cooler, Teknodaim mau ngasih tau nih kalau kita sekarang punya Channel YouTube. Dimana disana tersedia berbagai konten video Tutorial, Review dan lain-lain, jadi klik tombol Subscribe ya. Di saat AMD sedang mendapatkan banyak pujian dari para pengguna PC di seluruh dunia karena sukses dengan Prosesor 7 nm yang hemat […]

I9 Gen 10 Tembus 90° C By Teknodaim

Foto Produk Intel | Medcom.id

Sebelum ngebahas i9 Gen 10 yang tembus 90° C walau pakai Cooler, Teknodaim mau ngasih tau nih kalau kita sekarang punya Channel YouTube. Dimana disana tersedia berbagai konten video Tutorial, Review dan lain-lain, jadi klik tombol Subscribe ya.

Di saat AMD sedang mendapatkan banyak pujian dari para pengguna PC di seluruh dunia karena sukses dengan Prosesor 7 nm yang hemat dayanya. Sang pesaing Intel masih stuk di produksi Prosesor arsitektur 14 nm meski sudah mencapai generasi 10.

Masalah Prosesor Flagship Intel Core

Data terbaru mengungkapkan bahwa suhu Intel Core i9-10900K malah menembus 90 derajat padahal sudah menggunakan Liquid Cooler. Uji coba dilakukan oleh seorang pengguna dari China yang bernama Wolfstame. Sumber di situs teknologi Tweaktown.

Hasil benchmark yang didapat Wolfstame menampilkan di situs Weaboo bahwa i9-10900K punya suhu yang sangat panas hingga mencapai 93° dan itu sudah ditambah menggunakan pendingin liquid 240 mm. Tak bisa dibayangkan jika tanpa pendingin.

Suhu i9 Gen 10 Tembus 90° C Walau Sudah Menggunakan Liquid Cooler, Apa yang Salah?
Suhu i9 Gen 10 Tembus 90° C Walau Sudah Menggunakan Liquid Cooler, Apa yang Salah?
i9 Gen 10 Tembus 90° C | Weaboo.com

Belum selesai sampai disitu. Selain suhu panas, Prosesor Flagship milik Intel itu juga ternyata memakan konsumsi daya yang sangat tinggi, dimana ketika dijajal lewat tes stress FPU AIDA 64, data menunjukan total konsumsi listriknya mencapai 235 Watt.

BACA JUGA:  5 Produk Terjangkau yang Wajib Kamu Beli Untuk Rakit PC Khusus Budget 5 Jutaan (Juli 2019)

Jika dibandingkan dengan rivalnya, AMD Ryzen 3 3900x mencatat 147 watt ketika max load sementara seri sebelumnya dari Intel yaitu Core i9-9900K mencapai 196 watt. Hal inilah yang demikian membuat i9 10900K jadi terkesan atau jadi kurang meyakinkan.

Banyak dugaan yang mengatakan Intel harus pindah segera dari 14 nm ke arsitektur yang lebih baik. Karena jika tidak mungkin akan banyak yang kecewa pada setiap generasi Prosesor Intel yang baru jadi semakin kurang diminati. Gimana menurutmu?


Sumber: Gamebrott.com

Core i9-10900KIntelIntel CoreProsesorProsesor Intel Core

Related Posts