Teknodaim

    Facebook Ancam DPC Akan Keluar dari Eropa

    Baru-baru ini terjadi sebuah masalah antara Facebook dan Perlindungan Data Irlandia (DPC). Masalah tersebut sendiri tentang memberlakukan larangan berbagi data dengan pemerintah Amerika Serikat. Facebook mengancam DPC dengan cara keluar dari Eropa jika DPC melakukan larangan berbagi data tersebut. Pemerintah Eropa Khawatir Data Pengguna Mereka Bocor Hal ini telah dibicarakan dalam pengadilan, namun DPC sendiri […]

    Facebook Mengancam Untuk Keluar Dari Eropa

    Facebook Mengancam Untuk Keluar Dari Eropa | Merdeka.com

    Baru-baru ini terjadi sebuah masalah antara Facebook dan Perlindungan Data Irlandia (DPC). Masalah tersebut sendiri tentang memberlakukan larangan berbagi data dengan pemerintah Amerika Serikat. Facebook mengancam DPC dengan cara keluar dari Eropa jika DPC melakukan larangan berbagi data tersebut.

    Pemerintah Eropa Khawatir Data Pengguna Mereka Bocor

    Hal ini telah dibicarakan dalam pengadilan, namun DPC sendiri ingin memberlakukan larangan tersebut karena menilai data pengguna Eropa minim perlindungan. Karena hal itu, pemerintah Eropa takut data pengguna mereka rentan terhadap masalah ataupun pantauan Badan Intelijen pemerintah AS.

    Karena hal tersebut, Facebook jadi harus membuat kebutusan sulit. Nantinya mereka akan memaksa perusahaan untuk menarik saham mereka dan meninggalkan sekitar 410 juta pengguna Eropa. Jika hal tersebut terjadi, orang-orang yang menggunakan Aplikasi buatan Facebook seperti Instagram juga akan tidak dapat menggunakan layanan tersebut hingga DPC menghapus larangan berbagi data dengan pemerintah AS.

    BACA JUGA:  Cara Terbaik untuk Download Video di Instagram
    Facebook Ancam DPC Akan Keluar dari Eropa
    Eropa Memberlakukan Larangan Berbagi Data dengan Amerika Serikat | CNN Indonesia

    Yvonne Cunnane selaku kepala perlindungan data Facebook Ireland (Eropa) mengatakan, “jika keputusan tersebut dilaksanakan, Facebook tidak tahu harus melakukan apa. Berunding kembali dengan pemerintah Eropa, atau menghentikan layanan Facebook dan Instagram dari wilayah Eropa”.

    Sayangnya, keputusan tersebut sudah dalam pengerjaan. Bulan lalu, pengadilan Eropa baru saja meminta Facebook untuk berhenti mentransfer data pengguna mereka ke Amerika Serikat. Pengadilan Eropa tersebut sangat mengkhawatirkan tentang data pengguna mereka. Karena pemerintah Eropa panik tentang pengawasan pemerintah AS terhadap data pengguna mereka.

    Ketika pemerintah Eropa meminta hal tersebut, Facebook mengajukan sebuah gugatan yang menantang DPC untuk melakukan permintaan tersebut. Dalam gugatan yang Facebook berikan, isinya hanyalah tulisan yang melontarkan beberapa tuduhan yang sangat serius terhadap DPC.

    Facebook Ancam DPC Akan Keluar dari Eropa
    Facebook Mengajukan Gugatan Serius Untuk DPC | Media Indonesia

    Keputusan Pemerintah Eropa Terkait Permasalahan Data

    Karena permasalahan semakin memanas. Pemerintah yang menangani gugatan tersebut mengeluarkan sebuah keputusan. “Jika Facebook memang masih ingin bersama dengan Eropa, Facebook harus menyamaratakan negara-negara non-Eropa dan harus memastikan perlindungan yang setara dengan undang-undang terkait dengan data pribadi Negara Eropa”.

    BACA JUGA:  Komentar Toxic Akan Ditindak Keras oleh YouTube!

    Dengan keluarnya keputusan tersebut, Facebook merasakan beban yang sangat besar bagi perusahaan mereka. Mengingat mereka adalah perusahaan yang bekerja untuk mentransfer data-data yang sangat besar ke seluruh dunia. Karena beban yang diberikan oleh pemerintah, apakah perusahaan tersebut memang harus mengambil jalan untuk keluar dari Eropa?


    Sumber : CNN Indonesia

    DPCEropaFacebookInternet

    In This Article

    Related Posts