Teknodaim

    Blokir Steam Beserta Gamenya Telah Dibuka Kominfo!

    Blokir Steam, akhirnya Kominfo telah memutuskan untuk mencabut blokir toko aplikasi Steam berkat Valve Corporation telah mendaftarkan PSE untuk Steam.

    Blokir Steam Beserta Gamenya Telah Dibuka Kominfo!

    Blokir Steam Beserta Gamenya Telah Dibuka Kominfo! | MURIANEWS

    Akhirnya Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) telah membuka blokir Steam beserta game yang berada di dalamnya.

    Loh, emangnya game di blokir juga oleh pihak Kominfo di toko aplikasi Steam ini? Yap, contohnya game-game yang diblokir ini sendiri terdiri dari Counter-Strike: Global Offensive , Dota dan game-game terkenal lainnya.

    Blokir Steam dan Yahoo Dibuka

    Selain Steam, Kominfo juga telah membuka pemblokiran untuk Yahoo, walaupun situs ini sudah jarang digunakan oleh orang-orang. Namun pihak dari Yahoo tidak menyerah begitu saja mengingat mereka telah ketinggalan jaman.

    Blokir Steam Beserta Gamenya Telah Dibuka Kominfo!
    Yahoo Steam | Pontianak Post

    Sekarang dalam situs Kominfo Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE), sudah terdaftar perusahaan Yahoo dan juga Valve Corporation (Steam). Kabarnya masih akan ada pembukaan blokir lainnya untuk situs-situs yang sudah besar, seperti Paypal dan semacamnya.

    Walaupun sekarang Paypal sekarang telah dibuka bloknya oleh Kominfo, namun itu hanya untuk sementara saja. Karena pihak dari Kominfo mengatakan kepada para pengguna Paypal untuk mencairkan uang pengguna yang ada di layanan tersebut.

    BACA JUGA:  Inilah Perbedaan WiFi 2.4GHz, 5GHz, dan 6GHz! Mana yang Lebih Bagus?

    Namun kabar baiknya, seperti yang Teknodaim katakan sebelumnya, Paypal sedang dalam proses pendaftaran untuk PSE. Jadi Kominfo memastikan bahwa layanan ini akan dapat dipakai seperti biasa lagi nantinya.

    Blokir Steam Beserta Gamenya Telah Dibuka Kominfo!
    Paypal PSE | detikFinance

    Untuk saat ini, Steam kabarnya sudah bisa diakses menggunakan jaringan dari Telkom Indonesia. Untuk provider lainnya seperti dari Biznet dan semacamnya, masih dalam tahap penyesuaian. Jadi dipastikan bahwa Steam nantinya akan dapat digunakan secara normal lagi, karena Valve telah mendaftarkannya di PSE.

    Selain mendaftarkan Steam ke PSE, kabarnya Valve juga akan memberikan pengumuman terkait hal yang merugikan banyak pihak ini. Soalnya Steam sendiri sudah membayar pajak untuk penggunaannya yang dimana dipotong secara langsung saat pengguna membeli game seperti yang terlihat dibawah ini.

    Blokir Steam Beserta Gamenya Telah Dibuka Kominfo!
    Pajak Steam di Indonesia | HiTekno

    Namun ini hanyalah rumor belaka, Valve sendiri belum ada mengonfirmasi bahwa mereka akan melakukan pengumuman terkait pemblokiran Steam di Indonesia ini. Namun yang pasti kita lihat saja apa yang akan Valve lakukan kedepannya terkait permasalahan ini.

    BACA JUGA:  Jaringan Ngeleg? Mungkin Hal Ini yang Jadi Penyebabnya
    IndonesiaInternetSteam

    In This Article

    Related Posts