Sekarang Ada Fitur Anti Bully di Instagram, Seperti Apa?

in , , ,
Fitur anti bully di instagram by teknodaim

Fitur baru lagi-lagi dihadirkan oleh sosial media populer besutan Facebook, yaitu Instagram. Kini tersedia fitur Anti Bully di Instagram atau Restrict. Fitur itu jadi sepreti perlindungan kepada pengguna dari komentar atau pesan bersifat negatif.

Juru Instagram menerangkan:

Bullying adalah isu yang kompleks, dan kami tahu anak remaja kerap menghadapi isu ini di dunia maya. Tapi mereka kadang merasa ‘sungkan’ untuk melaporkan atau memblokir teman yang mengolok-olok mereka. Fitur Batasi didesain untuk membatasi interaksi negatif di Instagram tanpa harus diketahui oleh orang tersebut,

Fitur pembatasan dapat diaktifkan untuk menyaring atau membatasi komentar pengguna lain secara otomatis. Dimana pengguna lain yang menulis komentar yang termasuk kata-kata kasar atau negatif, hanya akan dapat dilihat olehnya saja.


Dan jika kamu penasaran dengan komentar-komentar semacam itu yang datang, kita sebagai pengguna bisa tetap melihatnya dengan mengklik opsi Lihat Komentar. Kemudian kamu bisa melihat satu per satu komentar yang tersaring filter.

Fitur anti bully di instagram by teknodaim
Gambar: Fitur Anti Bully di Instagram

Selain fitur khusus kolom komentar, Instagram juga kini menyediakan pembatasan di DM (Direct Message). Ketika pesan pengguna lain tergolong spam, kasar atau negatif, maka secara otomatis berpindah ke tab Message Request.

Selain itu, Instagram juga menambahkan stiker baru untuk fitur Stories yang bernama Create Don’t Hate. Stiker yang dibuat sebagai ajakan untuk bersama-sama membangun dan menjaga ekosistem positif dan bebas dari bullying.

Fitur Batasi atau Restrict dapat diaktifkan dengan cara menggeser kiri pada komentar negatif yang ditinggalkan pengguna lain dan pilih opsi Restrict/Batasi langsung di profil mereka. Untuk mengubahnya, pilih saja Unrestrict/Batal Batasi.


Sumber: Detik Inet