Apple Bantu Pemerintah Indonesia Tangani Covid-19 dengan Cara Ini

in , ,
Apple Produksi Masal Alat Pelindung Wajah By Teknodaim

Sebelum bahas soal data pergerakan pengguna Apple di Indonesia, Teknodaim mau ngasih tau bahwa kita sekarang punya Channel YouTube. Dimana disana kamu bisa menemukan konten video Tutorial, Review dan lain-lain, jadi klik tombol Subscribe ya.

Social Distancing adalah salah satu hal yang sangat ditekankan sekarang, karena akan membantu mencegah bertambahnya orang baru yang terinfeksi, atau setidaknya akan meminimalisir kemungkinan ada korban yang baru. Disini Apple juga turut berperan.

Pergerakan Pengguna Apple di Indonesia

Untuk membantu tugas Pemerintah Indonesia, Apple merilis data pergerakan penggunanya di Indonesia sehingga bisa dimanfaatkan Pemerintah dan otoritas lainnya untuk bisa melakukan pendataan terkait potensi keberadaan orang terinfeksi.

Data yang dimaksud dikumpulkan dengan menghitung request rute di Apple Maps, yang kemudian dibandingkan dengan penggunaan sebelumnya sehingga bisa dilihat persentase orang yang berkendara, jalan kaki atau menggunakan transportasi umum.

Data Pergerakan Pengguna Apple By Teknodaim
Screenshot Data Pergerakan Pengguna Apple | Apple

Dengan data yang dimaksud, Pemerintah bisa melihat persentase perubahan volume orang yang berkendara, berjalan kaki atau menggunakan transportasi umum. Data tersebut bisa diakses di situs Mobility Trends Report yang diperbarui setiap harinya.

Data Apple di Indonesia per 13 April menunjukkan penurunan orang berkendara hingga 58% dan penurunan orang berjalan kaki hingga 67%. Meskipun data ini adalah asli direkap dari para penggunanya, Apple mengatakan tetap menjamin privasi data.

Dikatakan bahwa informasi yang mereka kumpulkan dan berikan kepada Pemerintah tak terhubung dengan Apple ID, sehingga tidak membahayakan karena tidak bisa dilihat oleh pengguna lainnya secara pribadi. Soal ini, kalau menurut kamu gimana?


Sumber: Detik Inet

What do you think?