BeritaiOS

Sejumlah Fitur iOS 16 Hadir dengan Inovasi Baru yang Canggih Banget!

Seperti yang kita ketahui, iPhone 14 akhirnya telah resmi dirilis dan nantinya smartphone terbaru tersebut akan menggunakan iOS 16. Karena hype yang sangat besar ini, banyak orang bertanya-tanya mengenai fitur iOS 16 yang nantinya diaplikasikan dalam iPhone 14.

Percaya atau tidak, iOS 16 ini memiliki bejibun fitur baru yang tidak ada dalam iOS versi sebelumnya loh. Bahkan orang-orang mengatakan bahwa iOS 16 merupakan sistem operasi terbaik yang pernah dibuat oleh Apple.

Baca Juga:

Berikut Daftar Fitur iOS 16 Terbaru yang Paling Lengkap

Jika dikatakan sebagai sistem operasi terbaik Apple, pastinya kamu penasaran sehebat apa sih iOS 16 ini bukan? Jika iya, berikut daftar fitur iOS 16 terbaru yang paling lengkap buat kamu para fans produk milik Apple!

1. Apple PayLater

Fitur iOS 16, Apple Paylater
Apple Paylater | iPhonesider

Fitur iOS 16 paling menarik adalah Apple PayLater, yang dimana kamu bisa membayar pesanan kamu nanti. Pastinya kita semua sudah tahu mengenai PayLater, karena di Indonesia sendiri banyak sekali orang-orang yang menggunakan fitur seperti ini dari aplikasi pihak ketika.


2. Modifikasi LockScreen

Modifikasi Lockscreen
Modifikasi Lock Screen | Google

Fitur iOS 16 yang satu ini mungkin akan menjadi hal yang dibangga-banggakan pengguna iPhone. Soalnya fitur seperti ini tidak ada di iOS versi sebelumnya dan hanya ada di smartphone berbasis Android saja.

Namun tidak sama seperti di Android, fitur modifikasi LockScreen di iOS 16 ini jauh lebih baik. Dimana kamu bisa mengubah desain tampilan jam dan tanggal, serta menambahkan widget sesuka kamu.


3. Edit Pesan

Fitur iOS 16, Edit Pesan
Edit Pesan | MainMain

Percaya atau tidak, fitur yang satu ini luar biasa keren, karena kamu bisa mengedit pesan yang telah terkirim hingga 15 menit setelahnya. Fitur iOS 16 yang satu ini hanya berlaku di aplikasi bawaan iPhone, yaitu iMessage.


4. Batalkan Pesan

Batalkan Pesan
Batalkan Pesan | Apple

Jika barusan kita membahas mengedit pesan yang telah terkirim, sekarang saatnya membahas kebalikannya nih, yaitu membatalkan pesan yang sudah terkirim. Memang fitur iOS 16 yang satu ini cukup menjengkelkan bagi yang mendapatkan pesan tersebut. Tetapi ini hanya berlaku jika terkirim hingga 15 menit setelahnya.


5. Pass Keys

Fitur iOS 16, Pass Keys
Pass Keys | Apple

Fitur yang bernama Pass Keys ini bisa membuat pengguna login di akun mereka menggunakan Face ID ataupun Touch ID. Masih belum diketahui login seperti apa yang dimaksud, namun dijelaskan bahwa fitur ini berlaku pada akun di berbagai situs web.


6. Live Text

Live Text
Live Text | Apple

Live Text merupakan fitur yang memungkinkan pengguna menyalin teks dari suatu video yang dijeda, seperti di YouTube dan semacamnya. Kabarnya Live Text juga masih bisa melakukan hal lainnya, sesuai dengan namanya.


7. Berbagi Foto iCloud

Berbagi Foto Icloud
Berbagi Foto iCloud | Apple

Tidak hanya menyimpan saja, sekarang iCloud sudah bisa membagikan foto kamu ke pengguna lain. Fitur iOS 16 ini memungkinkan kamu membuat galeri disana, lalu menambahkan maksimal 5 orang anggota yang bisa mengotak-atik isi galeri tersebut.


8. Mengirim Email Terjadwal

Fitur iOS 16, Mengirim Email Terjadwal
Mengirim Email Terjadwal | Apple

Mungkin Email ditahun 2022 ini sudah jarang digunakan, namun Apple tidak peduli dan tetap menambahkan inovasi baru didalamnya. Fitur iOS 16 ini memungkinkan pengguna untuk mengirim email secara terjadwal dan dapat menggantinya kapan pun pengguna inginkan.


9. Safari Shared Tab Group

Safari Shared Tab Group
Safari Shared Tab Group | Apple

Jika kalian merasa Safari adalah browser yang jelek, perlu dipertimbangkan kembali dengan adanya fitur Safari Shared Tab Group ini. Sesuai namanya, fitur yang satu ini memungkinkan pengguna untuk membagi tab yang kita buka ke pengguna lainnya. Perlu diingat, fitur ini hanya dapat digunakan dalam perangkat milik Apple ya!


10. Hand-Off FaceTime

Fitur iOS 16, Hand Off Facetime
Hand-Off FaceTime | Apple

Fitur iOS 16 terbaru ini memungkinkan pengguna untuk memindahkan panggilan FaceTime yang sedang berlangsung ke perangkat lainnya. Contohnya seperti MacBook, iPad, atau mungkin perangkat Apple lainnya.


Itulah tadi 10 fitur iOS 16 terbaru yang mungkin sudah ada di Android. Namun walaupun begitu pastinya ini adalah hal yang membanggakan bagi pengguna iPhone. Soalnya di versi sebelumnya, banyak hal yang dibatasi, seperti modifikasi Lock Screen.

What's your reaction?

Related Posts