Teknodaim

    Duh, Ada Celah di Bluetooth yang Bisa Disusupi Hacker?

    Berdasarkan lansiran dari situs Detik, dilaporkan bahwa sekelompok peneliti keamanan telah menemukan celah di Bluetooth yang membuatnya rentan dan berpotensi dapat di manipulasi oleh Hacker dan bisa meretas perangkat Wireless. sebuah peringatan mengenai keamanan Bluetooth dikeluarkan oleh organisasi pengawas standar teknologi tersebut yaitu Bluetooth SIG, mereka mengeluarkan peringatan keamanan yang disebut KNOB atau Key Negotiation […]

    Celah di bluetooth by teknodaim

    Celah di bluetooth by teknodaim BACA JUGA:  Microsoft Rampas 50 Situs dari Para Hacker Korea Utara!

    Berdasarkan lansiran dari situs Detik, dilaporkan bahwa sekelompok peneliti keamanan telah menemukan celah di Bluetooth yang membuatnya rentan dan berpotensi dapat di manipulasi oleh Hacker dan bisa meretas perangkat Wireless.

    sebuah peringatan mengenai keamanan Bluetooth dikeluarkan oleh organisasi pengawas standar teknologi tersebut yaitu Bluetooth SIG, mereka mengeluarkan peringatan keamanan yang disebut KNOB atau Key Negotiation of Bluetooth.

    Celah di Bluetooth – Key Negotiation of Bluetooth

    Serangan KNOB sendiri adalah istilah untuk menyebut peretas yang menyusupi prosedur pairing Bluetooth, dan membuat jalan masuk mereka jadi lebih besar serta menciptakan kunci enkripsi koneksi lebih singkat dari seharusnya.

    Kemungkinan fatalnya adalah, peretas dapat melakukan koneksi masuk paksa serta memata-matai data yang dibagikan antar perangkat. Misalnya transfer data antara smartphone ke perangkat gadget lain. Ini bisa menjadi lebih bahaya lagi.

    Duh, Ada Celah di Bluetooth yang Bisa Disusupi Hacker?
    Gambar: Android Police

    Berdasarkan lansiran situs Detik, disebut bahwa peretas juga dapat memanfaatkan ini untuk menyusup ke perangkat yang sudah di-pairing dengan Bluetooth dari perangkat lain.

    Serangan KNOB dimungkinkan jika ada celah dalam spesifikasi Bluetooth. Jadi, perangkat Bluetooth yang memenuhi standar pun rentan. Kami menguji serangan KNOB pada lebih dari 17 chip Bluetooth unik dengan menyerang 24 perangkat berbeda. Pada saat pengujian ini, kami menguji chip dari produsen Broadcom, Qualcomm, Apple, Intel, dan Chicony. Semua perangkat yang kami uji rentan terhadap serangan KNOB

    Berdasarkan hasil penelitian, dilaporkan hal ini bisa mempengaruhi Bluetooth Classic pada pengguna ponsel. Perusahaan raksasa seperti Apple dan Microsoft telah merilis Patch atau tambalan untuk memperbaiki celah rentan tersebut.

    BACA JUGA:  Ternyata Ini Perbedaan Antara Bluetooth dan Wireless!


    Bluetooth Core Specification saat ini sudah diubah dan membuatnya wajib atau memerlukan kunci enkripsi minimum yang panjang. Para pengguna perangkat dihimbau untuk mengawasi keamanan mereka dengan cara selalu mengupdate software perangkat mereka ketika patch tersedia. Sekian dan semoga bermanfaat.


    Sumber: Inet Detik

    BluetoothBluetooth SIGHackerKey Negotiation of Bluetooth

    In This Article

    Related Posts